Advertisements

#TrekkingTips Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Punya cerita atau tips pendakian? Itinerary, jalur pendakian dll, share di kolom komentar  ya sob. Sobat juga bisa join di sini
Print Friendly, PDF & Email

Persiapan Mendaki Gunung Kerinci Catatan berikut merupakan tulisan dari perjalanan #OpenTrekking Pendakian

Fhoto bersama sebelum kusut

Fhoto bersama sebelum kusut

Gunung Kerinci Danau Gunung Tujuh Mei 2016. Info ini bukan info baku, untuk keselamatan & keamanan selama perjalanan silahkan tanyakan ke pihat terkait, dalam hal ini Pengelola TNKS khususnya Pengelola kawasan G.Kerinci

I “We’ve done a lot of crazy and risky things during our travels and honestly I’d probably do most of them again without hesitation!” (Brian)
“Kerinci adalah anugrah Tuhan untuk Sumatera, dari sudut lain, dia (Kerinci) tegap berdiri gagah menyiutkan nyali setiap pendaki” (Anonim)
“Di kerinci nanti porternya tidak bisa bawa pikulan ya mas, hanya bisa bawa tas keril” – Sutriandi Katoh (Guide)
“Kalau gunung yg lain, hanya sampai lutut aja, kalo di kerinci mah udah sampai pantat, engsel & bautnya nya dah pada lepas” (Mamat)
“Puncak kesuksesan bukan seberapa tinggi engkau melihat ke atas, tp bagaimana engkau bisa melihat jauh ke bawah” (Unyil46)
Dan mungkin masih banyak lagi , kesan & pesan yg lucu, semangat, kagum, suka cita maupun – duka untuk mengenang pejuang-pejuang kerinci yg kehilangan nyawa ataupun hilang di Gunung kerinci.

DOKUMENTASI

Yang mesti sobat ketahui tentang kerinci

Yup guys, memang sangat tidak mudah untuk bisa menjejakkan kaki di atap sumatera, puncak indrapura kerinci 3805 mdpl yg merupakan Gunung Api tertinggi di Indonesia.

Biaya yg tidak sedikit, perjalanan ke basecamp yg cukup melelahkan & masih lagi betis & pundak para pendaki yg akan dimanjakan dg jalur-jalur bak lorong tikus, penuh dg akar pohon, rute yg sangat efisien, area hutan vegetasi yg lebat & mungkin sedikit lumpur saat hujan… ( ada yg protes,,, itu kalo digendong gan ) iya juga sih, lumpurnya sampai kemana-kemana kaya main prosotan.

Ngga nyesel deh pokoknya sampai puncak Indrapura Kerinci terus nangis, sujud syukur, guling-guling, narsis ria atau apalah, asal jangan nyemplung kawahnya. Setiap orang punya cara sendiri dalam mengekspresikan perasaan ini.

Sangat membahagiakan sekali adalah dimana saat turun & sampai di pintu rimba, (sambil dengerin soundtrack nya charriots of fire ya sob) di sambut dg teman2 yg sudah di sampai duluan, ucapan selamat, tepuk tangan walaupun entah sampai puncak atau nggak, perasaan lepas, bebas & haru biru.

Artikel Terkait   #TrekkingTips Persiapan Mendaki Gunung dari Segi Non Fisik

Suatu perasaan yg penulis agak susah menggambarkannya. Bisa menapak di Puncak Indrapura dg setiap tetes keringat, lalu turun sampai pintu rimba dg selamat tanpa harus kehilangan engsel & baut-baut anggota tubuh adalah sesuatu banget. Ya, Alhamdulillah & selamat telah menjadi Alumni Kerinci.

Pengen nyebur di Danau Gunung Tujuh???

Melepas lelah naik perahu di Danau Gunung Tujuh

Melepas lelah naik perahu di Danau Gunung Tujuh

 

Merasakan segarnya air di danau tertinggi di Asia Tenggara, dg kedalaman sampai 100M?? Gampang banget gais, lanjutin aja ke Gunung Tujuh. ” Jalurnya landai kok bang” Ujar porter yg menemani kami saat naik kerinci. Asli gais, jangan percaya!!! . Sumpah itu bohong & PHP di atas PHP.

Bener sih landai, tp pas jalur kebun-kebun aja, sekitar 400m, habis itu masik hutan, n welkam to jungle gais. Saksi hidup temen saya, bang Idin, harus dijemput saat perjalanan turun dari Danau Gunung Tujuh karena tak kunjung-kunjung sampai.

Dan lagi-lagi Congrat gais, telah menjadi Alumni Gunung Tujuh.

Masih mau lanjut??? Langsung aja tancap gas ke Danau Kaco, sangat pas dikunjungi pas malam hari yg menyajikan keindahan warnanya.
Pemecah rekor banget gais, 5d4n telah mendaki 8 gunung. Gunung Tujuh & Gunung Kerinci. Relaxs gais,,,,
Well, setelah kemarin berbagi tips mendaki gunung yg menjadi surganya para pendaki, gunung Rinjani, penulis dalam kesempatan ini mencoba merangkum tips & saran yg bisa dijadikan acuan bagi sobat-sobat pendaki gunung yg begitu kurang kerjaan, sebagai persiapan sebelum melakukan trip pendakian di gunung Kerinci & seputaran Kab. Kerinci.

Artikel Terkait   #TrekkingTips - Rincian Biaya Pendakian Gunung Sumbing

Siapkan kopi n catatan kecil ya sob,, atau di bookmark (ctrl+d) sapa tau kerinci masuk daftar tujuan pendakian sobat

Baca halaman Selanjutnya ya gais

Advertisements

us jauhari

Pernah mukim di salah satu Penjara Suci Bumi Reog. Traveller, Backpacker, Mountaineer dan coretan-coretan Phone : 08214435xxxx mcretive always opening your mind

You may also like...

1 Response

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!