#MaduHutan Membedakan Madu Hutan Asli, Teliti Sebelum Membeli

0
987
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Membedakan Madu Hutan Asli. Tentu sobat sudah banyak membaca atau mungkin sering mempraktikan cara-cara membedakan madu hutan asli dengan madu hutan palsu maupun oplosan. Tutorial dan artikelnya sangat banyak dan mudah ditemukan di internet. Namun setelah saya baca dengan seksama, informasi yang disediakan kebanyakan mitos dan salah kaprah (salah yang sudah menjadi umum sehingga dianggap benar).

Mulai dari madu hutan asli yang tidak beku, madu hutan asli tidak dikerubutin semut, madu hutan asli tidak tembus koran, madu hutan asli kental dan tidak putus jika ditarik dan masih banyak lagi, belum lagi mitos-mitos lain tentang madu.

Membedakan madu hutan asli
Membedakan madu hutan asli

Penulis tidak akan membahas cara-cara membedakan madu hutan asli seperti yang telah banyak tersebar di internet, karena beda musim, beda lokasi dan geografis, beda bunga, beda cara memanen dan perbedaan lain-lain akan membuat madu yang didapatpun juga berbeda-beda walaupun sama-sama madu hutan asli.

Artikel Terkait   #InfoMadu Ironi Negeri Penghasil Madu Terbaik Dunia

Misal madu hutan asli yang dipanen saat musim hujan tentu akan jauh lebih encer dan mengandung bantak air bila dibandingkan dengan madu hutan asli yang dipanen saat musim kemarau. Madu hutan asli yang encer pasti beku bila ditaruh didalam freezer, jika ditaruh di atas koran ya pasti merembes oleh banyak airnya.

Ada madu hutan asli yang wangi segar bahkan ada yang kuat dan menyengat, namun ada juga yang beraroma ringan dan hampir tidak beraroma. Ada juga madu hutan yang manis, masam dan pahit.

Pada intinya membedakan madu hutan asli tidak bisa disama ratakan.

Ada beberapa point penting dalam membedakan madu hutan asli. Cara-cara berikut ini memang tidak selalu akurat dan perlu sedikit pengalaman dalam hal madu hutan asli. Namun setidaknya sobat bisa mendapat informasi yang benar dan tidak ikut salah kaprah dalam membedakan madu hutan asli.

Membedakan madu hutan asli dari aroma madu

Ini yang paling mudah dalam membedakan madu hutan asli. Aroma madu hutan asli sangat khas, dan tergantung dari ketersediaan bunga. Madu butan asli cenderung wangi dan harum seperti bunga, walaupun tidak semua madu hutan asli beraroma wangi. Madu hutan pahit biasanya tidak wangi karena bunga yang dihisap lebah hutan memang kebanyakan tidak wangi.

Artikel Terkait   #FaktaMadu Benarkah Madu Asli Tidak Bisa Beku?
Manfaat Madu Klanceng Untuk Stamina Pria
Manfaat Madu Klanceng Untuk Stamina Pria

Aroma madu hutan asli segar dan mampu bertahan lama, jika kandungan airnya dalam madu sedikit.

Aroma madu hutan asli mentah akan hilang jika madu hutan asli telah mengalami pengolahan menjadi madu matang. Misal untuk mengurangi kadar air dilakukan pemanasan, dehumidifiying dan proses2 lainnya.

Membedakan madu hutan asli dari warna madu

Cara yang kedua adalah dengan meneliti warna madu. Warna madu hitan tidak mungkin sama.Madu hutan memiliki banyak warna, krem, keemasan, coklat bening, hitam gelap, hitam terang, dll.

Madu hutan umumnya bersumber dari nektar berbagai bunga yang ada di dalam hutan. Karena dari banyak bunga, maka disebut madu multiflora.

Warna madu ditentukan dari banyaknya bunga dominan yang ada

Membedakan madu hutan asli dari rasa madu

Salah satu keunikan madu hutan asli adalah keragamanya. Rasanya pun beragam dan tidak sama, tergantung musim, ketersediaan bunga, lokasi dll.

Madu hutan asli mentah yang belum diolah, rasanya lebih segar dan tidak membuat eneg. Kalaupun rasanya manis, manisnya pun juga terasa segar bila diminum langsung maupun dicampur dengan minuman lain.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Pria

Dari sekian banyak madu hutan, yang paling saya suka adalah yang rasanya masam. Bukan yang masam karena fementasi, tapi memang madunya masam. Madu hutan masam biasanya lebih susah didapat, namun rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan sirup rasa jeruk.

Bila sobat membeli madu hutan namun rasanya tidak enak dan bikin eneg, besar kemungkinan bukan madu hutan, atau madu hutan namun telah di oplos.

Membedakan madu hutan asli dari tekstur madu

Tekstur madu hutan asli dipastikan lebih encer dibandingkan madu ternak. Kandungan air pada madu hutan asli sangat lah tinggi. Lebih-lebih bila madu dipanen pada saat masih muda, dimana proses pengurangan kadar air yang dilakukan oleh lebah belum maksimal. Perlu sobat ketahui, madu yang disimpan dalam sarang tawon terlebih dahulu dikurangi kadar airnya oleh lebah, baru kemudian ditutup lilin untuk disimpan.

Madu hutan asli yang dipanen saat musim kemarau akan lebih kental. Walaupun lebih kental dan dipanen saat musim kemarau, madu hutan asli tetap lebih encer dibandingkan dengan madu ternak.

Artikel Terkait   #InfoMadu Bagaimana lebah menghasilkan madu ?

Kandungan air ini lah yang menyebabkan proses fermentasi pada madu hutan asli. Sehingga madu hutan asli akan menghasilkan gas. Bisa dikatakan madu hutan asli di Indonesia pasti menghasilkan gas karena kandungan air yang tinggi. Banyak penjual madu hutan yang mengolah madu supaya kandungan airnya berkurang, sehingga tidak menghasilkan gas. Cara yang salah dalam pengolahan madu hutan asli untuk menurunkan kadar air, bisa mengurangi kandungan dan manfaat dari madu.

Saran dan Kesimpulan membedakan madu hutan asli

Tidak mudah membedakan madu hutan asli bagi yang belum berpengalaman. Cara yang paling akurat tentu saja uji lab.

Jika sobat membeli rutin madu hutan asli, namun tidak ada perubahan setiap membeli madu, baik itu warna, tekstur, aroma atau rasa, maka besar kemungkinan madu tersebut adalah madu olahan, madu campuran atau bisa juga madu ternak.

Saran admin, cara aman membeli madu hutan asli adalah membeli ke penjual madu hutan asli yang bisa dipercaya. Belilah dari beberapa penjual, tanyakan lokasi pengambilan madu, kapan madu tersebut diambil dari hutan, rasa dan aromanya bagaimana, lalu bandingkan.

Artikel Terkait   #InfoMadu Mengenal Madu Mentah dan Madu Olahan

Harga madu hutan asli memang mahal, namun tidak semua madu yang mahal itu madu hutan asli.

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.