Advertisements

#GearTips – Cara Memilih Tas Gunung Backpack Carrier

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Sobat pasti punya gear buat naek gunung, share aja reviewnya di sini
Print Friendly, PDF & Email

Memilih tas gunung memang tidak gampang jika ingin yang berkualitas. Bacpack atau tas gunung, biasa disebut dengan istilah tas keril atau carrier beberapa memplesetkan menjadi “kulkas”, merupakan salah satu perlengkapan wajib naik gunung. Ada beberapa point penting sebelum sobat membeli backpack atau tas gunung. Harganya berkisar dari 300 ribuan untuk tas gunung home industri dan sampai jutaan rupiah untuk backpack merk terkenal.

Sebelum memutuskan untuk membeli tas gunung, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Bingung miliih tas

Bingung miliih tas

Perhatikan 2 hal berikut saat memilih tas gunung

1. Rentang Waktu Perjalanan

Berapa lama sobat akan bepergian merupakan pilihan pertama yang harus diperhatikan dalam memilih backpack atau tas gunung. Apakah hanya satu malam, atau berhari-hari bahkan berminggu-minggu

Untuk perjalanan 1-3 malam, tas gunung mulai dari ukuran 25-45 liter lebih dari cukup, biasa dikenal dengan istilah daypack (tas harian). Sobat tidak perlu membawa tenda, karena bivak saja sudah lebih dari cukup. Sobat bisa membaca “#TrekkingTips Mengenal Teknik Pendakian ultralight hiking”

Artikel Terkait   #ReviewAlatGunung - Lampu Tenda / Lentera Black Diamond Voyager Lantern

Perjalanan 3-5 malam, sobat bisa memilih tas gunung ukuran 45-65 liter. Dari sekian banyak ukuran, Tas gunung dengan ukuran 45-65 liter yang paling banyak di pilih . Tas gunung dengan ukuran 45-65liter sudah cukup untuk mengakomodir dan membawa kebutuhan utama pribadi dan rombongan kecil untuk naik gunung, Tenda, alat masak, sleeping bag, pakaian dan bahan makanan. Tas ukuran ini bisa dipakai untuk membawa logistik dan peralatan bersama untuk rombongan 3-4 orang.

Perjalanan lebih dari 5 malam atau rombongan besar. Oke, jika sobat biasa membawa rombongan atau sering berpergian untuk waktu yang lama, tas gunung ukuran mulai dari 65 liter keatas layak sobat pertimbangkan. Tas gunung big size ini memang layak dikatakan kulkas, dan hanya yang memiliki tenaga dan power ekstra yang biasa membawanya. Isinya berupa perlengkapan rombongan, mulai dari tenda, makanan, alat masak dan kadang peralatan pribadi para pendaki pinky.

Memilih Tas Gunung Tas gunung berdasar lama waktu perjalanan

Berikut ini adalah panduan umum memilih tas berdasar lama perjalaan. Untuk yang expert ada Ultra Hiking.

Panjang perjalanan Kapasitas Pack (liter)
Weekend (1-3 malam) 25-40
Multiday (3-5 malam) 45-55
Longday (5 + malam)  65 +

2. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh sangat menentukan dalam memilih tas gunung karena sangat terkait dengan kenyamanan. Ukuran tubuh yang diperhitungkan adalah panjang torso/punggung, yaitu dari bawah tengkuk leher sampai pinggang. Patokannya bukan ukuran tinggi badan. Dan ukuran pinggang sob.

Artikel Terkait   #GearTips Berapa biaya membeli perlengkapan dan peralatan naik gunung untuk pemula

Yang perlu dipertimbangkan baik-baik adalah saat memilih backpack atau tas gunung dengan kapasitas besar. Disarankan untuk membeli yang memang berkualitas dan ringan. Semakin lama perjalanan, maka faktor capek, kelelahan dan pegal2 akan sangat mempengaruhi .Memilih Tas Gunung

Idealnya memang memakai backpack atau tas gunung sesuai dengan lama perjalanan yang akan di tempuh, namun akan memakan banyak biaya bila membeli banyak tas, lebih-lebih harga tas yang berkualitas tidaklah murah.

Apa yang akan dibawa adalah point penting dalam memilih ukuran backpack atau tas gunung.

Kesesuaian backpack/Tas gunung dengan tubuh

Setelah menentukan ukuran backpack, langkah selanjutnya dalam hal memilih backapck yang cocok adalah kesesuaian dengan tubuh kita.

  • Panjang Torso. Ada banyak ukuran panjang torso pada backpack, mulai dari XS sampai XL. Banyak dari backpack diantaranya menyediakan fitur penyesuaian dengan torso masing-masing. Harness yang bisa disesuaikan bisa sedikit menambah berat tas gunung
  • Lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang juga faktor penting. Jika berniat membeli tas import, cek dengan teliti, berapa minimal dan maksimal ukuran pinggang. Terutama buat yang mempunyai pinggang ramping. Hampir 80% dari backpack atau tas gunung menggunakan pinggang/pinggul untuk menyokong backpack. Secara sepintas, bahu lah yang bekerja keras membawa beban, namun tas-tas yang bagus, lebih mengfungsikan pinggul untuk menopang berat beban backpak. Ada beberapa tas yang bisa diganti sabuk pinggangnya (hipbelts), bagi yang memiliki pinggang yang ramping, sehingga bisa disesuaikan dengan pinggang.
  • Penyesuaian Tambahan Tas Gunung

    Penyesuaian Tambahan Tas Gunung

    Penyesuaian Tambahan.

    Strap pengangkat beban dijahit ke bagian atas strap bahu, tersambung dengan body atas backpack. Ini merupakan bagian penting, yang mencegah body backpack turn/melorot.

    Strap sternum: Strap pertengahan dada ini memungkinkan kita untuk merekatkan strap utama, sehingga strap tidak melebar dan menjaga keseimbangan bila posisi tubuh miring.

Mengenal Fitur fitur backpack /Tas Gunung

  • Top Loading. Fitur standar. Secara gampangnya, yang sering dipakai di atas, yang jarang/mungkin tidak dipakai paling bawah.
  • Beberapa backpack menyedikan kantong khusus di depan/samping untuk tempat item2 yang sering digunakan agar lebih mudah saat akan diambil
  • Sleeping Bag. Biasanya di kantong paling bawah. Bisa juga untuk peralataan lain sehingga tidak perlu membongkar ruang utama backpack.
  • Kantong tutup atas. Ada yang bisa dilepas sehingga bisa digunakan layaknya tas pinggang. Biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering dipakai, peta, makanan ringan, obat nyamuk

Saku tambahan

Saku tambahan bisa dikatakan adalah bonus, artinya kalaupun tidak mengurangi fungsi dari tas gunung jika tidak ada fitur saku tambahan.

  • Saku samping biasanya elastis

    Memilih Tas Gunung_water Bladder

    Wadah untuk Water Bladder

  • Saku pada sabuk pinggang
  • Saku kecil pada strap

Tas gunung harus mempunyai Ventilasi dan tempat air minum

  • Merupakan faktor penting agar punggung tidak cepat panas dan berkeringat karena tidak ada sirkulasi udara. Masing-masing pabrikan mempunyai sytem yang kurang lebih sama dalam sirkulasi udara.
  • Backpack/tas gunung yang bermerk hampir menyediakan tempat untuk kantong air khusus.

Namun jika kita hendak membeli backpack/tas gunung yang lebih murah (dibawah 700 ribuan) tentunya fitur2 diatas tidak bisa kita pilih. Terutama untuk kenyamanan. Backpack/tas gunung yang harganya mahal memang biasanya nyaman dan pas saat dipakai, dimana beban tidak hanya ada pada bahu saja, namun di bantu fitur2 yang lain. Perbedaan bahan dan desain konstruksi backpack sangat mempengaruhi kenyamanan kita saat naik gunung.

Bila hendak membeli backpack/tas gunung import, pastikan ukurannya pas, cek spesifikasi dan dimensinya terutama ukuran hipbelt (sabuk pinggang), pastikan tidak kelonggaran. Baca reviewnya sebelum membeli backpack/tas gunung.

Salam Rimba

Baca sampai selesai sebelum bertanya
Advertisements

You may also like...

7 Responses

  1. Trimakasih bos informasinya sangat berguna sekali

  2. dee says:

    thanks infonya

  3. Bolang says:

    Liat porter geleng2 kepala,, itu makannya apa yak,, tas gunungnya keranjang bambu dipikul ckckckckc

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!