#TrekkingTips Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

1
38
1
2
3
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Space Iklan – Hubungi admin
WA – 082144353639

Persiapan Mendaki Gunung Kerinci Catatan berikut merupakan tulisan dari perjalanan #OpenTrekking Pendakian Gunung Kerinci Danau Gunung Tujuh Mei 2016.

Info ini bukan info baku, untuk keselamatan & keamanan selama perjalanan silahkan tanyakan ke pihat terkait, dalam hal ini Pengelola TNKS khususnya Pengelola kawasan G.Kerinci

We’ve done a lot of crazy and risky things during our travels and honestly I’d probably do most of them again without hesitation!" (Brian)

"Kerinci adalah anugrah Tuhan untuk Sumatera, dari sudut lain, dia (Kerinci) tegap berdiri gagah menyiutkan nyali setiap pendaki" (Anonim)
"Di kerinci nanti porternya tidak bisa bawa pikulan ya mas, hanya bisa bawa tas keril" - Sutriandi Katoh (Guide)
"Kalau gunung yg lain, hanya sampai lutut aja, kalo di kerinci mah udah sampai pantat, engsel & bautnya nya dah pada lepas" (Mamat)
"Puncak kesuksesan bukan seberapa tinggi engkau melihat ke atas, tp bagaimana engkau bisa melihat jauh ke bawah" (Unyil46)
Dan mungkin masih banyak lagi , kesan & pesan yg lucu, semangat, kagum, suka cita maupun - duka untuk mengenang pejuang-pejuang kerinci yg kehilangan nyawa ataupun hilang di Gunung kerinci.

Fhoto bersama sebelum kusut
Fhoto bersama sebelum kusut

DOKUMENTASI

Artikel Terkait   #TrekkingTips Memilih Sepatu Gunung

Yang mesti sobat ketahui tentang kerinci

Yup guys, memang sangat tidak mudah untuk bisa menjejakkan kaki di atap sumatera, puncak indrapura kerinci 3805 mdpl yg merupakan Gunung Api tertinggi di Indonesia.

Biaya yg tidak sedikit, perjalanan ke basecamp yg cukup melelahkan & masih lagi betis & pundak para pendaki yg akan dimanjakan dg jalur-jalur bak lorong tikus, penuh dg akar pohon, rute yg sangat efisien, area hutan vegetasi yg lebat & mungkin sedikit lumpur saat hujan... ( ada yg protes,,, itu kalo digendong gan ) iya juga sih, lumpurnya sampai kemana-kemana kaya main prosotan.


Ngga nyesel deh pokoknya sampai puncak Indrapura Kerinci terus nangis, sujud syukur, guling-guling, narsis ria atau apalah, asal jangan nyemplung kawahnya. Setiap orang punya cara sendiri dalam mengekspresikan perasaan ini.

Sangat membahagiakan sekali adalah dimana saat turun & sampai di pintu rimba, (sambil dengerin soundtrack nya charriots of fire ya sob) di sambut dg teman2 yg sudah di sampai duluan, ucapan selamat, tepuk tangan walaupun entah sampai puncak atau nggak, perasaan lepas, bebas & haru biru.

Suatu perasaan yg penulis agak susah menggambarkannya. Bisa menapak di Puncak Indrapura dg setiap tetes keringat, lalu turun sampai pintu rimba dg selamat tanpa harus kehilangan engsel & baut-baut anggota tubuh adalah sesuatu banget. Ya, Alhamdulillah & selamat telah menjadi Alumni Kerinci.

Kembali ke daftar tips

Pengen nyebur di Danau Gunung Tujuh???

Melepas lelah naik perahu di Danau Gunung Tujuh
Melepas lelah naik perahu di Danau Gunung Tujuh

Merasakan segarnya air di danau tertinggi di Asia Tenggara, dg kedalaman sampai 100M?? Gampang banget gais, lanjutin aja ke Gunung Tujuh. " Jalurnya landai kok bang" Ujar porter yg menemani kami saat naik kerinci. Asli gais, jangan percaya!!! . Sumpah itu bohong & PHP di atas PHP.

Bener sih landai, tp pas jalur kebun-kebun aja, sekitar 400m, habis itu masik hutan, n welkam to jungle gais. Saksi hidup temen saya, bang Idin, harus dijemput saat perjalanan turun dari Danau Gunung Tujuh karena tak kunjung-kunjung sampai.

Artikel Terkait   #TrekkingTips Daftar Peralatan Wajib Naik Gunung

Dan lagi-lagi Congrat gais, telah menjadi Alumni Gunung Tujuh.

Masih mau lanjut??? Langsung aja tancap gas ke Danau Kaco, sangat pas dikunjungi pas malam hari yg menyajikan keindahan warnanya.
Pemecah rekor banget gais, 5d4n telah mendaki 8 gunung. Gunung Tujuh & Gunung Kerinci. Relaxs gais,,,,
Well, setelah kemarin berbagi tips mendaki gunung yg menjadi surganya para pendaki, gunung Rinjani, penulis dalam kesempatan ini mencoba merangkum tips & saran yg bisa dijadikan acuan bagi sobat-sobat pendaki gunung yg begitu kurang kerjaan, sebagai persiapan sebelum melakukan trip pendakian di gunung Kerinci & seputaran Kab. Kerinci.

Siapkan kopi n catatan kecil ya sob,, atau di bookmark (ctrl+d) sapa tau kerinci masuk daftar tujuan pendakian sobat.

Kembali ke daftar tips

Informasi Umum Seputar Kerinci - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

 Waktu yg pas untuk mendaki Gunung Kerinci - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

  • Butuh waktu setidaknya 3 hari untuk naik Kerinci, 1 hari di Danau Gunung Tujuh, 1 hari di Danau Kaco. Jika sobat bisa cepat, 2 hari naik kerinci, 1 hari di danau gunung tujuh, malamnya ke Danau Kaco. Untuk perjalanan PP hitung saja 2 hari
  • Kerinci tidak seramai Rinjani atau Semeru. Walapun merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia, tp jika dibanding Rinjani-Lombok, Kerinci masih kalah pamor. Memang sih, Lombok punya magnet-magnet wisata yg tidak dipunyai Jambi, khususnya Kerinci.
  • Usahakan memilih bulan & hari yg tepat. Kalaupun libur panjang, pilihlah datang/start lebih awal, karena lokasi campnya terbatas. Tidak banyak areal/lahan datar & terbuka di kerinci
  • Jika ingin menghindari hujan, bisa berkunjung saat benar-benar musim kemarau. Juli, agustus, september, oktober. tp sekarang musim juga tidak pasti. Untuk lebih pastinya bisa ditanyakan ke penyedia info kerinci
  • Hujan bisa jadi masalah utama saat naik, namun tetap menjadi beban saat turun, bisa jadi lebih berbahaya karena rentan terperosok, faktor kelelahan , energi yg semakin terkuras.
  • Selain menjadi masalah saat pendakian, hujan juga bisa menghambat perjalanan menuju Kab. Kerinci. Baik itu via jambi maupun padang, karena rawan longsor.
  • Mengenai info erupsi yg terjadi di Kerinci, menurut penduduk lokal adalah hal yg wajar , & memang biasa terjadi. Hanya saja kadang dilebih lebih kan oleh media nasional maupun media online
  • Kembali ke daftar tips
Artikel Terkait   #TrekkingTips Rincian biaya persiapan mendaki Gunung Rinjani

Akses & tranportasi ke Kerinci - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

View kerinci dan kebuh teh dari tugu macan kerinci
View kerinci dan kebuh teh dari tugu macan kerinci
  • Banyak yg mengira kalau kerinci itu masuk provinsi Sumatera Barat (Padang). Yg bener di Jambi ya sob. Wajar sih, lantaran banyak yg turun di Padang Waktu tempuh dari Padang ke Kerinci lebih singkat sehingga banyak wisatawan lebih memilih turun di Bandara Minangkabau-Padang kemudian lanjut ke Kersik Tuo via jalur darat sekitar 6-7 jam perjalanan . Catatan penulis dari padang jam 8 sampai kersik tuo sekitar jam 4. Sudah termasuk mampir beli logistik 45menit, istirahat makan 1,5 jam, macet sekitar 1 jam karena longsor.
  • Namun terkadang tiket pesawat dari/ke Padang jauh lebih mahal dibandingkan lewat Jambi , bahkan selisih sampai separoh, seperti yg penulis alami. Walhasil ketika pulang, penulis lebih memilih lewat jambi dg waktu tempuh lebih lama, sekitar 8-10 jam jika normal. Catatan penulis, berangkat dari kersik tuo jam 9 malam, macet 2 jam, sampai di Jambi sekitar jam 10 siang, hanya berhenti setengah jam untuk sarapan
  • Transportasi memakai jasa travel dg tarif 1jutaan/mobil apv, maks 7 penumpang. Tarif ke Padang maupun ke Jambi terpaut sedikit, 100ribuan, walaupun jarak & waktu tempuh lebih jauh.
  • Kembali ke daftar tips

Homestay & Camp sebelum pendakian Kerinci - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

  • Sobat bisa memilih menginap di homestay atau di basecamp. Saran penulis untuk yg punya pohon uang, sebaiknya memilih homestay, lebih comfort karena ada air hangatnya & lebih privasi tentunya.
  • Sebaiknya jauh-jauh hari sudah memesan homestay. Terutama jika pas musim liburan (long weekend). Setidaknya 1 bulan sebelumnya sudah reserved termasuk porter. Pengalaman sih, dapet porter tp masih newbie.
    Makan Bersama sebelum Trekking Kerinci - Persiapan mendaki gunung kerinci jambi
    Makan Bersama sebelum Trekking Kerinci - Persiapan mendaki gunung kerinci jambi
  • Namun jika sobat pengen yg bareng2 n lebih terasa kebersamaannya, bisa meminta bantuan guide/porter untuk mencarikan rumah/tempat yg bisa dijadikan untuk menginap sebelum pendakian. Tentunya yg ada MCK nya ya sob. Sebenarnya ini lebih ke "ngirit" sih 😀
  • Ada banyak guide/porter yg menyediakan free camp jika memakai jasa mereka, pengalaman penulis selama di kerinci (sekitar 6x makan) & menginap 2 mlm di camp ngga sampai 100rbu/org. Tentunya dg lauk ala adanya & springbed masing-masing. Tp Alhamdulillah temen-temen enjoy and nyaman. Mungkin sudah biasa nggembel kali.
  • Kembali ke daftar tips
Artikel Terkait   #TrekkingTips - Perlengkapan dan perbekalan penyebab sampah saat naik gunung

Perlengkapan & Peralatan yg harus dibawa untuk naik Kerinci - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

  • Bawalah peralatan & perlengkapan yg benar-benar diperlukan. Semakin lama, beban akan semakin terasa lebih berat & menyiksa, lebih-lebih saat hujan. Walupun tidak basah sepenuhnya, tetap akan membuat lebih berat.
  • Usahakan perlengkapan sobat yg ultralight . Rekan penulis lebih memilih membawa jas hujan plastik sekali pakai 2 buah, daripada 1 jas hujan namun berat. Yup, penulis sependapat dalam hal ini. Lebih ringan & tidak sayang kalaupun rusak karena tersangkut (akibat medan yg memang rawan merusak raincover maupun raincoat)
    Satu dari sekian banyak trek yang melelahkan - Persiapan mendaki gunung kerinci jambi
    Satu dari sekian banyak trek yang melelahkan - Persiapan mendaki gunung kerinci jambi
  • Bawa Matras yg bisa dilipat , bukan digulung. Lebih mudah saat melalui lorong sempit & rendah
    Sepatu boot (menutup mata kaki) yg benar-benar kuat & jika punya yg asli kulit.
  • Trekking pole tidak banyak membantu, malah di rute antara shelter 2 ke shelter 3, trekking pole akan menghambat perjalanan. Pilih trekking pole yg bisa dilipat/dipendekkan
  • Saya kurang tau persis cuaca di Kerinci, namun pas kesana, saya tidak merasakan dingin yg menggigit. Pakai sarung pun sudah nyaman. Namun baiknya tetap pakai SB.
  • Jika sobat biasa bawa keril yg lebar, gantilah dg keril yg langsing namun tidak juga tinggi.
  • Dg membawa keril yg tidak begitu besar, silahkan tentukan pilihan untuk next Point (pakai porter atau tidak)
  • Kembali ke daftar tips
Artikel Terkait   #TrekkingTips- Catatan Penting Pendakian Semeru Bromo Mei 2015

Pakai Porter, Guide atau tidak usah dua-duanya? - Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

  • Penulis rekomendasi banget pakai porter. Kalau guide sih optional ya. Tanggung jawabnya memang lebih berat di Guide sih.
  • Gunung Kerinci merupakan Gunung Api aktif. Erupsi bisa terjadi sewaktu-waktu . Pihak pemberi ijin masuk (TNKS) hanya menyarankan sampai shelter 2 saja itu pun tanpa asuransi. Dalam hal ini, guide lah yg menentukan bisa summit atau harus turun.
    Ok, bang. Saya ngga ikut2an
    Ok, bang. Saya ngga ikut2an
  • Sedangkan porter memang sangat membantu sekali , dg medan yg,,, hemmm. Mungkin bagi anak-anak SMA atau Kuliah, yg lagi super-supernya, medan kerinci bukanlah suatu masalah, namun bagi penulis pribadi yg telah melewati masa SMA bertahun-tahun yg lalu, jalur pendakian Kerinci adalah yg tersulit yg pernah penulis lalui.
  • Saat mendaki kerinci, sobat akan tau alasan kenapa porter di sana tidak ada yg memakai pikulan untuk membawa barang .
  • Silahkan sobat bandingkan, peta jalur pendakian Gunung Kerinci dg gunung-gunung yg lain. Dalam hal ini, sobat tidak akan menjumpai pembelokan jalur untuk memilih jalur yg landai (istilah jawanya mlipir) . Rutenya lurus ke atas mulai pintu rimba di 1002m, 1782m, 1802m, 2512m, 3072m, 3302m di shelter 3, shelter terakhir sebelum Tugu Yuda & Puncak Indrapura.
  • Penulis coba bandingkan dg Rinjani via Sembalun dari Pintu Rimba : 1156m, 1300m, 1500, 1800 & 2639 di plawangan sembalun.
  • Inilah mengapa di awal penulis sempat menyebut, rute kerinci sangat efisien. Langsung di hajar tanpa mlipir-mlipiran .
  • Pakai guide n porter biar dapet basecamp n makan lebih murah 😀 bisa dikatakan free
  • Kembali ke daftar tips

Halaman Selanjutnya -> Dimana membeli logistik di Kerinci?

Advertisements

1 COMMENT

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais