#GearTips Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor Gear Teliti sebelum membeli

0
47424
Halaman:
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor Gear. Polimak, 12 Rabiul Awal 1434H. Berikut ini tips dan saran Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor. Sering membeli peralatan outdoor??? Jaket, sepatu, kaos, backpack? masih kesulitan membedakan produk original dan produk KW?

Care label produk original - Identifikasi Original or Fake Perlengkapan Outdoor
Care label produk original - Identifikasi Original or Fake Perlengkapan Outdoor

Tenang sob, mari kita bahas dari satu persatu

Interview

Perlu sobat ketahui, merk-merk ternama sangat menjaga kualitas produk. Terkadang, mereka memberi quesioner bersama produknya untuk memastikan bahwa produk yang dibeli benar-benar telah sampai di tangan pembeli tanpa ada cacat sedikitpun. Dan kalaupun ada cacat, dipastikan bisa dikirim ulang untuk mendapatkan ganti yang baru, malah ada yang tidak perlu kirim ulang, cukup memberi bukti yang kuat berupa fhoto dan keterangan lain.




Oleh karena itu, jika kita membandingkan harga antara barang original dan kw, cmt, abal2 dll, harga barang original bisa 2-3 kali lipat lebih mahal harganya. Karena memang kualitasnya dijamin, bergaransi dan tidak ada cacat. Harga merk memang MAHAL 😀

Namun akan nyesek rasanya jika membeli barang kw tapi harga original. Karena memang tidak mudah membeli perlengkapan outdoor di pasar/toko non-resmi. Lebih2 banyak juga penjual perorangan yang menyatakan barang reject, barang bocoran, bahan asli, labelnya dibuang dll

Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Kategori Outdoor Gear  Original

Berikut ini beberapa kategori yang termasuk original:

  • Material asli, asesoris asli, pabrikan asli ( yang diapproved oleh buyer/merk ), masuk dalam line produksi , lolos QC. Ini yang pasti dijual oleh toko official, dengan harga yang mencekik bagi yang berkantong tifis.
  • Material asli, asesoris asli, pabrikan asli ( yang diapproved oleh buyer ), masuk dlm line produksi, tidak lolos QC (biasanya cacat, walaupun kecil dan sepele, seperti tulisan ID Label). Barang seperti ini harusnya tidak boleh beredar, karena akan membuat citra buruk merk. Namun tentu saja ada celah di tahapan QC.
  • Material asli, asesoris asli, tapi digarap oleh pabrik lain yang kualitasnya sejajar dgn pabrik yg resmi ditunjuk oleh vendor dan disetujui oleh pihak pabrikan utama dan si pembeli atau si pemilik merek. Biasanya pabrik ini mendapat limpahan order karena pabrik utama yang over capacity. Semua barang yang lolos QC ataupun tidak lolos QC kembali ke pabrik utama dan akan dicek ulang oleh QC pabrik utama. Di sini juga banyak terjadi kebocoran, namanya juga pabrik ya, orangnya banyak
  • Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Kategori Outdoor Gear non original :

  • Material asli, asesoris asli, dibuat non pabrikan asli , tidak masuk dalam line produksi. Artinya pabrik yg bersangkutan memproduksi dgn memanfaatkan sisa material yg tidak terpakai oleh pabrikan asli - ini yang sering disebut beberapa orang cemtian (CMT-Cuma Mirip Ternyata).
    Jaket outdoor original asli reject
    Jaket outdoor original asli reject
  • Material asli, asesoris asli, tapi digarap oleh pabrik lain yang kualitasnya sejajar dgn pabrik yg resmi tapi pabrik ini bukan pabrik utama yang ditunjuk oleh pembeli / approved by Buyer. Dimana pabrik tersebut pernah menggarap produk yg brand-nya bisa dibilang sejajar dgn vendor ( mungkin ). Dan hasil produknya tidak beda dengan barang yang dijual di toko ...modusnya dia membikin copian produk seolah pernah mengerjakan brand dikopi biasanya buat marketing tool. Material dan accessories palsu atau mungkin beberapa asli dan digarap oleh pabrik kecil / home industri.
  • Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Oke, jadi jika barangnya memang bagus, kualitas, bahan, dll namun dijual lebih murah karena ada cacat walaupun sedikit, bisa jadi itu barang memang ori yang ngga lolos QC.

Berikut beberapa petunjuk yang bisa anda pakai untuk mengetahui asli tidaknya suatu garment/backpack.

Kerapatan Jahitan

Perbandingan jahitan produk palsu dengan asli
Perbandingan jahitan produk palsu dengan asli.

Yang warna biru adalah imitasi sedangkan yang orange adalah yang asli. Silahkan dihitung kembali jahitan pakaian anda :D,,, siang hari saja biar ngga sakit matanya.

Standar industri garment/backpack mempunyai semacam kesepakatan dalam hal jahitan. Kerapatan jahitan adalah point utama. Semakin rapat jahitan, semakin kuat sambungan panelnya akan membuat semakin rumit proses produksinya dan secara otomatis mempengaruhi semakin mahal harganya

Artikel Terkait :  #GearTips Membedakan JWS Jack Wolfskin Asli Original dengan JWS Palsu Imitasi KW

Untuk produk seperti Adidas, Nike, Salomon , Arcteryx , TNF , Salewa , JWS dll, biasanya mempunyai kerapatan 10-12 jahitan/inch, bahkan Arcteryx sendiri 12-14 jahitan/inch.

Sedangkan untuk backpack jahitan luar 8-10 jahitan/inch, bahkan ada yang 12 jahitan/inch.

Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Care label / label pemeliharaan

Material care label produk palsu sering terlalu sederhana dan dibuat dengan material murah. Care label produk oariginal untuk beberapa destinasi malah berlembar lembar tergantung mereknya. Tapi pasti ada berberapa bahasa untuk care label inti, Inggris, Portugal, Spanyol bahkan Jepang, beberapa diantaranya ada tambahan china, Melayu dll, tergantung target pasar produk.

Care label barang palsu sering hanya bahasa inggris saja. Namun sekarang banyak yang bocor, sehingga mempersulit identifikasinya.

Untuk TNF di bawah care label ditambahkan hologram label. Banyak barang palsu yang mungkin menyertakan hologram, namun tidak ada print huruf / angka sebagai identifikasi produk. Tapi hologram ini pun sudah bocor pula dan banyak sudah dipalsukan 😀

Care label produk original - Identifikasi Original or Fake Perlengkapan Outdoor
Care label produk original - Identifikasi Original or Fake Perlengkapan Outdoor

Selain care label ada juga security id label, dimana ada kode pabrik dan juga kode kapan barang diproduksi bahkan style juga (TNF/Arcteryx ).

Care label yang dicetak di bagian dalam kaos juga bisa dicek. Kualitas masin pabrik tentu berbeda dengan home made. Bahkan mesin pabrik pun ada yang murahan sesuai dengan kualitasnya.

Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Ciri khas produk

Merk-merk besar seperti Adidas, Nike, Salomon , Arcteryx , TNF , Salewa , JWS dll pastilah mempunyai ciri khas dan standar terntentu, baik itu dalam penempatan logo, print label, bahan/warna zipper. Bisa jadi model dan warnanya sama, tapi pasti ada beberapa bagian yang berbeda.

Bordiran logo pastilah rapi, bentuk dan ukuran tulisan/logo juga presisi. Jadi mesti teliti.

Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Hangtag dan ID label

Cek kembali keseuaian info antara hangtag dan ID label. Hangtag dan ID label haruslah sesuai dan sepaket. Kembali ke atas

Kode Style dan id tag hangtag arcteryx
Kode Style dan id tag hangtag arcteryx

Cek di Situs Resmi

Hal ini sangat penting, karena setiap produk asli pasti terdapat di katalog situs resminya. Termasuk ID labelnya. Produk yang sudah lama biasanya sudah tidak dipajang di situs resmi, jadi mesti bener-bener dicek barangnya.

Di situs resmi biasanya juga memberi keterangan tempat pabriknya. Contoh http://www.arcteryx.com/Manufacturing.aspx?EN. Di situ disebutkan bahwa Arcteryx hanya memproduksi di Canada: USA, China, El Salvador, Italy, Philippines, Taiwan, Thailand, Bangladesh dan Vietnam, kalau ada Arcteryx made in Indonesia dipastikan itu palsu.

Walaupun mungkin banyak produk2 brand terkenal yang dibuat dan pabrikan Indonesia, tapi selama brand tersebut tidak menunjuk sebagai pabrik resmi, maka tidak bisa dikatakan made ini Indonesia. Bisa saja pabrik resminya di Thailand, karena kebanjiran order, pabrik resmi tersebut memesan di Indonesia sebagian dari orderannya.

Jaket outdoor original asli reject
Jaket outdoor original asli reject

Fhoto di atas diambil dari barang asli, namun tidak ketika id label dicek di internet, hasilnya tidak ada, karena memang barang tersebut cacat dan memang seharusnya tidak beredar (jahitan putus di bawah dekat zipper end, bawah pojok kiri). Walaupun kelihatan sepele dan hal yang kecil, brand terkenal tidak akan meloloskan produk cacat sekecil apapun. Kalaupun bisa lolos dan muncul di pasaran, bisa dipastikan bagian QC nya tidak bertahan lama 😀

Banyak barang-barang asli dari pabrik yang bocor keluar, terutama yang tidak lolos QC.

Kembali ke atas - Identifikasi Original Fake Perlengkapan Outdoor

Bijak

Para pelaku pemalsuan juga tidak akan berhenti untuk berinovasi membuat barang semirip mungkin aslinya. Jadi bijaklah dalam membeli barang. Merk tidak dapat melindungi kita dari dingin dan hujan. Banyak barang homemade yang murah tapi kualitasnya bagus. Kalau untuk amatiran kaya saya, produk lokal macam eiger itu sudah bagus kok. Kecuali untuk profesional yang memang mengharuskan peralatan yang bener2 aman, ya mau ngga mau  ya mesti yang bener2 orignal berkualitas. Seperti olahraga panjat tebing dan aktivitas lainnya yang resikonya kalau ngga mati ya cacat gitu deh.

#SalamKoplag

Sumber : Real Or fake Out Gear Product Review

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.