#FaktaMadu Benarkah Madu Asli Tidak Bisa Beku?

0
264
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Benarkah Madu Asli Tidak Bisa Beku. Begitu banyak fakta dan mitos tentang madu yang beredar di masyarakat. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan madu membuat masyarakat sering keliru dalam memilih madu asli yang berkualitas. Ditambah faktor latah orang Indonesia yaitu terlalu mudah percaya. Salah satu salah kaprah akan madu asli adalah "Madu Asli Tidak Bisa Beku". Apakah memang benar madu asli tidak beku? Bagaimana dan mengapa madu bisa beku?

Kandungan Madu Asli adalah gula dan air

Madu mengandung sekitar 80 gram gula /100 gram. 20% sisanya adalah air. Air dalam madu berperilaku berbeda dari molekul air dalam segelas air. Dalam madu jumlah molekul air yang terbatas berinteraksi secara dominan dengan hidroksil (-OH) dari molekul gula dan oleh karena itu tidak membekukan madu. Gula dan karbohidrat bertindak sebagai pelindung cryo (anti-freeze). Konsentrasi yang tinggi secara signifikan menurunkan titik leleh sedemikian rupa sehingga penyimpanan dalam freezer (standar) tidak akan membekukan madu.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Persiapan Lahan Vegetasi Budidaya Lebah Trigona Klanceng

Seperti halnya konsentrasi yang sangat tinggi pada madu, sirup kental bila berada pada suhu yang lebih rendah bila disimpan pada freezer juga tidak membeku tetapi menjadi lebih kental dan membentuk padatan vitrifikasi (non-kristalin). Kata solid (padat) mungkin kurang pas, yang tepat adalah madu mengental menjadi sangat kental.  1

Benarkah Madu Asli Tidak Bisa Beku
Benarkah Madu Asli Tidak Bisa Beku

Mengapa madu asli tidak bisa beku?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap cairan dengan kandungan gula yang tinggi tidak beku jika disimpan di dalam freezer, namun tetap menjadi lebih kental. Sayangnya patokan ini bukan jaminan bahwa madu dikatakan asli jika tidak beku saat disimpan di dalam freezer, karena sirup juga tidak akan beku bila disimpan di dalam freezer.

Mengapa madu asli bisa beku?

Madu asli pun juga bisa membeku jika kadar airnya tinggi. Hal ini tergantung dari jenis lebah, pakan, kondisi lingkungan dan musim saat panen. Madu yang masih muda dan belum siap panen mempunyai kadar air yang lebih banyak. Madu yang diperoleh dari  pohon randu, rambutan, kopi, sono dan mangga cenderung mengandung sedikit air sehingga tidak akan beku saat di simpan di dalam freezer. Contoh yang paling banyak adalah madu hutan dimana kandungan airnya lebih dari 30%.

Artikel Terkait   #InfoMadu Bagaimana lebah menghasilkan madu ?

Jadi jika sobat hendak membeli madu ternak, pastikan mengetahui sumber pakan lebah. Jika penjual bilang madu randu, madu rambutan, madu kopo atau madu sono tapi saat disimpan di freezer menjadi beku, kemungkinan besar madu tersebut adalah madu dengan kualitas rendah (bisa dikatakan madu palsu)

Apakah tidak masalah menyimpan madu dalam freezer?

Kualitas madu tidak akan menurun walaupun disimpan didalam freezer, hanya saja akan membuat madu mengkristal (mengental) sehingga merubah warna dan teksturnya.

Bagaimana cara menyimpan madu yang baik?

Madu jika disimpan dengan cara yang benar tidak akan rusak bahkan dalam jangka waktu yang lama. Cara yang benar adalah menyimpan di dalam wadah tertutup rapat , hindarkan dari sinar matahari secara langsung dan simpan di suhu ruangan (berkisar 10-20 derajat c)

Advertisements
  1. Kantor Z, Pitsi G, Thoen J.  J. of Agricultural and Food Chemistry 47 (1999) halaman 2327–2330.
Artikel Terkait   #MaduKLanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Wanita

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.