Apakah saat Mutasi bayar pajak lagi di kota tujuan?

    129
    8653
    Viewed 28690 Times 129 Comments

    Andika Shanti ·

    Mohon pencerahany pak....! Saya baru saja beli mobil di bekasi...(pajak hidup) Sy domisili Riau.seandainy sy mutasi dan balik nama atas nama sy ke Riau..apakah di Riau sy bayar pajak lg...terima kasih sebelumnya pak admin..

    Jawaban

    Us Jauhari ·

    @andikaAda > Jika masih satu provinsi tidak perlu bayar pajak lagi, tapi jika beda provinsi harus bayar pajak lagi, walaupun pajaknya baru dibayar. Namun beberapa samsat memberi kebijakan hanya membayar 3 bulan saja jika akan mutasi luar provinsi

     

    Was this answer helpful ? Yes (15) / No (1)




    Penulis adalah Admin Samsat Online Kalimantan Tengah

    129 COMMENTS

    1. Mau ty,cabut berkas sy di samsat semarang 2 sudah selesai.tinggal menunggu pengambilan BPKB,STNK asli n berkas di polda sektr 3 mngg kemudian.bbs BBN hy sampai 30 des.mutasi keluar sy 22 des.proses menunggu berkas di polda msh 2 mngg.apakah brrt sy tdk bs ikut program grts BBN pd saat mutasi msk (daerah tujuan)?.

      • @prama itu baru mutasi keluar dari semarang, belum mutasi masuk di Polda tujuan. Silahkan tanyakan ke petugas di kota tujuan, mungkin ada kebijakan khusus

    2. mau tanya, saya baru beli motor bekas dr Depok, dan ingin balik nama atas nama saya sendiri yg domisilinya di bekasi, sedangkan pajak dan lainnya baru diperpanjang pas motor saya terima, nah jika saya ingin balik nama apakah saya harus bayar pajak dan adm lainnya? mohon penjelasannya

      • @wanry. Jika masih satu provinsi dan pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah dibayar maka tidak perlu bayar PKB.
        Tidak ada biaya administrasi.
        Yang masih perlu dibayar biaya BBNKB II dan PNBP. Silahkan baca artikel mutasi dan balik nama. Admin sudah jelaskan sangat detail. Semoga membantu.

    3. Maaf saya mau tanya, saya sedang mengurus mutasi kendaraan umum dari jakarta ke daerah. Pertanyaan saya adalah, saya sedang mengurus mutasi dengan jatuh tempo pajak di bulan depan. Jika saat saya mengurus mutasi belum selesai sampai bulan depan, apakah saya terkena denda utk pembayaran pajak jika sudah selesai administrasi di samsat daerah... Terima sebelumnya, mohon pencerahan bagi teman2 yg tau..

      • @Iwan. Mutasi yang dilakukan sebelum jatuh tempo tidak akan menyebabkan denda walaupun saat proses mutasi masa pajak sudah berakhir. Namun jika setelah tanggal mutasi tidak segera diurus, akan ada yang namanya denda BBNKB, batasnya adalah 1 bulan setelah tgl mutasi selesai.

    4. Maaf om saya mau nanya,,mobil saya tahun produksinya tahun 2007,, tapi kenapa masa berlaku plat nomor bisa molor 2 tahun, seharusnya 2017 ,tapi di masa pajak sampai 2020,,apakah ini terjadi akibat mutasi terlalu cepat?mohon pencerahanya.

      • @Roy. Masa berlaku stnk tidak selalu dihitung dengan tahun buat, tapi dihitung dari proses berikut
        - saat registrasi ulang setiap lima tahun, dan atau
        - balik nama

    5. Saya mau tanya saya beli mobil di sekayu dan saya sekarang lg urus mutasi mau pindah ke palembang yg saya mau tanya di bulan desember pajak saya harus di bayar gimana ya pak kalau saya bayar pajak di sekayu apakah waktu saya masuk ke palemabang bayar pajak lagi

    6. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    7. Maaf mau tanya, saya beli kendaraan bekas dari surabaya akan tetapi plat nomor H(salatiga) dan ada tunggakan pajak terus mau saya mutasi ke surabaya. Yang saya tanyakan : apakah bayar pajak+tunggakan beserta dendanya dibayarkan di salatiga atau di surabaya, karena di jatim ada program pemutihan. Mohon penjelasannya, terimakasih

    8. Ikutan nimbrung juragan, mau nanya juga
      Yang ingin saya tanyakan
      1. Saya beli kendaraan roda 4 plat H (Semarang) masa berlaku pajaknya habis pada bulan Juni 2018, kalau saya cabut berkas mutasi ke lampung sekarang apakah saya dilampung masih bayar pajak?
      2. Berapa lama waktu yg diperlukan untuk menunggu pencabutan berkas di kota asal
      3. Kalau berkas pencabutan sudah keluar(selesai) apakah saya langsung ke Samsat tempat tinggal saya, atau harus ke Polda
      4. Makasih gan, mohon pencerahanya

    9. Pak admin numpang tanya. Sy msh rancu untuk perhitungan mutasi. Mobil saya plat B bekasi. Masa berlaku STNK 9 november 2017. Dgn PKB 4.417.000

      1. Jika saya mau mutasi ke jambi skrg, bagimana perhitunganya? Apakah sy harus bayar pajak 2 tahun kemudian cabut berkas dan kena pajak lagi di jambi?

      2. Atau jika saya mutasi ke jambi cukup bayar pajak telat 1 tahun dan denda. Kemudian dtambah prorata?

      3. Kalo hitungan tersebut denda saya 48% atau 25% kalo telat setahun?

      Mohon pencerahanya admin yg baik.

      • @Sri. Di bekasi bayar pajak berjalan untuk 3 bulan dan dendanya full. Di Jambi bayar lagi full untuk setahun. Jangan lupa PNBP mutasi, bpkb, stnk dan plat dihitung

    10. Pak Admin mohon maaf minta penjelasan,,,Saya habis beli motor bekas bulan 9 saya pajaki kemudian bulan 11 saya balik nama dan mutasi tapi masih 1 kabupaten dan propinsi....nah setelah proses Mutasi keluar dari samsat kota Malang kemudian Mutasi masuk ke Samsat Karangploso (Kabupaten Malang) dan balik nama selesai saya di minta bayar pajak lagi....kemudian saya tanyakan pada petugas...katanya karena yg saya bayarkan pertama itu atas nama STNK lama sedang yg kedua ini atas nama STNK baru jadi saya bayar pajak 2 kali dalam setahun 1 propinsi..padahal baru selisih 2 bulan dan masih dalam 1 tahun juga propinsi yg sama....apakah memang demikian prosedurnya dan apakah ada dasar/pasal keteranganya dalam undang-undang lalu lintas,,,,trimakasih Admin....

      • @Radit. Saran saya jika merasa keberatan sampaikan saja ke kepala samsatnya, jangan protes atau berdebat dengan petugas yg di depan karena mereka hanya menjalankan tugas, ngga bisa mengambil kebijakan dan banyak yang tidak mengerti peraturan

      • @Radit. Jika masih satu provinsi, apabila saat dilakukan balik nama/mutasi pajaknya masih berlaku maka tidak perlu lagi bayar PKB dan SWDKLLJ, yg dibayar hanya pajak BBNKB (jika namanya berbeda) dan PNBP cetak plat dan stnk.
        Objek yang sudah kena pajak tidak boleh dipungut dengan pajak yang sama. Misal Dalam 1 tahun PKB sudah bayar maka tidak boleh dipungut lagi PKB pada objek pajak yang sama, tapi bisa dipungut BBNKB berkali2, karena BBNKB dihitung bukan pertahun tapi setiap balik nama.
        Undang2nya admin kurang paham, bukan UU lalu lintas tapi tentang perpajakan dan pungutan daerah. Bisa dari Permendagri, permenkeu, Perda atau Pergub.

    11. Pak Admin mau nanya. Saya mau mutasi motor dr Jakarta Selatan ke bekasi. Mutasi dan cabut berkas sudah saya lakukan di September 2017 namun karena dokumen hilang dan baru ketemu lagi dokumennya maka baru bisa saya urus kembali, untuk pajak berlaku s/d 2 Juli 2018. ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan :

      1. Apakah harus mengulang proses mutasi (cabut berkas dll) dari awal lagi, atau bisa lanjut langsung ke Bekasi ?

      2. Untuk Pajak harus bayar di Jakarta atau Bekasi ?

      3. Normalnya berapa lama utk mengurus mutasi s/d selesai ?

      Terima kasih admin..

    12. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    13. Saya mau tanya admin.. Saya mau mutasi kendaraan roda 2 dari bekasi ke jawa tengah.. Tpi pas jatuh tmpo bayar pajak.. Itu apakah nantinya di samsat tujuan akan di mita pajak lagi atau tidak?

      • @Roni. Di bekasi biasanya hanya bayar pajak untuk 3 bulan saja. Di Jawa bayar pajak untuk bulan selanjutnya

    14. Permisi Admin,
      Saya mau tanya. Sayakan baru beli motor bekas di daerah bandung, tapi di samsat online mengenai keterangan kendaraan saya itu di protek dan katanya harus langsung balik nama, itu bagaimana ya min

      • @Zaki. Ya balik nama saja, jika perlu mutasi ya mutasi saja. Disesuaikan dengan nama dan alamat sesuai ktp sendiri. Itu biasanya diblokir oleh pemiliknya supaya si pembeli melakukan balik nama, dengan begitu si pemilik tidak kena pajak progresif jika membeli kendaraan lagi

    15. Oh, jadi saya otomatis harus balik nama dulu baru bisa bayar pajak lagi. Apakah begitu?
      Terus untuk persyaratan mutasi apakah memerlukan KTP Asli pemilik sebelumnya atau tidak? Terima kasih

    16. Permisi Pak Admin,
      Saya mau tanya, saya baru beli motor bekas thn 2014 di daerah Tangerang dan pajak 5 tahunannya habis bulan Januari ini. Kemudian saya minta tolong biro jasa untuk Balik Nama, Mutasi kendaraan dan ganti nomer. Setelah STNK baru saya jadi, nilai pajak tahunannya naik 2 kali lipat. (Sebelumnya nilai pajak tahunan Rp. 1.3xxx saat ini jadi Rp. 2.8xxx)
      Mohon pencerahannya pak admin..

      • @Aji. Nilai PKB memang berubah-ubah tergantung nilai jual kendaraan yang setiap tahun bisa tetap, naik bisa pula turun. Intinya apa yang tertera di lembar SKPD (lembar belakang STNK) itu pasti disetor ke kas masing2 (PKB untuk pemerintah, SWDKLLJ untuk Jasa Raharja, Adm TNKB dan STNK untuk PNBP Polri. Bila ada tambahan selain dari jumlah yang tertera di SKPD berarti itu untuk biro jasa dan tetek bengeknya. Sebagai catatan tambahan

    17. Permisi admin ijin bertanya. tgal 5 maret 2019 pajak motor saya habis, saya sudah perpanjang tgl 4 maret 2019 di samsat depok. Rencana saya mau mutasi ke palembang sumatera selatan bulan depan april 2019. Apakah saya akan dikenakan pembayaran pajak kembali dgn nilai yg sama tertera di stnk? komponen apa sajakah di stnk yg terbayar hanya sekali walaupun mutasi dan komponen mana yg terbayr 2 kali? Terima kasih mohon penjelasannya, karena klo bayarnya double lebih baik saya mutasi tahun 2020 aja sekalian ganti plat (5 tahunan)

      • @Billy. Jika beda provinsi pajak bayar lagi, walaupun pajak baru dibayar saat mutasi. Beberapa samsat memberikan kebijakan hanya membayar 3 bulan saja jika akan mutasi

    18. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    19. Bang mau nanya.
      Saumpama saya cabut berkas motor di bekasi bulan 3 dan mau mutasi ke jawa tengah tp sya blom bisa pulang ke jawa tengah. Kalo prosesnya yg di jawa tengagten lanjutkan bulan depan atau pas mau lebaran gitu masih bisa nggak apa ada denda.

    20. Admin mau tanya....sy baru beli kendraan plat b terima beres cabut berkas sm penjual dgn tujuan ke puwodadi ...tpi pajak distnk mati 2 tahun dan waktunya ganti plat nomor..apakah tunggakan pajak bisa di oper ke samsat tujuan....

    21. Dear admin, saya mau proses mutasi dan baliknama motor bekas dr jakarta ke tangsel, pajak mati 2 minggu lagi. Kalau dlm 2 minggu proses mutasi baliknama blm selesai apa saya kena denda?

      • @Septian. Ada yang ngga perlu bayar pajak ada juga yang malah full pajak setahun. Namun yang paling banyak biasanya disuruh bayar 3 bulan saja. Denda BBNKB dihitung dari tanggal jual beli, diatur saja nota jual belinya, tanggalnya disesuaikan

    22. Saya baru saja ke petugas Samsat Surabaya, saya ingin balik nama kendaraan tapi masih di kota yang sama, pajak sampai awal tahun depan, tapi oleh mereka dikenakan PKB lagi saat akan balik nama, jadi sementara saya cancel dulu balik namanya, mohon pencerahannya dan bagaimana solusinya agar tidak bayar PKB double. Terima kasih

      • @faizul. Tanyakan langsung saja ke petugas nya, kenapa kok ditarik PKB lagi, kalau di jawab "aturannya memang begitu", tanya saja "aturan dan dasar hukumnya apa". Solusinya ya itu harus jelas aturan yg dipakai.

    23. Saya kemarin tanggal 22 Maret 2019 ke samsat surabaya bermaksut untuk balik nama mobil (balik nama di kota yang sama), tapi di komponennya tertera pembayaran PKB, sedangkan PKB baru mati tahun depan, sehingga saya batal balik nama. Mohon pencerahannya admin apakah PKB memang mesti bayar lagi? dan bagaimana solusinya agar tidak bayar PKB double. terima kasih

      • @faizul. Jika ternyata tidak bisa menjelaskan peraturannya, dilaporkan saja ke ombudsman

    24. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    25. Ikutan Nimbrung Pak Admin,saya beli mobil plat B Jaksel akan saya mutasi dan balik nama sesuai KTP saya ke banten.plat dan pajak mati 25maret 2019 pada saat proses mutasi apakah kendaraan saya akan ditilang karena tidak ada STNK apakah surat jalan dari Samsat bisa untuk bukti ke polisi jika ada pemeriksaan.terimakasih

      • @Sugeng. Surat jalan bisa dipakai sebagai pengganti STNK dan tidak ditilang jika masih berlaku

    26. Mau tanya pak... Jika saya mutasi dari jakarta ke daerah... Apakah jumlah pajak di stnk akan berubah di daerah,
      mslhnya pajak jakarta di stnk mahal sedangkan saya cocokin motor saya dengan temen ane motor dan taun yg sama mahalan saya... Makasih pak

    27. Mau nanya pak. .
      Jika saya mutasi dari jakarta ke daerah pajak di stnk motor apakah akan berubah... Masalahnya saya cocokin motor saya sama motor temen dengan merk dan taun yang sama malah mahalan ane selisih 100rb.an

    28. Malam pak..mau tanya kalo kita sudah proses balik nama STNK dan sudah tinggal bayar biaya bbnkb dll, bisa atau tidak jika dibatalkan prosesnya? Terimakasih

      • Slamat siang pak,mau tanya bisakah blokir STNK Kendaraan di Samsat daerah lain,dengan Alasan Mobil Palt Nopol B Tangerang kita bawa ke Sumatra dijual di daerah.trimakasih

      • @sume. Blokir stnk hanya bisa dilakukan di samsat di provinsi tempat stnk terdaftar. Plat B hanya bisa di blokir di jakbodetabek. Kalau plat B blokir di Sumatera tidak bisa

      • @Rama. Tidak bisa. Tapi tergantung kebijakan petugasnya. Jika bisa di cancel tetap saja bpkb dirubah lagi ke pemilik sebelumnya

    29. Selamat malam pak, mau bertanya ,Saya sudah cabut berkas di samsat bsd dan sudah jadi, saya sudah serahkan berkas di samsat tujuan saya, dan tinggal bayar saja, tetapi ada salah perhitungan, apakah proses mutasi ini bisa dibatalkan?

    30. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    31. Min tanya dong.. saya kan pindah alamat dr kota bekasi ke kabupaten bekasi.. kalau mau mutasi nanti pas mau bayar pajak 5 tahunan atau pas bayar 1 tahunan harus mutasi dulu ya?? Terimakasih sebelumnya..

      • @Siska. Jika ktp sudah berubah dan tidak lagi sama dengan alamat di stnk, maka harus langsung mutasi. Syarat pembayaran pajak harus ada KTP sesuai stnk, jika tidak sesuai yg tidak bisa bayar pajak

    32. Min tanya dong... sayan kan pindah alamat dari kota bekasi ke kabupaten bekasi... kalau mau mutasi tuh nanto pas bayar pajak 5 tahunan atau pas bayar pajak 1 tahunan harus mutasi dulu?? Terimakasih sebelumnya..

    33. Selamat pagi. Saya akan memindahkan mobil dari Jakarta ke Samarinda, untuk pengurusan mutasi akan ditahan STNK dan BPKB asli, bagaimana jika ingin memakai mobil ditempat tujuan, sedangkan STNK asli masih dalam proses mutasi, dikota mana saya membuat Surat Keterangan(Jalan) Kendaraan sebagai pengganti STNK sementara. Terima kasih

      • @Benny. Ada proses cabut berkas dan masuk berkas. Kalau pas cabut berkas minta surat jalan di Polda/samsat asal, kalau masuk berkas minta di polda/samsat tujuan

    34. Mohon info nya pa,
      Sy mau mutasi mobil alias balik nama dr kabupaten ke kota tempat sy tinggal..tp pajak taunan dan pajak 5 tahun mati pa..
      Apa pembayaran pajaknya setalah cabut berkas dari kabupaten dan diurus dikota,atau bgmn ya pa?trimksh...

    35. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    36. Min, saya bulan lalu melakukan balik nama kendaraan roda 4. Sama sama jakarta selatan. Pajak stnk 5 tahunan baru habis bulan depan. Ketika balik nama kemarin tidak boleh langsung bayar pajak yg 5 tahunan. Padahal ketika proses baliknama kendaraan sudah di cek fisik. Sekarang saya mau bayar pajak 5 tahunan apakah harus di cek fisik lagi atau bisa minta berkas cek fisik ketika balik nama di copy saja?

      • @Boby. Berkas cek fisik harus asli. Satu berkas cek fisik hanya untuk sekali proses pengurusan

    37. Salam hormat pak mau tanya misal saya urus mutasi bekasi ke jateng masa pajak telat baru 2 hari baru saya urus mutasi tapi proses mutasi belum jadi apakah saya harus baya pajak 2 kali ya

    38. mohon info jika saya sudah cabut berkas di Bekasi Kota dan akan pindah ke Kab . Bekasi, tetapi karena sseuatu hal surat mutasi tersebut belum saya urus selama 2 tahun. Apakah masih bisa saya urus lagi? dan berapa estimasi biayanya. Terimakasih

    39. Pak saya mau balik nama dan mutasi dari malang ke lumajang bln ini. Pajak 5 taunan tgl 28 juni 2019. Apakah biaya balik nama sudah termasuk biaya pajak 5 taunan? Atau tgl 28 juni 2019 saya hrus bayar biaya pajak 5 taunan? Dan apakah nopol saya berubah atau tetap? Terima kasih

      • @Nia. BBNKB dibayar di samsat tujuan. Pajak hanya 1 tahun, bukan 5 tahun. Di malang bayar, di lumajang tidak (tapi info yang admin dapat, untuk jawa timur bayar juga di lumajang). Nopol berubah menjadi plat lumajang, nomornya tergantung nomor yang tersedia

    40. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    41. Maksud saya setelah balik nama bulan ini, apa saya tgl 28 juni 2019 tetap membayar biaya perpanjangan pajak 5 taunan?

      • @Nia. Kalau mutasi sebelum Juni maka tidak perlu bayar pajak di samsat asal. Hanya bayar mutasi keluar. Di samsat tujuan bayar : mutasi masuk, Pajak termasuk BBNKB, plat dan stnk

    42. Selamat malam Pak, mohon pencerahannya. Saya sudah cabut berkas dari Bandung ke Cianjur ( masih dalam provi si), namun berkas belum dimasukan ke samsat tujuan ( plat nomor habis). Apabila mobil dipakai di jalan akan ditilang dengan kondisi surat2 belum lengkap?

    43. Selamat malam pak, mau tanya saya berencana mau mutasi tanggal 21 mei dan jatuh tempo tanggal 26 mei, apakah saya kena pajak di kota asal dan di kota baru? Terima kasih

      • @Novis. Kalau mutasi belum jatuh tempo di samsat asal ngga bayar, kalaupun bayar biasanya cuma 3 bulan. Di samsat tujuan bayar full , dihitung dari tgl bpkb dibuat

    44. Mau tanya pak.. Saya mau mutasi motor dari bekasi ke boyolali (masa berlaku plat nomor 28 mei 2019) pajak masih hidup..
      kalu dalam proses pencabutan berkas dari bekasi sampe slsai proses mutasi ke boyolali lebih dari tanggl 28 mei 2019 bagai mana pak.. Ataukah kena denda pajak motor telat dan harus bayar 2x pajak
      di bekasi dan di boyolali ?

      • @Albirra. Di samsat asal dihitung dari nota jual beli atau semenjak bpkb terbit. Jikalau pun denda, hanya denda BBNKB saja, itu pun jika nama di bekasi dengan Boyolali berbeda. Jika nama sama tak perlu BBNKB

    45. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    46. Mau tanya pak saya kan kemarin Bru siap balik nama STNK dan BPKB. Trus bulan Juni ini pajak saya yg tertera di STNK bru ini habis nya tanggal 10 Juni 2019 dan apakah saya harus bayar pajak lagi walaupun saya sudah balik nama STNK sama BPKB pak?

    47. Selamat pagi ..
      mohon pencerahan ..
      domisili saya tegal ( jawa tengah ) bulan april 2019 kemarin saya beli mobil bekas Plat E ( Cirebon Jawa Barat ) dengan pajak 03 mei 2019 ( tapi sudah saya perbarui masa berlaku stnk nya ) dibulan mei juga saya urus mutasi dll ke atas nama saya .. pertanyaanya saya apa saja yang harus saya bayar ( Full ) ? Terima kasih atas pencerahannya

    48. Mohon informasinya
      Saya bulan mei cabut berkas untuk mutasi motor dari purwakarta jabar (T) ke nganjuk jatim (AG)(jatuh tempo plat 26 juni 2019).
      * kalau berkas sudah jadi,berapa lama jangka waktu untuk daftar d wilayah nganjuk?
      * Berapa biaya untuk pengurusan mutasi d kota tujuan (motor verza 2014 pajak tahunan 350ribu) ??

    49. sore, mau tanya.. saya mau cabut berkas dari depok tujuan ke cianjur. pajak motor scoopy 2012 di depok kena Rp.200 Ribu. Pertanyaannya, klo sudah cabut berkas di depok, apa pajaknya jadi mahal stelah motor di daftar ulang di kota Tujuan (Cianjur) ? secara.. motor skrg kan pajaknya mahal2.. mohon pencerahannya .. mkasih

    50. Admin mau tanya kalau surat2 kendaraan sedang proses pencabutan berkas apa kendaraan boleh dipakai? Kalau ada razia atau ditilang apakah menunjukkan bukti (surat) proses mutasi aman?
      Thanks

      • @Dedi. Biasanya diberi surat jalan dari Polda atau samsat. Jika tidak diberi silahkan diminta

    51. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    52. selamat siang mau tanya.. kalau mau balik nama mobil plat dari wilayah jaksel ke jakarta pusat, apakah proses balik namanya bisa di samsat Jakpus? atau di samsat Jaksel? terima kasih

      • @Farhand. Balik nama sesuai ktp untuk balik nama. Jika beda kota maka perlu nutasi dari kota asal ke kota sesuai ktp sekaligus balik nama

    53. Halo samsat, saya mau tanya, saya mau mutasi motor saya dari denpasar ke sby,

      1. Brp lama biasanya surat mutasi bisa diambil? Info yg sy dapat simpang siur, ada yg bilang 2 minggu, 3-4 minggu, 3 hari, ada yg bilang hari itu juga selesai.

      2. Brp lama masa berlaku surat mutasi tsb?

      • @Ratih. Ya memang beda Polda beda pelayanannya. Ada yg memang sehari selesai ada juga hitungan minggu bahkan bulan. Sama halnya pelayanan kependudukan (ktp, akta, KK dll) beda kabupaten beda juga pelayanannya. Namun semua Polda pasti memberi semacam resi yg didalamnya tertulis tanggal kapan berkas bisa diambil. Jika tidak diberi resi, silahkan diminta. Namun apabila diurus melalui biro jasa/ dititip org lain, berarti yg bertanggung jawab bukan lagi polda, tetapi pihak ketiga tersebut (biro jasa).

        2. Berlaku 3 bulan. Lebih dari itu akan ada dendanya

    54. Permisi pak saya mau tanya saya mau ajukan mutasi juli, tetapi tgl 8 agustus udh jatuh tempo dan utk proses mutasinya didaerah saya sekitar 1 bulan kata petugas apakah yg saya lakukan, mesti bayar pajak kendaraan di tempat lama kah sambil untuk mengindari denda. Dan apakah di tempat tujuan mesti bayar pajak lagi pada saat masukan berkas mutasi lagi. Mohon pencerahaanya nya pak. Lokasinya masih dalam satu provinsi.

      • @candra. Dibayar saja di samsat asal, biasanya hanya bayar untuk 3 bulan saja. Beberapa provinsi tidak perlu bayar pajak lagi jika mutasi dalam 1 Prov

    55. Saya mau balik nama mobil sekarang plat Palembang mau balik nama plat muara Enim masih dalam satu provinsi dan baru bayar pajak bulan 6 kemarin apakah masih bayar pajak lagi tempat muara enim

    56. Ijin komen admin
      Saya rencana mau beli mtor bekas .mtor tahun 2016 sudah dimutasi ke kota saya ..pajak 5 thuanan menjadi tahun 2023 yang seharusnya 2021 .apakah memang seperti itu??
      Makasih

      • @ruby. Masa laku STNK (5th) dihitung saat STNK terbit. Tidak selalu kendaraan tahun 2016 masa laku stnk habis 2021, 2026 dst. Misal karena balik nama (mutasi atau tidak). Saat balik nama, stnk lama akan ditarik (diserahkan), dan akan diterbitkan STNK baru dan masa laku nya menyesuaikan dg STNk baru

    57. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    58. Dear admin,

      saya tertarik untuk membahas prorata terkait mutasi dikarenakan pindah alamat. saya sudah baca artikel berserta seluruh komentar + artikel https://djafa.org/biaya-dan-prosedur-mutasi-kendaraan/ yg membahas tentang prorata.

      adakah dasar hukum yang membahas tentang prorata? saya tertarik membahasnya di topik skripsi karena sekilas saya melihat kejanggalan dalam penerapannya.

      terimakasih admin, semoga sukses selalu.

      Regards,
      Jihad Trisakti

      • @Jihad. Admin kurang mengetahui mengenai dasar hukum prorata. Karena prorata tidak hanya berlaku di samsat, tapi juga semua pajak, pajak perorangan, badan usaha, PBB dll. Alasan yg paling mudah diterima adalah tidak boleh terjadi double tax. Prorata terkait juga dengan penerima pajak tersebut. Misal saja PKB dipungut oleh provinsi, namun hasilnya dibagi juga ke kabupaten sesuai kendaraan terdaftar. Provinsi sekian persen, kabupaten sekian persen.

    59. admin, saya mau tanya, saya sudah tanya2 mengenai biaya dan mekanisme mutasi. tapi saya lupa nanya, saya dari kota a ke kota B. saya mendapat rincian mutasi keluar 450k(ini beserta pajak) dan mutasi masuk 728k. yang jadi pertanyaan, saya bayar mutasi masuk ini di samsat kota B atau saya bayar keseluruhan di samsat asal ? terimakasih

      • @rizal. Bayar di kota asal juga tujuan. Di kota tujuan lebih mahal karena ada biaya BBNKB ( jika balik nama)

    60. min mau tanya .. kalo pajak kendaraan 5 tahun saya terlambat 2 bulan ... terus saya mau sekalian bbn dan mutasi ke samsat yang daerah saya tapi tetap 1 provinsi .tapi nama kepemilikan bkn nama saya ..
      -apakah biaya pajak 5 tahunan dan denda di bayar di samsat awal apa di samsat tujuan ..?
      -dan juga apakah mutasi dan bbn wajib mensertakan ktp asli pemilik yang tertera di stnk ... ataw hanya ktp saya .?

      • @nkus. Pajak lunas baru bisa mutasi. Pelunasan dilakukan sekaligus mutasi. Di samsat asal maupun tujuan pakai ktp asli tujuan. Nanti di samsat tujuan bayar lagi pajaknya

    61. min mau nanya, saya akan mutasi kendaraan keluar dari DIY ke NTB, pajak jatuh tempo sejak September 2016, pertanyaan saya : Proses mutasi keluar sedang dalam pengurusan dan sudah dapat tanda terima berkas dari samsat di daerah asal namun tidak ada berita penagihan tunggakan pajak yang 3 tahun, apakah akan saya bayarkan di daerah tujuan? atau pada saat pengambilan berkas mutasi keluar baru saya mendapat tagihan pajak dan tunggakan yang tadi? mohon pencerahannya min

      • @Novan. Sebelum mutasi pajak harus lunas, termasuk denda jika ada. Nanti di samsat tujuan bayar pajak dihitung saat pendaftaran di samsat berlaku 1 tahun.

    62. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    63. Dear Admin, mohon infonya bagaimana cara menghitung besaran denda BBNKB untuk mutasi masuk yang terlambat diurus? Saya urus mutasi keluar di propinsi A sejak Juli 2019, tp baru sempat urus mutasi masuk di propinsi A September 2019.
      Terimakasih sebelumnya

    64. Dear Admin, bagaimana cara menghitung besar pajak BBNKB apabila telat mengurus mutasi masuk? Saya mengurus mutasi keluar di propinsi A bulan Juli 2019, tp baru sempat mengurus mutasi masuk di propinsi B Oktober 2019.
      Terimakasih sebelumnya

    65. Min mau tanya , pajak saya kan udah telat 1 minggu posisi sy udah pindah kota , kemarin sy mau perpanjang stnk tapi dusuruh mutasi posisi say belum bayar pajak hanya mengurus mutasi dan biaya mutasi habis 400rb apakah itu sudah termasuk bayar pajak apa tidak? Terus di tempat tujuan apakah saya mesti bayar pajak ?

      • @hery. Kalau lewat jatuh tempo harusnya bayar di samsat asal. Tapi kalau belum jatuh tempo tidak perlu bayar pajak di samsat asal. Di tempat tujuan bayar pajak lagi.

    66. Maksudnya bayar pajak lg di kota tujuan klo posisi belum jatuh tempo ya , kalo semisal pajak udah di bayar pas ngurus mutasi'an apakah bayar pajak lg di kota tujuan ? Masih satu provinsi

    67. Mau nanya, saya beli motor bekas di bekasi kab. belum bayar pajak 2 tahun. tapi mau saya mutasi ke tasikmalaya. apakah saya harus bayar dulu pajak yang nunggak di bekasi..... atau gimana min .... mohon pencerahnnya

    68. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    69. siang pak mau tanya sy bli kendraan dari bekasi mau mutasi ke NTT tapi pajaknya jatuh tempo telat 15 hari hitungan dendanya g mana. apa hanya bayar 3 bulan di samsat asal atau g mana minta petunjuk pak makasi

    70. maaf saya mau tanya juga mutasi dari kab ke kota pas cabut berkas bayar pajak padahal belum mati. tapi anehnya suratnya masa berlakunya kok tetap tahun ini.
      mohon pencerahannya.

      • @cuprit. Oke admin coba pahami begini. Kendaraan akan dimutasi dari kab ke kota masih 1 provinsi. Pajak masih berlaku. Saat proses di samsat, diminta bayar pajak. Bayar pajak artinya harus ada lembar notice/SKPD/lembar belakang STNK yg baru sesuai dengan masa berlaku pajak yang dibayar. Setelah lembar SKPD diterima ternyata masa berlakunya tetap, yg harusnya berubah menjadi tahun depan.
        Apakah seperti itu?

    71. Maaf saya mau nanya, tanggal 24 Mei 2018 saya melakukan mutasi kendaraan dari Bandung ke kab tasikmalaya ,berkas berkasnya sudah ada tapi saya belum mendaftarkan nya ke Samsat tujuan apakah kalau saya mendaftarkan nya sekarang kena denda atau tidak ,kalau yang kemarin saya sudah lunas pajaknya sebelum di mutasikan.terimakasih

    Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.