#InfoLebah Propolis Lebah dan Manfaatnya

0
552
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Propolis Lebah dan Manfaatnya. Kata propolis dan lebah pasti pernah sobat dengar, yang jadi pertanyaannya, emang sobat ngerti apa itu propolis? Propolis itu kan obat herbal yang banyak dijual di toko-toko herbal, dalam botol kecil gitu. Pemahaman ini tidak 100% salah karena memang produk tersebut adalah hasil dari olahan propolis. Kali ini admin ingin berbagi mengenai mengenal propolis lebah.

Apa itu propolis dan dari mana berasal?

Propolis tersusun dari bahan resin yang diambil lebah dari pohon yang menghasilkan getah. Pohon yang banyak menghasilkan resin misalnya damar, cemara, pinus, sawo, meranti, kenari, trenggulun. Warna dari propolis sendiri beragam, hitam, kuning, coklat tua, abu-abu dll. Warna propolis tergantung dari pohon sumber resin yang diambil lebah.

Artikel Terkait   #BudidayaTrigona Hal Penting Sebelum Membuat Kotak Stup Trigona Klanceng
Propolis pada lebah madu apis
Propolis pada lebah madu apis. Digunakan untuk merekatkan sarang. Credit : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Propolis_in_beehives.jpg

Propolis pada koloni lebah teksturnya lembut, lentur dan sangat lengket. Lebah menggunakan propolis sebagai perekat saat membangun sarang. Mirip seperti aspal, propolis akan mencair pada suhu tinggi (lebih dari 60 derajat C) dan begitu juga sebaliknya, propolis akan menjadi padat pada suhu rendah.

Lebah apa yang menghasilkan propolis?

Pada dasarnya semua lebah madu selain menghaslkan madu juga propolis, baik lebah yang bersengat maupun lebah tidak bersengat. Yang membedakan adalah volume propolis yang dihasilkan. Lebah madu bersengat menghasilkan kurang dari 1kg propolis per tahun sedangkan lebah tanpa sengat menghasilkan sampai 8,5kg per tahun.



Sarang Lebah Madu Klanceng Trigona yang dibuat dari propolis.
Sarang Lebah Madu Klanceng Trigona yang dibuat dari propolis.

Manfaat dari propolis lebah

Propolis banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal, yang dalam pengolahannya tidak ditambahkan bahan lain kecuali saat ekstraksasi. Beberapa manfaat propolis diantaranya sebagai berikut

  • propolis mengandung antioksidan tinggi sehingga banyak digunakan untuk keperluan kosmetik dan alat kecantikan
  • propolis untuk anti bakteri
  • propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, tuberkulosis, malaria, diabetes mellitus, influenza, demam berdarah, kanker nasofaring, anemia, leukimia, asma, tumor payudara, sakit gigi, radang gusi, gagal ginjal dan masih banyak lagi
  • propolis mencegah osteoporosis
Artikel Terkait   #InfoMadu Fakta Unik Lebah Madu

Lebih baik madu atau propolis?

Baik madu maupun propolis sama-sama bermanfaat dan keduanya juga hasil dari produksi lebah madu. Madu lebih banyak mengandung enzim dan mineral yang penting bagi tubuh. Madu juga memiliki beberapa karakter seperti madu bersifat osmolalitas yang tinggi sehingga bakteri susah untuk hidup. Madu juga bersifat higroskopis yaitu menarik air dari lingkungan sekitar yang baik untuk mengompress luka luar. Dan masih banyak lagi kandungan dan sifat baik madu lainnya.

Sedangkan propolis lebih banyak mengandung anti oksidan yang tinggi. Lebih tinggi 400 kali dibandingkan jeruk. Kandungan fenol propolis 320 lebih banyak dari pada apel merah. Propolis mengandung lebih dari 180 unsur fitokimia. Seperti flavonoid, berbagai turunan asam orbanat, fitosterol dan terpenoids. Zat-zat tersebut memiliki sifat antiinflamatori, antimikrobal, antihistamin, antimutagenik, antialergi. Selain itu propolis juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Propolis mentah sebelum di ekstrak menjadi produk siap konsumsi
Propolis mentah sebelum di ekstrak menjadi produk siap konsumsi. Credit https://www.naturallivingideas.com/bee-propolis-benefits/

Dimana kita bisa mendapatkan propolis yang berkualitas?

Kandungan dari propolis tergantung dari pohon sumber resin diambil. Propolis yang dihasilkan dari tiap-tiap koloni lebah juga akan berbeda-beda. Propolis yang dijual dalam kemasan botol kecil merupakan propolis yang telah diekstrak. Ada juga propolis yang diolah menjadi bentuk tablet. Tidak perlu bingung memilih produk propolis, yang penting adalah kita rutin untuk mengkonsumsinya.

Artikel Terkait   #MaduHutan Membedakan Madu Hutan Asli, Teliti Sebelum Membeli

Sebesar apapun manfaat propolis dan madu, selama tidak mengkonsumsinya, maka kita juga tidak akan mendapatkan manfaatnya. Hemat admin, baik madu dan propolis sangat baik untuk tubuh, anak-anak maupun dewasa, jadi mari kita biasakan untuk mengkonsumsi madu dan propolis untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Propolis Lebah dan Manfaatnya



Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.