#TrekkingTips Memilih Sepatu Gunung

0
1384
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Memilih Sepatu Gunung. Pada dasarnya ada 2 jenis sepatu untuk naik gunung (hiking). Sepatu gunung jenis boots (menutup mata kaki) dan sepatu gunung biasa yang tidak menutup mata kaki. Penulis akan membagi tips memilih sepatu untuk naik gunung model boots, yang bisa dijadikan referensi sebelum sobat memutuskan untuk membeli sepatu boots untuk mendaki.

Memilih Sepatu Naik Gunung
Memilih Sepatu Naik Gunung

 

Interview

Sepatu merupakan penting dari peralatan wajib naik gunung. Sepatu yang nyaman adalah yang sesuai dengan kaki sobat dan merupakan salah satu faktor perjalanan pendakian sobat semakin nyaman dan aman.

Kelebihan Sepatu Gunung Boots:

  1. Perlindungan yang lebih. Jelas sekali karena menutup mata kaki. Baik itu medan pasir maupun lumpur.
  2. Lebih kuat. Dengan merk dan harga yang sama namun beda seri, sepatu gunung boots lebih awet dan kuat.
  3. Lebih kece sob
Artikel Terkait   #GearReview Tas Gunung Deuter ACT Lite 45 + 10 SL Backpack

Kekurangan Sepatu Gunung Boots

  1. Lebih berat. Of course, ini tidak terbantahkan dan tidak perlu dijelaskan
  2. Harganya biasanya lebih mahal.
  3. Tidak cocok untuk pendakian cepat, trail atau running

Sedangkan sepatu gunung biasa(bukan boots) adalah kebalikannya.

Ada beberapa point penting sebelum sobat membeli sepatu gunung.
Point penting sebelum membeli sepatu gunung. Penulis akan bahas satu persatu.

Bahan Sepatu - Memilih Sepatu  Gunung

Bahan sepatu sangat menentukan kualitas dari sebuah sepatu. Dan menurut saya sih sob, sepatu bahan asli kulit menempati urutan pertama dalam kualitas.
Lalu kenapa sepatu gunung import jarang yang memakai bahan kulit?. Kaya'nya sih lebih ke menghemat biaya produksi dan style. Sepatu asli kulit itu mahal sob, di Indonesia dapet sepatu harga dbawah 1jta dg bahan kulit asli itu sudah sangat murah.
Sepatu bahan kulit cenderung monoton, varian warna dan desainnya sedikit.
Namun tidak semua jenis sepatu kulit itu kuat dan awet. Pilih lah sepatu yang terbuat dari kulit sapi asli, untuk mengetahui kualitas bahan sepatu kulit sapi yang bagus gmana, sobat tanyain deh ke tukang samak, mereka lebih afdol masalah kulit dan menguliti.
Untuk meminimalisir kondisi basah, pilih lah sepatu kulit yang sedikit sambungannya, biasanya air masuk di jahitan sambungan.

Artikel Terkait   #TrekkingTips Daftar Peralatan Wajib Naik Gunung

Penulis belum menjumpai sepatu gunung berbahan kulit dengan goretex.

Kelebihan sepatu gunung berbahan kulit

  1. Lebih aman karena tidak mudah robek bila terkena benda tajam. Sangat tidak mudah melubangi ikat pinggang yang terbuat dari kulit sapi asli berkualitas.
  2. Lebih kuat dan awet. Digunakan medan basah ataupun kering, sepatu dengan bahan kulit tetap tahan. Kalau pun rusak, biasanya di bagian jahitan, kulitnya mah ngga rusak. Ingat ya sob, medan puncak gunung biasanya pasir dan kerikil, sangat mudah untuk mengikis dan merusak sepatu yg berbahan selain kulit
  3. Untuk perawatan sepatu gunung berbahan kulit tidak terlalu susah. Asal jangan di jemur di bawah matahari langsung biar tidak kaku.Cukup diangin-angin kan sampai kering.

Selanjutnya : Sole sepatu

Bahan Sole Sepatu - Memilih Sepatu  Gunung

Nah ini juga sangat penting karena menyangkut safety. Sepatu gunung boots maupun bukan, yang harganya mahal biasanya sudah memakai sol khusus, lebih lentur, ringan dan anti slip tentunya dengan kombinasi bentuk dan lekukan sol nya. Pastikan sole nya lentur dan anti slip.
Jika mau lebih bagus lagi yang ada label Vibram nya, tapi jangan Vibram abal2, cek di situsnya untuk mengetahui Vibram nya asli atau bukan.

Artikel Terkait   #GearKnowledge - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung/Outdoor

Jahitan Sepatu - Memilih Sepatu  Gunung

Menempati urutan terakhir dalam memilih sepatu gunung adalah jahitan. Dari kerapatan dan bahan benang jahitan kita bisa menilai sebuah sepatu itu bagus atau tidak.
Kalau pun ada jahitan di sole sepatu, pastikan jahitan nya di dalam, jahitan di tempat ini (sole sepatu) sangat rawam rusak karena sering tergesek dengan tanah, batu, pasir dll.

Dan tentunya kenyamanan perlu di perhatikan juga. Namun pengalaman penulis, untuk kenyamanan bisa dengan menggunakan kaos kaki yang lebih comfort dan berkualitas.
Setebal apapun spon/bantal di dalam sepatu, semakin lama akan semakin tipis. Dan mau ngga mau harus dibantu dengan kaos kaki.

Well, pastinya sesuaikan dengan kebutuhan. Bijak lah dalam memilih sebelum membeli sepatu gunung.

Kata Kunci : tips memilih sepatu gunung, tips membeli sepatu gunung, tips memilih sepatu trekking, tips sebelum membeli sepatu trekking, hal penting dalam memilih sepatu gunung,

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.