Advertisements

Mengenal Burung Pemangsa Bird of Prey – BOP

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Print Friendly, PDF & Email
Mengenal Burung Pemangsa Bird Of Prey - BOP

Mengenal Burung Pemangsa Bird Of Prey – BOP

Mengenal Burung Pemangsa Bird of  Prey – BOP biasa dikenal juga dengan istilah raptor. BOP yang mencari makan dengan cara berburu, tentu saja dengan cara menyambar mangsa saat mereka terbang, dianugerahi dengan indra penglihatan yang sangat tajam.

Sampai sejauh mana seekor elang dapat melihat dengan jelas? ”Di bawah kondisi ideal, seekor elang emas (Aquila chrysaetos) dapat mendeteksi gerakan kecil seekor kelinci pada jarak lebih dari 2 kilometer,” jelas The Guinness Book of Animal Record. Yang lain-lain memperkirakan bahwa seekor elang dapat melihat bahkan lebih jauh lagi.

Informasi Umum Mengenal Burung Pemangsa Bird Of Prey – BOP

Cakar dan paruh burung jenis ini sangat kuat dan dicipta memang untuk mencengkram dan merobek daging. Dalam kebanyakan kasus, betina lebih besar daripada jantan. Istilah raptor berasal dari kata rapere (artinya merebut atau merebut paksa) dan mungkin merujuk secara informal kepada kepada semua burung pemangsa, atau khusus untuk kelompok diurnal. Karena gaya hidup predator mereka, seringkali mereka berada di singgasana pada rantai makanan.

Artikel Terkait   #Falconry Klasifikasi dan Spesies Alap-Alap

Banyak spesies burung dapat dianggap sebagian atau eksklusif dianggap predator, namun dalam ilmu burung, istilah “burung pemangsa” hanya berlaku pada untuk burung dari familia dibawah ini.

Variasi Bentuk - Mengenal Burung Pemangsa Bird Of Prey - BOP

Variasi Bentuk – Mengenal Burung Pemangsa Bird Of Prey – BOP

Berbeda dengan kakatua misalnya, burung pemangsa memiliki paruh yang digunakan untuk merobek daging, namun paruh dari paruh bengkok bersifat masif (padat dan kompak). Bagian atas dan bawah paruh dari burung paruh bengkok terlihat menyerupai alat catut. Selain itu pula, burung pemangsa nokturnal seperti burung hantu juga dilengkapi dengan pendengan yang baik.  Burung pemangsa umumnya memakan hewan bertulang belakang, yang biasanya relatif besar untuk ukuran seekor burung. Kebanyakan juga memakan bangkai seperti burung nazar dan kondor  yanag memakan bangkai sebagai sumber makanan utama mereka.

Burung camar dan bangau pun masuk kategori burung pemangsa. Mereka bisa makan ikan yang cukup besar, sebagian burung-burung ini menangkap dan membunuh mangsanya sepenuhnya dengan paruh mereka. Dan burung lain yang memakan binatang vertebrata (bertulang belakang).

Artikel Terkait   #Falconry Jenis Alap - Alap di Indonesia

Dengan menggunakan ciri-ciri dan prilaku mereka, spesies yang tercantum di bawah ini biasanya dikenal sebagai burung pemangsa dalam ilmu burung. Mereka dapat dibagi menjadi spesies yang berburu pada siang hari, pemangsa, dan menjadi spesies yang berburu sepanjang malam, seumpama burung hantu. Pemangsa lain dalam jenis burung lainnya dan burung hantu terkait jauh dan diklasifikasikan dalam perbedaan ordo

Advertisements

us jauhari

Pernah mukim di salah satu Penjara Suci Bumi Reog. Traveller, Backpacker, Mountaineer dan coretan-coretan Phone : 08214435xxxx mcretive always opening your mind

You may also like...

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!