#InfoSamsat Apa itu PKB dan BBNKB apa saja yang dikenai PKB dan BBNKB?

6
26
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Apa itu PKB dan  BBNKB  apa saja yang dikenai PKB dan BBNKB?

Berdasar Pergub Kalimantan Tengah No. 13 Tahun 2012

1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

2.  BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)


Pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam badan usaha.

BBNKB dikenakan untuk jual beli kendaraan baru maupun kendaraan lama (ganti pemilik)

3. Kendaraan Bermotor

Yaitu semua kendaraan beroda beserta  gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi  untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan, termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang dalam operasinya menggunakan roda dan motor dan tidak melekat secara permanen serta kendaraan bermotor yang dioperasikan di air.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jambi

4. Kendaraan Bermotor Angkutan Umum.

Yaitu setiap kendaraan yang dipergunakan untuk mengangkut orang atau barang dengan dipungut bayaran dan memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum dan izin trayek atau izin tidak dalam trayek

Untuk lebih detail bisa dilihat Pergub Kalimantan Tengah No. 13 Tahun 2012.

Secara gampang ada 2 jenis pajak. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama (BBN).

BBN ada 2. BBN KB I (pembelian baru) dan BBN KB II (pembelian motor bekas)

Advertisements

6 COMMENTS

  1. Mohon ma'af pak/ibu, Apakah pemohon balik nama Ranmor roda 2 sekarang harus datang sendiri ke Polda Kalteng untuk mengurus berkas nya. padahal saya sudah menunggu 2 minggu terhitung dari tg. 11 okt 2017, pada hari ini tgl. 25 okt. 2017.
    setelah saya kembali lagi kantor samsat sampit, saya hanya di kasih berkas nya dan disuruh mengurus sendiri ke palangka raya. jadi disini yg saya kecewakan kenapa saya harus menunggu 2 minggu, padahal stnk 1 hari jadi. jadi kan kalo mengurus berkas sendiri berangkat ke palangka raya nya bisa dari kemarin2. gk mungkin sampai 2 minggu menunggu berkas saya. apakah ada peraturan baru? mohon Solusi nya pak/ibu.

    • @Arief. Perubahan BPKB karena jual beli dilakukan di Polda provinsi setempat. Bisa diwakilkan dengan surat kuasa atau dilakukan sendiri. Tidak ada yang berubah. Prosedurnya, setelah bpkb terbit baru bisa didaftarkan di samsat untuk bayar pajak dan cetak stnk. Tidak semua petugas mau menjelaskan setiap proses pelayanan, jadi saran admin, setiap pengurusan berkas, pastikan bertanya secara detail ke petugas, syarat, proses, biaya dan jangka waktu.
      Semoga membantu

    • mohon ma'af pak, jika tidak ada perubahan prosedur. sebelum nya ini, keluarga saya(bapaksaya) pernah melakukan Balik nama. dan tidak pernah sampai berangkat ke palangkaraya. apakah Itu menggunakan surat kuasa?. jika bisa menggunakan surat kuasa, memberi hak penuh kepada petugas di samsat sampit itu? dan apakah itu ada biaya lain lagi?
      terima kasih sudah me-reply comment saya 🙏🙏

    • @arief. Bisa menggunakan surat kuasa bermaterai dengan menyertakan bpkb stnk ktp Masing2 asli dan copy.
      Sebagai catatan, jika dikuasakan kepada petugas samsat, biasanya PROSESNYA tidak resmi.
      Proses yg resmi harus lewat antrian loket depan, isi formulir dll. Sedangkan petugas samsat biasanya langsung dan tidak pakai surat kuasa. Bisa dikatakan sama saja lewat calo, biayanya pun juga pasti lebih mahal.
      Berbeda jika dikuasakan ke teman/orang lain, kemudian orang tersebut melalui proses resmi lewat antrian depan.
      Biaya balik nama bisa dicek di artikel balik nama.
      Semoga membantu

    • oh iya pak/bu.., apakah ranmor yg ingin di BBN, harus di bawa ke Polda ?
      Terima Kasih Samsatku. telah Membuat website resmi.. 😁😁😉

    • Ranmor dibawa hanya untuk cek fisik, bisa di samsat asal atau cek fisik bantuan. Silahkan baca di halaman cek fisik bantuan. Hasil cek fisik dibawa ke Polda.
      Website ini bukan website resmi.
      Semoga membantu

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais