Advertisements

#Falconry Jenis Alap – Alap di Indonesia

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Print Friendly, PDF & Email

Jenis Alap – Alap di Indonesia. Alap-alap juga biasa disebut dengan falcon yang merupakan jenis burung pemangsa (Bird Of Prey -BOP). Makanan utama alap-alap adalah hewan darat bertulang belakang yang berukuran 10 – 20 cm seperti tikus, hama, dan sebagainya.

Ciri fisiknya hampir sama dengan elang, namun lebih kecil dengan sayap lebih runcing.

Sampai tahun 90-an , burung ini merupakan burung yang dapat ditemui di pekarangan, sawah, pepohonan dan sekitar rumah anda. Namun sekarang sudah jarang dijumpai. Faktor utamanya adalah perburuan liar dan penjualan ke warga asing, dan sekarang ini sudah mulai banyak di adopt para pecinta BOP.

Burung alap – alap masuk kategori hewan yang dilindungi pada undang – undang, lampiran PP No.7 Tahun 1999 dan UU No.5 Tahun 1990 menyatakan :

1.Barangsiapa dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup; (Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));

  1. Barang siapa dengan sengaja menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati (Pasal 21 ayat (2) huruf b), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));
  2. Dengan sengaja memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia; (Pasal 21 ayat (2) huruf d), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));

Artikel Terkait   Mengenal Burung Pemangsa Bird of Prey - BOP

Burung alap-alap merupakan yang tercepat dari jenisnya (BOP) dibandingkan dengan elang maupun burung hantu. Sayapnya yang runcing dan tubuhnya lebih kecil. Burung alap-alap dijadikan inspirasi pembuatan pesawat tempur bernama “F-16 Fighting Falcon” buatan amerika.

Fungsi Burung Alap – Alap Falcon Untuk Manusia

Burung falcon memang sangat bermanfaat sekali bagi manusia, penglihatan yang sangat tajam, sangat lihai dalam menangkap hewan darat meski bersembunyi di bawah rerumputan.

Zaman dulu, burung ini biasa digunakan untuk berburu binatang untuk diambil kulit dan dagingnya.

Bagi manusia keberadaan hewan peliharaan burung alap – alap (Falcon) memang sangat bermanfaat, terutama pada sawah pertanian, burung alap-alap membantu menangkap bahkan membasmi hewan hama tikus di sawah, namun kekurangan burung ini adalah bayi ayam yang masih kecil juga menjadi santapannya.

Berikut ini jenis Alap – Alap di Indonesia

Advertisements

You may also like...

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

  Donasi untuk Santri  

Setiap rupiah yang sobat donasikan, sangat membantu mereka menimba ilmu

MADRASAH MUROTILIL QUR AN(MMQ) ARROHMAH
Saya ingin Menjadi Donatur
Wateskroyo, Besuki, Tulungagung Regency, East Java 66275

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!