CPNS 2019 dibuka Oktober ini formasi yang banyak dicari

0
388
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

CPNS 2019 dibuka Oktober, ini formasi yang banyak dicari. Pemerintah memastikan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu formasi akan dibuka pada Oktober 2019. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) telah memetakan formasi lowongan CPNS yang paling banyak dibutuhkan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) berencana membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu formasi pada Oktober 2019.

Adapun hal tersebut disampaikan MenpanRB, Syafruddin dalam pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang digelar Bappenas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5).

"Oh itu nanti triwulan ke-3, kira-kira Oktober (2019) lah yang triwulan ke-3 itu, Oktober," tegasnya.

Jumlah kebutuhan PNS di 2019 dihitung dari jumlah formasi yang hingga kini masih kosong dan jumlah PNS yang pensiun. Berdasarkan catatan KemenpanRB, jumlah PNS yang pensiun di 2019 mencapai 157.386 orang.



Saat disinggung mengenai jabatan dan instansi apa yang dibuka pada rekrutmen tersebut, pihaknya masih menghitung. Namun menurut dia, lowongan CPNS bagi guru honorer ‎yang dipastikan akan dibuka.

Artikel Terkait   #SeleksiCPNS 100 Ribu Formasi CPNS 2019 akan segera dibuka

"Tetap guru honorer yang lebih diutamakan. Itu 100 ribu seluruhnya, tapi kan belum diatur (formasinya)," ucap Syafruddin.

Formasi Guru paling banyak dicari CPNS 2019

"Tetap di bidang skill. Kita kekurangan guru, kita kekurangan tenaga kesehatan terutama bidan, perawat, dokter-dokter untuk mengisi Puskesmas. Tetap itu yang banyak. Kemudian kebutuhan-kebutuhan di bidang infrastruktur juga kepentingan yang lebih menjurus ke skill," ungkap MenpanRB, Syafruddin, saat ditemui di gedung Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7).

Sementara itu mengenai mekanisme perekrutan CPNS pada tahun ini sedikit berbeda. Pemerintah akan lebih dinamis dan lebih fokus untuk mencari kandidat yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan.

"Paling tidak dua kepentingan tentang bagaimana kualitas SDM itu, kita bisa rekrut. Yang kedua juga tidak menafikan kebutuhan dan kepentingan individu-individu generasi muda yang akan mengabdi kepada negara," sebutnya.

Selain itu, pada Agustus 2019 atau paling lambat September 2019 akan diselenggarakan pula rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Untuk lowongan P3K paling banyak diperuntukkan untuk guru honorer.

Artikel Terkait   #SeleksiCPNS 100 Ribu Formasi CPNS 2019 akan segera dibuka

"Guru di P3K ada standar prioritas P3K karena rata-rata guru honorer itu kan," tutupnya

So bagi sobat yang mempunyai kualifikasi sebagai tenaga pendidik atau guru, segera persiapkan dari sekarang.



Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.