Pengantin Al Quran 'Arus al-Quran Nazhm ad-Duror - Untaian Permata

0
96
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Pengantin Al Quran 'Arus al-Quran Nazhm

Dalam al-Quran, ada satu surah yang dinamai Arus al-Quran (Pengantin al-Quran), yakni surah yang kelima puluh lima. Populer juga dengan nama ar-Rahman (Allah Penganugerah limpahan rahmat).

Sungguh indah dan anggun surah itu, bukan saja dari susunan kalimatnya yang mempesona, tetapi juga dari pesan-pesan bahkan kesan-kesan yang ditimbulkannya.
Agaknya tidak ada surah dalam al-Quran seindah itu.

Memang wajar ia dinamai Nazhm ad-Duror (Untaian Permata), karena 'Surah ini mengandung aneka hiasan dan pakaian indah, mutiara, permata, dan manikam, ...dialah pengantin sesungguhnya, dengan segala kenikmatan, keindahan, kebahagiaan, dan kesempurnaan.'

Surah itu diakhiri dengan melukiskan bidadari-bidadari yang baik lagi cantik, jelita, putih bersih, tekun berada di kediaman mereka, tidak pernah disentuh, kecuali oleh pasangan mereka, bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah. Sungguh Maha Agung Allah, Tuhan Pemilik Kabêsaran dan Pemberi anugerah. Demikian beberapa ayat terakhir, yang diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan menggugah.
Tahukah Ananda, apa inti pesan-pesan Pengantin al-Quran?

Pengantin Al Quran 'Arus al-Quran Nazhm

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.