Advertisements

#GearTips – Merawat Peralatan Naik Gunung dan Outdoor (Tenda, Pack dan Bag)

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Sobat pasti punya gear buat naek gunung, share aja reviewnya di sini
Print Friendly, PDF & Email

Merawat Peralatan Naik Gunung. Kembali lagi sob,,, kali ini kita coba membahas cara merawat peralatan gunung dan outdoor khususnya untuk tenda, pack dan bag. Adakalanya karena ceroboh dan ketidak tahuan kita, outdoor gear kesayangan kita rusak karena penyebab yang seharusnya bisa kita cegah. Berikut beberapa tips merawat outdoor gear agar bisa awet dan tahan lama.

Merawat tenda  biar awet dan tidak bau  – Merawat Peralatan Naik Gunung.

  • Cegah Jamur. Sepulang dari perjalanan, segera angin-anginkan tenda, tidak perlu dijemur, cukup dirikan tenda seperti biasa, buka pintu tenda dan biarkan sirkulasi udara mengalir.
  • Mencuci Tenda. Ini pekerjaan yang butuh kesabaran. Kita tidak bisa mencuci tenda layaknya sprei tempat tidur. Siapkan spon/busa lembut yang mampu menyerap air, ember berisi air hangat, sedikit deterjen cair.  Cuci secara perlahan perbagian, tidak perlu dicuci semuanya, tapi cukup bagian yang perlu dicuci saja.
  • Menghilangkan bau apek tenda. Mungkin ada beberapa bagian yang tidak bisa kita bersihkan, namun kita masih bisa menghilangkan bau apek pada tenda. Masukan tenda ke dalam bak besar berisi air hangat dan cairan pembunuh kuman, bisa detol cair. Lalu keringkan
  • Jangan melanggar prosedur keamanan, seperti mendirikan tenda di atas batu2 tajam, merokok/menyalakan api di dalam tenda, mendirikan tenda di tempat yang sempit atau di tempat miring apalagi mendirikan tenda di atas bara api yang membara 😀
Artikel Terkait   #GearReview Jam Tangan Outdoor Casio AQF 102W

Merawat  Pack/Tas – Merawat Peralatan Naik Gunung

  • Straps atau slempang untuk menahan beban. Jika merasa kesulitan memakai tas karena berat mintalah bantuan teman. Ngga perlu sok kuat atau sok cool.  Memakai tas dengan cara membaliknya (tas didepan dengan posisi dibalik, punggung tas di depan), kemudian mengangkatnya melewati kepala memang dapat meminimalisir tekanan pada straps asal mengangkatnya benar namun terkadang beban yg berat dapat membuat kecelakaan pada diri anda, so pilihlah cara yang aman. Letakkan tas pada tempat yang agak tinggi, lalu masukkan kedua tangan pada kedua straps. Cara ini lebih aman dan tidak membuat tekanan berlebih pada salah satu straps
  • Bukcles. Pengunci pada straps, sabuk dll.  Biasaya terbuat dari plastik. Buckles bisa saja pecah, kejepit pintu atau terinjak. Untuk sabuk pada tas sebaiknya selalu selalu pasangkan dengan pasangannya, baik dipakai ataupun tidak. Terkadang karena tidak dipasang bisa “nglewer” hal ini berbahaya karena bisa kejiret n nyrimpet.
  • Kita bisa mencuci tas untuk menghilangkan kotoran, jamur dan bau apek. Gosok halus noda ataupun jamur dengan sedikit deterjen cair, bilas dengan air yang dicampur detol cair atau cairan antiseptik.
  • Jangan meletakkan benda keras di sisi samping atau sisi luar tas. Biasakan meletakkan nasting, kompor dll di tengah tas, lalu isi disampingnya dengan pakaian atau makanan. Ini untuk menghindari sisi tas robek karena beban terlalu penuh.
  • Untuk menjaga kebersihan backpack biar tidak kotor, selalu gunakan raincover jika kondisi memungkinkan, dalam artian tidak merusak raincover bila dipasang.
Artikel Terkait   #GearTips Memilih Tas Gunung Cewek

Merawat Bag/Kantong (Dry bag, slepping bag) – Merawat Peralatan Naik Gunung

  • Ketika berada di lokasi camping, pastikan matras yang dipakai bersih dari cairan (minyak dll), benda tajam, paku, pisau, gergaji, mesin jahit, obeng dll :D.
  • Keluarkan peralatan yang disimpan dalam drybag setelah dipakai, biarkan semalaman untuk dianginkan. Bisa dicuci dengan air  dan deterjen dengan sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas.

Catatan :

  • Bahan waterproof sebaiknya jangan sering-sering dicuci, karena akan menghilangkan lapisan waterproofnya, sekitar 30-40 pencucian.
  • Setelah dicuci bisa menggunakan Waterproofing Spray untuk lapisan waterproof.

Semakin pandai merawat, akan semakin menghemat pengeluaran.

Merawat Peralatan Naik Gunung. Merawat Peralatan Naik Gunung. Merawat Peralatan Naik Gunung

 

Advertisements

You may also like...

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

  Donasi untuk Santri  

Setiap rupiah yang sobat donasikan, sangat membantu mereka menimba ilmu

MADRASAH MUROTILIL QUR AN(MMQ) ARROHMAH
Saya ingin Menjadi Donatur
Wateskroyo, Besuki, Tulungagung Regency, East Java 66275

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!