#InfoMadu Fakta Unik Lebah Madu

0
11
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Fakta Unik Lebah Madu. Lebah madu merupakan serangga yang unik dan sangat bermanfaat bagi manusia. Sangat banyak fakta menarik mengenai lebah madu.

Fakta Unik Lebah Madu - Satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan
Fakta Unik Lebah Madu - Satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan

Koloni lebah madu memiliki anggota masyarakat yang sangat terorganisir. Mereka bekerja sama dengan cara yang rumit (bagi manusia). Hasil produk lebah madu yang berupa madu adalah satu-satunya makanan yang tidak ada masa kadaluarsanya, tidak akan rusak dan basi (selama saat memanen dan menyimpannya dilakukan dengan cara yang benar). Lebah madu tidak sembarangan dalam mencari bahan makanan (nektar). Dengan otak kecilnya, lebah madu adalah insinyur dalam membangun sarang, mendesain wadah madu. Tak heran mengapa terkadang koloni ini disebut superorganisme.

Berikut ini admin rangkum beberapa fakta unik lebah madu.

  • Madu adalah makanan lebah madu. Satu-satunya alasan kenapa lebah madu menghasilkan madu adalah, karena makanan lebah madu adalah madu itu sendiri.
  • Satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan untuk manusia. Diantara ratusan atau mungkin ribuan serangga, lebah madu adalah satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan bagi manusia. Ada banyak serangga yang bisa dimakan seperti jangkrik, belalang kepongpong dll, tapi yang menghasilkan makanan bagi manusia hanyalah lebah madu
  • Lebah madu berkomunikasi dengan cara menari. Untuk menyampaikan informasi tentang sumber makanan, lebah madu menggunakan bahasa tubuh berupa tarian. Walaupun mungkin lebah madu punya cara komunikasi yang lain, tapi penelitian saat ini menunjukan bahwa berdansa adalah bentuk komunikasi lebah madu.
  • Berapa madu yang dihasilkan oleh seekor labah madu? Rata-rata lebah madu pekerja hanya menghasilkan sekitar 1/12 sendok teh madu seumur hidupnya. Semoga fakta ini membuat sobat semakin mencintai setiap tetes madu. Jangan membuang makanan, karena prosesnya sangat lama dan susah.
    Fakta Unik Lebah Madu - Menghasilkan hanya 1/12 sendoh teh madu seumur hidupnya
    Fakta Unik Lebah Madu - Menghasilkan hanya 1/12 sendoh teh madu seumur hidupnya
  • Dengungan lebah khas dan berbeda. Lebah mengepak sayapnya sekitar 200 kepakan per detik. Itulah kenapa suaranya mendengung lebah sangat khas. Orang langsung bisa mengetahui lebah hanya dari suara kepakan sayapnya.
  • Seekor lebah madu bisa terbang hingga 45km/jam
  • Berapa jauh, jarak yang harus ditempu lebah untuk mengumpulkan madu? Jika dijumlahkan, lebah madu pekerja akan terbang 90.000 mil, setara dengan tiga orbit di sekitar bumi untuk mengumpulkan 1 kg madu.
  • Berapa banyak bunga yang dihisap oleh madu setiap harinya? Bukan setiap hari, tapi setiap mencari nektar, lebah madu akan mendatangi 50 - 100 bunga. Setelah nektarnya cukup, lebah madu kembali ke sarang, lalu terbang lagi mencari nektar dan mendatangi 50-100 bunga.
  • Seberapa besar otak lebah? Otak lebah berbentuk oval dan hanya seukuran biji wijen ( iflscience.com ), namun memiliki kapasitas yang luar biasa untuk belajar dan mengingat sesuatu dan mampu membuat perhitungan yang rumit mengenai jarak tempuh dan efisiensi makan. Sebelum terbang mencari nektar, lebah akan menghitung berapa jauh / lama perjalanan, berapa kebutuhan energi untuk terbang, perkiraan jumlah nektar yang di dapat dll.
  • Lebah madu memiliki 170 reseptor odorant. Sebagai perbandingan, lalat hanya memiliki 62 reseptor odorant sedangkan nyamuk hanya memiliki 79 reseptor odorant. Kemampuan penciuman lebah madu sangat luar biasa termasuk sinyal untuk mengenali sesama koloni lebah, komunikasi sosial dalam sarang dan pengenalan bau makanan berupa nektar. Indera penciuman lebah madu sangat kuat dan tepat sehingga bisa membedakan ratusan varietas bunga yang berbeda dan bisa menyimpulkan apakah bunga memiliki nektar dari jarak yang jauh.
  • Tahukah sobat, berapa jumlah koloni dalam setiap sarang lebah? Koloni lebah terdiri dari sekitar 20.000 s.d 60.000 lebah madu dan 1 lebah ratu. Lebah madu pekerja adalah betina dan hidup sekitar 6 bulan. Semasa hidupnya hanya didedikasikan untuk bekerja untuk koloni.
  • Berapa lama umur Ratu lebah ? Ratu lebah bisa hidup sampai 5 tahun, tugasnya adalah memastikan keberlangsungan generasi koloni lebah, mengisi sarang dengan telur. Ratu lebah mampu menghasilkan hingga 2.500 butir telur per hari.
  • Menentukan jenis kelamin. Ratu Lebah mampu mengontrol jenis kelamin setiap telur yang akan menetas. Fakta unik lebah yang satu ini sangat menarik, jika dia menggunakan sperma yang tersimpan untuk membuahi sel telur, larva yang menetas adalah betina. Jika telur dibiarkan tidak dibuahi, larva yang menetas adalah jantan. Dengan kata lain, lebah betina mewarisi gen dari ibu dan ayah mereka sementara lebah laki-laki hanya mewarisi gen dari ibu mereka.
  • Lebah madu jantan (juga disebut drone), tidak memiliki stinger/sengat dan tidak melakukan pekerjaan sama sekali. Yang mereka lakukan hanyalah kawin. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa , sebenarnya, sebelum musim dingin atau saat makanan terjadi kelangkaan sumber makanan, lebah betina biasanya memaksa pria yang masih bertahan keluar dari sarangnya.
  • Setiap koloni lebah madu memiliki bau yang unik dan khas untuk identifikasi anggota. Itulah kenapa setiap madu berbeda-beda aromanya, ada yang pekat sehingga mudah dikenali. Namun ada yang sangat samar sehingga hidung manusia tidak bisa membedakan.
  • Hanya lebah madu pekerja yang menyengat (betina), termasuk sang ratu lebah. Lebah madu akan mati setelah menyengat karena sengatnya tertinggal.
  • Sarang lebah dibuat dari lilin yang berasal dari madu yang mereka konsumsi. Untuk menghasilkan 1 pon lilin, diperlukan 6-8 madu.
Artikel Terkait   #MaduKlanceng Mengenal Lebah Madu Klanceng Trigona

Masih banyak fakta - fakta lain tentang lebah madu. Tentunya setelah membaca fakta unik lebah madu, pastinya sobat lebih menghargai kerja keras lebah membuat madu. Bagaimana seekor lebah kecil yang berperang penting dalam keberlangsungan keseimbangan alam.

 

 

 

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais