#KebunPedia Membedakan Xanthostemon Merah dengan Xanthostemon Kuning

1
86
Halaman:
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

Membedakan Xanthostemon Merah dengan Xanthostemon Kuning. Tanaman Xanthostemon termasuk jenis tanaman keras. Di beberapa negara, batang kayu Xanthostemon biasa dibuat tiang atau papan rumah. Dalam dunia #trigonapedia, dunia perklancengan dan perlebahan, tanaman xanthostemon bisa dikatakan tanaman wajib yang harus ada untuk menyuplai kebutuhan pakan lebah. Ketersediaan pakan lebah berupa nektar, merupakan sebuah keharusan untuk menjaga stabilitas produksi madu, baik lebah bersengat jenis Apis, maupun lebah tak bersengat atau biasa dikenal dengan lebah klanceng.

Keunggulan dan Kelebihan Xanthostemon

Xanthostemon memiliki banyak keunggulan dibandingkan tanaman penghasil nektar lainnya, diantaranya

  • Berbunga sepanjang tahun
  • Bunga melimpah sehingga hasil nektar juga melimpah
  • Mudah ditanam dan diperbanyak, serta
  • Usia panjang dan mudah dalam perawatan
  • Tahan hama dan penyakit

Xanthostemon hampir tidak memiliki kekurangan. Xanthostemon akan berbunga terus selama mendapatkan sinar matahari sepanjang hari dan nutrisi hara yang cukup. Bisa dikatakan xanthostemon sangat cocok di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Berbeda dengan negara dengan 4 musim. Sinar matahari hanya bisa didapatkan hanya pada saat musim tertentu saja.

Di Indonesia, terdapat 2 jenis Xanthostemon yang sering ditanam. Xanthostemon merah dan Xanthostemon kuning. Secara sekilas tidak tampak adanya perbedaan antara dua jenis xanthostemon ini. Apalagi jika tidak ada bunga, tidak ada daun muda, maka akan tampak sama saja.




Namun jika diperhatikan lebih teliti dan lebih awal, kita bisa membedakan xanthostemon merah dengan xanthostemon kuning dari ukuran dan warna daun.

Artikel Terkait :  #BudidayaLebah Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah

Pertumbuhan Xanthostemon Kuning vs Xanthostemon Merah

Xanthostemon kuning lebih cepat tumbuh dan berkembang bila dibandingkan xanthostemon yang merah lebih lambat dan tidak bisa tumbuh berkembang seperti xanthostemon kuning. Dengan usia dan perawatan yang sama, xanthostemon kuning bisa tumbuh 2 kali lipat.

Produksi Bunga dan Nektar Xanthostemon

Mana yang lebih banyak bunganya, Xanthostemon merah atau xanthostemon kuning? Pertumbuhan xanthostemon kuning yang cepat ternyata tidak diringi dengan pertumbuhan bunga yang cepat dan berlimpah. Sebaliknya xanthostemon merah lebih memiliki banyak bunga dan terus berbunga dengan syarat mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

Ringkasnya, xanthostemon merah lebih sering berbunga tapi ukuran bunga kecil. Xanthostemon kuning kurang sering berbunga namun memiliki ukuran bunga lebih besar.

Membedakan Xanthostemon Merah dengan Xanthostemon Kuning

Hanya ada 2 ciri yang bisa dibedakan dari kedua jenis xanthostemon ini. Yaitu dari ukuran dan warna fisik daun. Xanthostemon merah memiliki daun yang lebih kecil, baik itu daun muda maupun daun yang masih muda. Sedangkan xanthostemon kuning yang bisa tumbuh cepat memiliki daun yang lebih lebar dan besar.

Xanthostemon merah memiliki ciri daun muda dengan warna cenderung merah semua, sedikit warna kuning. Xanthostemon kuning sebaliknya, memiliki ciri daun muda dengan warna merah kekuningan.

Baik xanthostemon merah maupun xanthostemon kuning, keduanya sangat baik untuk menyuplai kebutuhan pakan nektar lebah bersengat dan lebah tidak bersengat dalam memproduksi madu.

Sobat bisa simak video berikut :

 

 

1 COMMENT

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.