#InfoSamsat Bayar Pajak Motor Sendiri atau Nitip Jalur Belakang?

8
143
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Bayar Pajak Motor Sendiri atau Nitip Nitip Jalur Belakang? Hayoo enakan yang mana? Enakan pagi-pagi di danau kaki gunung, makan gorengan kasih lombok, nyruput kopi sama sebatang rokok kretek, beeehhhh. Oke, back to topik bayar pajak motor sendiri atau nitip.

Bayar Pajak Motor Sendiri atau Nitip Jalur Belakang

Admin sudah banyak jelaskan mengenai pengurusan pajak kendaraan bermotor, mulai dari syarat, prosedur, biaya, berapa lama dan beberapa tentang praktik-praktik tidak sehat di samsat.

Pada intinya satu "Wajib pajak dalam hal ini masyarakat, ingin membayar pajak motor dengan begitu STNK bisa disahkan dan tidak kena tilang oleh petugas berwenang (polisi)"

Artikel Terkait   #InfoSamsat - Pertanyaan Seputar Pengurusan Berkas dan Pajak Kendaraan Bermotor

Namun membayar pajak sekaligus mengesahkan STNK tidaklah semudah menyetor uang di bank. Menyetor uang dibank cukup ditulis di form setoran, isi nama dan alamat, no hp kalau diperlukan dan uang bisa disetor. Bank dengan senang hati menerima uang setoran tersebut tanpa perlu bertele-tele mengecek identitas si penyetor. Setoran uang berarti perputaran uang di bank semakin bertambah. Kecuali kasus tertentu untuk setoran banyak lebih dari 100jt.

Membayar pajak harus melalui proses identinfikasi kendaran dan pemilik kendaran yang merupakan wewenang kepolisian. Tidak lolos dalam identifikasi, maka kita tidak bisa bayar pajak dan tentu saja STNK tidak akan disahkan, walhasil bisa kena tilang jika ada pemeriksaan surat kendaraan.

Oleh karenanya tidak sedikit yang lebih memilih membayar pajak melalui calo, orang dalam, jalur belakang atau apapun namanya. Alasan yang paling banyak ya karena alasan yang admin jelaskan di atas.

Berikut ini admin buat perbandingan kelebihan dan kekurangan Bayar Pajak Motor Sendiri dan bayar pajak motor Nitip Jalur Belakang

Artikel Terkait   #InfoSamsat Syarat dan Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB)

Kelebihan bayar pajak motor sendiri

  • Bayar Pajak Motor sendiri itu pasti sesuai  dengan tagihan, tidak lebih dan tidak kurang
  • Tidak khawatir. Uang yang dibayar pasti disetor ke kas Daerah dan Bukti pajak serta Pengesahan STNK pasti resmi dan legal
  • Ikut membantu program pemerintah membangun negeri. Ya tentu saja karena mengurangi praktik pungli, membentuk sistem yang sehat, secara tidak langsung sosialisasi disiplin pajak.
  • Bayar Pajak Motor sendiri itu pasti 1 hari selesai dan bisa ditunggu. Setiap samsat di Indonesia sudah mempunyai standar  1 day service.

Kekurangan bayar pajak motor sendiri

  • Prosedur yang ribet bila belum ganti nama sesuai KTP sendiri.
  • Waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Perlu setidaknya 1 hari kerja, karena walaupun 1 day service, tetap saja prosesnya tidak bisa selesai 15 menit. Bagi pekerja harian, ini adalah kerugian karena tidak bisa masuk kerja. Belum jika lokasinya jauh.
  • Terkadang informasi yang diberikan oleh petugas menjebak sehingga diarahkan untuk mengurus ke jalur belakang.
  • Petugas pelayanan tidak memiliki standar pelayanan seperti petugas di bank. Senyum Salam dan Sapa. Malah terkadang sebaliknya, petugasnya Sinis, Sadis dan Serem.
Artikel Terkait   #InfoSamsat Syarat dan Biaya Duplikat BPKB Hilang atau Rusak

Bagaimana dengan membayar pajak motor Nitip Jalur Belakang?

Kelebihan membayar pajak motor Nitip Jalur Belakang

  • Bisa dikatakan ini adalah nasabah prioritas, walaupun tidak semua. Si pengurus berkas akan senang hati mengurus berkas nasabah.
  • Wajib pajak cukup membawa berkas seperlunya, tidak perlu antri, tidak perlu capek2 pergi ke samsat dan bisa tetap bekerja seperti biasa.
  • Beberapa kasus, berkas bisa cepat selesai. Misal cetak STNK/Plat yang mungkin perlu 1 minggu, dengan jalur belakang/nitip bisa sehari selesai.
  • Lebih hemat waktu dan tenaga.

Kekurangan membayar pajak motor Nitip Jalur Belakang

  • Biaya yang serba tidak jelas
  • Rawan penggelapan. Karena melalui oknum, bisa saja berkas-berkasnya dipalsukan dan uangnya malah tidak disetor.
  • Waktu selesai yang tidak pasti. Walupun si pengurus bisa memperkirakan berapa lama pengurusan selesai, namun perkiraan itu bisa jadi molor dengan banyak alasan
  • Yang paling buruk adalah, pajak tidak dibayar, berkasnya juga hilang. Dalam hal ini nasabah/wajib pajak tidak bisa menuntut apa-apa karena memang dari awal sudah salah mengurus pajak kendaraan tidak melalui jalur resmi.
Artikel Terkait   #InfoSamsat Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor

Saran dan Kesimpulan Bayar Pajak Motor Sendiri atau Nitip Jalur Belakang

  • Jika berkas lengkap, baiknya mengurus / membayar pajak kendaraan sendiri. Sekarang layanan samsat ada banyak kok, samsat keliling, samsat corner, esamsat, samsat drive trough dll.
  • Jika terpaksa lewat jalur belakang, entah karena malas atau berkas tidak lengkap, maka pastikan orang yang mengurus tersebut bisa dipercaya, karena tidak ada jaminan berkas akan selesai.
  • Copy semua berkas sebelum diserahkan.
  • Hati2 jika menyerahkan BPKB Asli (Pengurusan balik nama, mutasi, dll yang mengharuskan menyertakan BPKB Asli)
  • Bila ternyata berkas tidak kunjung selesai atau bahkan berkasnya hilang, segera ke polres terdekat untuk membuat laporan.

Ingat ya sob, "Orang bijak bayar Zakat"

Advertisements
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

8 COMMENTS

  1. pak admin..punten kluarga saya punya motor vario plat T th 2010 Karawang pajak kosong 5th sekarang keberadaan motor ada di Kudus. yang mau saya tanyakan, berapakah biaya balik nama dan total keseluruhan pajak yang harus saya bayar, dan berapa biayanya kalau ngeblong (Kami tidak mendapatkan KTP pemilik pertama motor tersebut). Terima kasih

  2. Keluarga saya orang riau, baru beli mobil dijakarta dengan pajak 4 tahun mati dan status KTP pemilik dan STNK hilang, dan rencana mau cabut berkas n saya mutasikan keriau,
    Yg mau saya pertanyakan proses semua itu jika kita urus sendiri, bisa selesai kah dalam waktu 1 hari?

    • Nda bisa. Silahkan baca artikel mutasi. Admin sudah jelaskan termasuk estimasi waktunya.

    • Yang penting nomor mesinnya sama. Jika berbeda yg ngga bisa diurus. Nomor rangka dan nomor mesin sepaket dari pabrik, jika mau dirubah harus ada keterangan dari bengkel/dealer resminya.

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais