#InfoSamsat Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli?

0
55
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Pertanyaan ini paling sering ditanyakan, karena memang menjadi polemik sekaligus sebuah ironi.

Dasar Hukum harus menunjukkan KTP asli saat membayar pajak

Bisa sobat baca di perkap No. 5 Tahun 2012 pasal 79. Ayat 1.b.2 disebutkan: untuk perorangan, terdiri atas Kartu Tanda Penduduk dan surat kuasa bermeterai cukup bagi yang diwakilkan oleh orang lain;

Ingat ya sob, Kartu Tanda Penduduk, bukan fhotocopy Kartu Tanda Penduduk. Jadi harus menunjukkan KTP asli, sedangkan copynya nanti di simpan oleh samsat untuk berkas.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Lampung / Samsat Lampung

Dan kalaupun diwakilkan, misal KTP si A yang bayar pajak si B, maka tetap diperlukan KTP si A yang asli beserta surat kuasa bermaterai dari si A ke si B

Mengapa Identitas Pemilik Kendaraan berbeda dengan (BPKB/STNK)?

Ada dua penyebabnya:


  1. Pembelian kendaraan baru, tapi identitas yang dipakai palsu.
  2. Kendaran lama hasil lelang, jual beli, hibah, warisan dll.

Dalam perkap no. 5 tahun 2012 disebutkan syarat penerbitan BPKB baru yaitu pasal 44 ayat 1 : untuk perorangan, terdiri atas Kartu Tanda Penduduk dan surat kuasa bermeterai cukup bagi yang diwakilkan oleh orang lain;

bunyinya sama, namun dalam praktiknya sangat jauh berbeda. Dalam praktiknya, pada saat membeli kendaraan baru, untuk menerbitkan BPKB baru, syarat yang dibutuhkan biasanya hanya copy KTP, tanpa harus membawa lebih2 menunjukkan KTP Asli calon pemilik kendaran baru. Hal ini mungkin karena yang ngurus BPKB baru adalah orang dealer. Mungkin akan berbeda bila, si pembeli membelinya Off the Road (BPKB, STNK, BBNK, PKB dll ngurus sendiri)

Artikel Terkait   #InfoSamsat Biaya dan Prosedur Mutasi Kendaraan

Ini adalah sumber dari banyak masalah yang akan timbul ditahun-tahun selanjutnya, baik itu bagi si pemilik kendaraan, maupun juga instansi terkait (Badan Pendapatan Daerah)

Pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan baru di kota/kabupaten yang berbeda dengan alamat KTPnya akan merasakan kesulitan setahun kemudian, pada saat ingin membayar pajak kendaran bermotor, pemilik kendaraan pun harus menerima kenyataan pahit bahwa dia tidak bisa membayar pajak kendaraan lantaran tidak bisa menunjukkan KTP asli sesuai STNK. Hal ini karena saat membeli kendaraan, copy KTP yang dipakai untuk membuat BPKB baru adalah hasil editan.

Celakanya lagi orang dealer jarang atau mungkin tidak pernah membahas hal ini, kecuali jika ditanyakan oleh pembeli calon pemilik kendaraan. Mungkin praktik pemalsuan copy KTP untuk kendaraan baru masih banyak terjadi di hampir seluruh Indonesia. Dengan sedikit skill sotoshop, KTP copy palsu pun bisa dibuat. Biasanya yang di edit hanya namanya saja, alamat dll jarang dirubah.

Sebaliknya si pembeli memang mungkin karena tidak tau, atau mungkin saking kebelet pengen punya kendaraan baru, tidak menanyakan masalah ini. Pembeli biasanya hanya terima jadi saja, BPKB, STNK dan kendaraan baru.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jambi

Misal si Paijo KTP nya Surabaya, bekerja dan tinggal di Medan, tapi enggan ganti KTP, lalu ingin membeli kendaraan di Medan dengan KTP Surabaya, mau pakai KTP Medan tidak ada yang bisa dipinjam. Secara aturan si Paijo tidak bisa memiliki kendaraan plat Medan lantaran KTP nya Surabaya. Namun dibantu oleh orang dealer dan akhirnya bisa membeli kendaraan plat Medan dengan KTP Medan entah punya siapa.

Dalam kasus ini (pembelian kendaran baru dengan menggunakan KTP copy editan), pada saat pembelian tidak ada yang dirugikan, Dealer dapet untung, Polisi dapat PNBP (BPKB, STNK dan PLAT), Badan Pendapatan dapat BBNKB dan PKB, Jasa Raharja dapat SWDKLLJ dan pembeli dapat kendaraan dan surat2nya.

Siapa yang rugi jika tidak memiliki KTP asli sesuai BPKB/STNK?

Namun setahun kemudian, baru ada beberapa pihak yang dirugikan. Yang paling rugi adalah si pemilik kendaran karena saat ingin membayar pajak kendaraan bermotor langsung ditolak oleh petugas karena tidak bisa menunjukan KTP asli sesuai yang tertera di STNK, walaupun namanya sama tapi tentu saja alamatnya berbeda, karena hasil editan.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Yang dirugikan selanjutnya adalah Badan Keuangan. Pendapatan daerah pasti menurun karena banyak pemilik kendaraan yang tidak bisa membayar pajak, ini belum ditambah wajib pajak yang enggan untuk membayar pajak.

Polisi dan Jasa Raharja tidak dirugikan dalam hal ini, karena memang bukan untuk mencari pendapatan, berbeda dengan Badan pendapatan yang memang harus mencari pendapatan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor untuk pembangunan daerah setempat.

Bagaimana cara membayar pajak tanpa KTP asli ?

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Lebih ironi lagi, dalam praktik di samsat, masih banyak yang bisa membayar pajak kendaraan bermotor tanpa KTP jika  lewat calo/nitip/orang dalam/biro jasa dll. Lalu bagaimana ini bisa terjadi?

Lalu bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Jika sobat memiliki kendaran yang identitas  BPKB/STNK nya berbeda dengan KTP sobat, maka ada 2 pilihan

  • Balik nama sesuai KTP sobat sendiri, tentunya jika masih 1 kota/kabupaten. Jika beda kota/kabupaten harus mutasi.
  • Jika tidak ingin balik nama/mutasi, ya harus ewat calo/nitip/orang dalam/biro jasa. Biayanya ya pasti lebih mahal karena banyak pungutan2.

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Ya tentu bisa,, Indonesia gitu

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Sumatera Barat

Bagaimana,, sudah faham kan. Selamat datang di Indonesia Sob 😀

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais