#InfoSamsat Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli?

48
25598
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Pertanyaan ini paling sering ditanyakan, karena memang menjadi polemik sekaligus sebuah ironi.

Di satu sisi Pemerintah Provinsi ingin supaya PAD meningkat salah satunya dari Pajak Kendaraan, namun di sisi lain Dirlantas Polri memberlakukan persyaratan berupa KTP yang sering dianggap mempersulit masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bahkan ada beberapa samsat yang mewajibkan KTP elektronik untuk mendukung program Pemerintah dalam mengatasi banyakny NIK ganda (1 orang tapi memiliki banyak KTP)

Dasar Hukum harus menunjukkan KTP asli saat membayar pajak

Yang bertugas menvalidasi pendaftaran di samsat adalah polisi, termasuk mengecek kelengkapan berkasnya, salah satunya identitas diri berupa KTPDasar hukumnya Bisa sobat baca di perkap No. 5 Tahun 2012 pasal 79. Ayat 1.b.2 disebutkan: untuk perorangan, terdiri atas Kartu Tanda Penduduk dan surat kuasa bermeterai cukup bagi yang diwakilkan oleh orang lain;

Artikel Terkait   #InfoSamsat Bayar Pajak Motor Sendiri atau Nitip Jalur Belakang?

Ingat ya sob, Kartu Tanda Penduduk, bukan fhotocopy Kartu Tanda Penduduk. Jadi harus menunjukkan KTP asli, sedangkan copynya nanti di simpan oleh samsat untuk berkas.

Dan kalaupun diwakilkan, misal KTP si A yang bayar pajak si B, maka tetap diperlukan KTP si A yang asli beserta surat kuasa bermaterai dari si A ke si B

Kembali ke daftar isi 

Mengapa Identitas Pemilik Kendaraan berbeda dengan (BPKB/STNK)?

Ada dua penyebabnya:

  1. Pembelian kendaraan baru, tapi identitas yang dipakai palsu.
  2. Kendaran lama hasil lelang, jual beli, hibah, warisan dll.

Dalam perkap no. 5 tahun 2012 disebutkan syarat penerbitan BPKB baru yaitu pasal 44 ayat 1 : untuk perorangan, terdiri atas Kartu Tanda Penduduk dan surat kuasa bermeterai cukup bagi yang diwakilkan oleh orang lain;

bunyinya sama, namun dalam praktiknya sangat jauh berbeda. Dalam praktiknya, pada saat membeli kendaraan baru, untuk menerbitkan BPKB baru, syarat yang dibutuhkan biasanya hanya copy KTP, tanpa harus membawa lebih2 menunjukkan KTP Asli calon pemilik kendaran baru. Hal ini mungkin karena yang ngurus BPKB baru adalah orang dealer. Mungkin akan berbeda bila, si pembeli membelinya Off the Road (BPKB, STNK, BBNK, PKB dll ngurus sendiri)

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Lampung / Samsat Lampung

Ini adalah sumber dari banyak masalah yang akan timbul ditahun-tahun selanjutnya, baik itu bagi si pemilik kendaraan, maupun juga instansi terkait (Badan Pendapatan Daerah)

Pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan baru di kota/kabupaten yang berbeda dengan alamat KTPnya akan merasakan kesulitan setahun kemudian, pada saat ingin membayar pajak kendaran bermotor, pemilik kendaraan pun harus menerima kenyataan pahit bahwa dia tidak bisa membayar pajak kendaraan lantaran tidak bisa menunjukkan KTP asli sesuai STNK. Hal ini karena saat membeli kendaraan, copy KTP yang dipakai untuk membuat BPKB baru adalah hasil editan.

Celakanya lagi orang dealer jarang atau mungkin tidak pernah membahas hal ini, kecuali jika ditanyakan oleh pembeli calon pemilik kendaraan. Mungkin praktik pemalsuan copy KTP untuk kendaraan baru masih banyak terjadi di hampir seluruh Indonesia. Dengan sedikit skill sotoshop, KTP copy palsu pun bisa dibuat. Biasanya yang di edit hanya namanya saja, alamat dll jarang dirubah.

Sebaliknya si pembeli memang mungkin karena tidak tau, atau mungkin saking kebelet pengen punya kendaraan baru, tidak menanyakan masalah ini. Pembeli biasanya hanya terima jadi saja, BPKB, STNK dan kendaraan baru.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Riau / Samsat Riau

Misal si Paijo KTP nya Surabaya, bekerja dan tinggal di Medan, tapi enggan ganti KTP, lalu ingin membeli kendaraan di Medan dengan KTP Surabaya, mau pakai KTP Medan tidak ada yang bisa dipinjam. Secara aturan si Paijo tidak bisa memiliki kendaraan plat Medan lantaran KTP nya Surabaya. Namun dibantu oleh orang dealer dan akhirnya bisa membeli kendaraan plat Medan dengan KTP Medan entah punya siapa.

Dalam kasus ini (pembelian kendaran baru dengan menggunakan KTP copy editan), pada saat pembelian tidak ada yang dirugikan, Dealer dapet untung, Polisi dapat PNBP (BPKB, STNK dan PLAT), Badan Pendapatan dapat BBNKB dan PKB, Jasa Raharja dapat SWDKLLJ dan pembeli dapat kendaraan dan surat2nya.

Kembali ke daftar isi 

Siapa yang rugi jika tidak memiliki KTP asli sesuai BPKB/STNK?

Namun setahun kemudian, baru ada beberapa pihak yang dirugikan. Yang paling rugi adalah si pemilik kendaran karena saat ingin membayar pajak kendaraan bermotor langsung ditolak oleh petugas karena tidak bisa menunjukan KTP asli sesuai yang tertera di STNK, walaupun namanya sama tapi tentu saja alamatnya berbeda, karena hasil editan.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor YOGYAKARTA

Yang dirugikan selanjutnya adalah Badan Keuangan. Pendapatan daerah pasti menurun karena banyak pemilik kendaraan yang tidak bisa membayar pajak, ini belum ditambah wajib pajak yang enggan untuk membayar pajak.

Polisi dan Jasa Raharja tidak dirugikan dalam hal ini, karena memang bukan untuk mencari pendapatan, berbeda dengan Badan pendapatan yang memang harus mencari pendapatan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor untuk pembangunan daerah setempat.

Kembali ke daftar isi 

Bagaimana cara membayar pajak tanpa KTP asli ?

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Lebih ironi lagi, dalam praktik di samsat, masih banyak yang bisa membayar pajak kendaraan bermotor tanpa KTP jika  lewat calo/nitip/orang dalam/biro jasa dll. Lalu bagaimana ini bisa terjadi?

Lalu bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Jika sobat memiliki kendaran yang identitas  BPKB/STNK nya berbeda dengan KTP sobat, maka ada 2 pilihan

  • Balik nama sesuai KTP sobat sendiri, tentunya jika masih 1 kota/kabupaten. Jika beda kota/kabupaten harus mutasi.
  • Jika tidak ingin balik nama/mutasi, ya harus ewat calo/nitip/orang dalam/biro jasa. Biayanya ya pasti lebih mahal karena banyak pungutan2.

Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? Ya tentu bisa,, Indonesia gitu

Artikel Terkait   #InfoBPKB - Layanan BPKB - Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor

Bagaimana,, sudah faham kan. Selamat datang di Indonesia Sob 😀

Advertisements

48 COMMENTS

  1. Min mau tanya saya mau bayar pajak tapi saya lagi di jakarta min. Cuti di perbolehkan hanya 3 bulan sekali. Sementara ahir juli ini harus bayar pajak. Gimana ya min apa bisa menggunakan KK asli . Kalo KK ada di rumah. Kan di situ juga ada no ktp saya

    • @wulan. Aturan dari polisi harus KTP, tidak bisa diganti dengan yg lain. Bayar saja pakai calo. Bukan menganjurkan praktik percaloan, tapi jika sekiranya ktp memang tidak ada dari pada denda mending bayar lewat calo.

  2. Malem min saya mau nanya, kan saya beli motor bekas, nah saya mau bbn, tp kan saya belum dapet BPKB nya, soalnya saya nyicil ke leasing, bkpb nya masih di tahan di leasing nya, jd gimana ya solusi nya min? Terimakasih

    • @Faishal balik nama ya harus ada BPKB, datanya kan dirubah, kalau ngga ada lalu apa yang mau dirubah? Solusinya bagaimana? Silahkan konsultansi dengan pihak bersangkutan yang membawa BPKB. Intinya BPKB asli harus ada.

  3. Min, kalau kk dan ktp di ganti karna ada pemekaran daerah, alamat tetap, cuma rt rw dan kelurahan berbeda dari yg di stnk, bpkb dan sim, apa berpengaruh juga dalam pembayaran pajak?

    • @Fitri. Tergantung petugasnya, aturannya sih untuk bayar pajak harus sesuai antara ktp dan stnk. Jika beda tapi masih dalam 1 kab/kota, tinggal rubah bpkb saja di Polda , sesuaikan dengan alamat terbaru. Perubahan bpkb gratis, cetak stnk bayar sesuai PNBP, pajak bila sudah bayar ya ngga perlu bayar pajak lagi.

  4. Mau nnya klo mau perpanjang stnk tanpa ktp bsa gk y..?soal ny ktp elektrik ny blm jdi sedangkn resi nya jga gk ada ..klo pke sim bsa gk y

    • @Arul. Tidak bisa pakai sim. Harus pakai ktp atau ktp sementara dari disdukcapil

  5. Motor saya mau perpanjangan plat nomer , sama dengan yg diatas saya perantauan di surabaya , saya mau coba urus sendiri g pakai ktp sesuai nama du stnk, kalau g bisa ya udah g usah bayar pajak , bukan salah saya juga

  6. Min mau nanya.. saya asli ktp jawa tp mrntau d jakarta. Saya kan beli motor second di jakarta. Pemilik ktp stnk kn orang jakarta. Nah saya mau bayar pajak ni tp ga ada ktp asli tu orang yang jual. Gimana min sarannya selain saya harus pinjem ktp asli. Mkasih.

    • @ipul. 1. Balik nama dengan ktp Jakarta entah pinjam ktp temen/saudara. Yg penting ktp jakarta.
      2. Mutasi sekaligus balik nama ke Jawa sesuai ktp sendiri. Cabut berkas dari Jakarta lalu dibawa ke Jawa sesuai ktp.
      3. Bayar lewat calo/biro jasa.

  7. Sore min, seharusnya pembayaran pajak itu hrs dipermudah. Soalnya kita kl ga bayar pajak salah, sedangkan mau bayar pajak dipersulit dgn alasan tdk sesuai dgn nama yg tertera di STNK. Padahal bukti pembelian kendaraan ada, aneh kan...???

  8. MAU mUTASI DARI Jawa Tengah ke DIY...telat pajak 5 tahun karena mau bayar nggak ada KTP...karena dulu belinya pakai ktp sementara...mohon pencerahan...

    • KTP harus sesuai dengan STNK, jika beda nama atau alamat tidak bisa bayar pajak. Solusinya cuma 2, (1) balik nama sesuai KTP sendiri , (2) bayar lewat calo.

  9. ini sebenarnya harus dirubah peraturan aja, kalau cuma bayar pajak doank gak perlu pakai ktp asli, cukup stnk asli dan bpkb asli, itu sudah cukup membuktikan kepemilikan hak atas kendaraan tersebut, saya heran sangat merepotkan sekali kalau untuk membayar pajak ini.

    • Yup benar. Hanya untuk pajak kendaraan bermotor. Banyak faktor sih, tapi intinya persyaratan tersebut berdasarkan peraturan Kapolri. Jika samsat hanya Badan Pendapatan dan Jasa Raharja mungkin syaratnya ngga ribet

  10. KTP asli belum keluar, adanya surat bukti perekaman kartu tanda penduduk elektronik dari kantor lurah jakarta utara. Suket tsb tidak bisa digunakan untuk perpanjang stnk mobil, harus ktp e. Kalau nunggu ektp keluar, bayar pajak stnk akan terlambat dan dikenakan denda 2%.
    It doesn't make sense at all!, only in indonesia.
    Can anybody understand this?, it is embarrassing most of the time to be a citizen of this country, which is famously known wide world as malaria corruption country.
    Kalau mendengar kritik seperti ini jangan malah marah (which is a typical indonesian mentality), but fix it... do something about it instead!
    Make things simpler, not complicated. Make things understandable, not the other way around by using ridiculous idiotic explanation.
    Oh yeah... one more thing, it cost rp. 950000 to "nembak", WHAT A SURPRISE!
    Again... only in indo guys...

    • Welcome to Indonesia. KTP asli bisa diganti dengan KTP sementara dari dukcapil kecamatan, bukan dari kelurahan.
      Ada banyak petugas yang kompeten dan berdedikasi dengan jabatannya, tapi tidak sedikit juga yang menyalah gunakan wewenangnya.
      Persyaratan pembayaran pajak kendaraan adalah wewenang Polisi. Jika dengan ktp sementara masih ditolak juga, silahkan bicarakan dengan Kepala UPT PPD (kepala samsat, biasanya dari badan/dinas pendapatan provinsi).

  11. Saya masih agak bingung , krn beli mobil di Bandung , D1714JO A/N INDRIANY TARMADJA GG PABAKINO 43 BAnDUNG Bandung Kidul semntara saya si pembeli tinggal di Tangerang poris plawad , mohon di bantu , utk taat pajak 1tahunannya! By Rojalie

    • Jangan bingung mas. Bayar pajak harus ada ktp asli sesuai dengan bpkb/stnk. Jika tidak ada, harus balik nama sesuai ktp sendiri. Balik nama beda kota (misal plat Bandung, tapi ktp Tangerang), maka harus mutasi dari Bandung ke Tangerang. Silahkan baca artikel mutasi dan balik nama.
      Sudah admin jelaskan.

  12. min saya mahasiswa perantauan dari kaltim kuliah di banjarmasin,kalsel. saya membeli sepeda motor second, kalau untuk balik nama apa bisa dilakukan langsung di samsat banjarmasin? atau harus pergi ke samsat di kaltim daerah asal saya?? mohon penjelasannya!!

  13. min saya mahasiswa perantauan dari kaltim kuliah di banjarmasin,kalsel. saya membeli sepeda motor second, kalau untuk balik nama apa bisa dilakukan langsung di samsat banjarmasin? atau harus pergi ke samsat di kaltim daerah asal saya?? mohon pencerahannya!!!!

  14. Mau tanya, saya beli kendaraan second, dari showroom waktu itu ga dikasih ktp yg punyanya min, saya mau bayar pajak+ balik nama bisa ga min?

  15. Saya kebingungan . Mau bayar pajak tapi ktp atas nama orang lain dimotor tersebut. Sedang keluar kota dalam waktu yg lama. Jadi bisakah dibantu saya untuk membayar pajak agar bisa aktif lagi. Mau balik nama/ mutasi belum banyak dana. Mohon infonya.

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.