Advertisements

#GearTips – Memilih Headlamp Naik Gunung/Outdoor untuk segala medan – Baca ini sebelum membeli Headlamp

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Sobat pasti punya gear buat naek gunung, share aja reviewnya di sini
Print Friendly, PDF & Email

Memilih Headlamp Naik Gunung. Bagaimana menentukan headlamp yang tepat? Dalam artikel ini, saya mencoba berbagi wawasan yang bisa dipakai buat temen2 dalam memilih head lamp untuk naik gunung atau sekedar pergi memancing.

Memilih headlamp terbaik termurah

Pentingnya headlamp sebagai penerang

Mengapa Beli Headlamp?  – Memilih Headlamp Naik Gunung

Keuntungan utama dari headlamp daripada senter, lentera atau menggunakan aplikasi senter pada ponsel:

  • Hands-free . Ya, ga perlu repot memegangnya, kemana kepala terarah kesitu pula cahaya headlamp menyorot, kecuali dipasang di belakang kepala ya gaes.
  • Jarak Sorot. Headlamp menawarkan sorotan jarak jauh lebih dari senteer, beberapa headlamp memberi kelebihan dengan fokus yang bisa diatur. Sangat penting karena bisa menemukan hal-hal dalam gelap, seperti jejak untuk kembali ke mobil atau perkemahan.
  • Simple dan Ringan. So pasti sob, kecil dan ringkas juga ringan. Bahkan ada yang lebih ringan dari odol (100 gram).
  • Durable . Yang ini mungkin hanya dijumpai di headlamp branded bermerk original dan pastinya mahal. Kualitas yang tangguh untuk segala medan tahan air, badai hujan (IPX-4), dan ada pula yang tahan air untuk kedalaman satu meter (IPX-7). Tentu saja sob, ini sangat bermanfaat banget .
Artikel Terkait   #GearTips Membedakan JWS Jack Wolfskin Asli Original dengan JWS Palsu Imitasi KW

Menghadapi kondisi yang tidak diinginkan – Memilih Headlamp Naik Gunung

Untuk memilih headlamp yang tepat, hal pertama adalah bagaimana headlamp ini bisa membantu saat keadaan menjadi kacau.

Bila sekedar menerangi gelap untuk mencari sesuatu di sekitar tenda headlamp dibawah 200 ribu lebih dari cukup. Semisal Energizer 3 LED . Namun, jika punya uang lebih mungkin bisa membeli headlamp yang mempunyai jarak sorot yang jauh, daya tahan dan hemat battery.  Pertimbangan penting adalah bila keadaan diluar kendali dan bisa mengakibatkan kesalahan fatal.

Simpel saja, misal disaat terjatuh atau memanjat, kebayang kan repotnya bagaimana bila headlamp mati ditengah malam gelap gulita tanpa ada sinar rembulan dan bintang yang menerangi lebaaayyy.

Atau mengobati teman yang cidera, entah kesliu, kerokan, panu,, kurap dll. Kalau tangan gemeteran saat summit,,, brrrrr ngeri sob.
Fokus untuk membeli headlamp yang membantu di saat berbagai kondisi :  cuaca buruk, suhu dingin, luka, peralatan rusak dan kebutuhan untuk cahaya yang lebih lama alias awweettt battery.

Artikel Terkait   #GearTips Berapa biaya membeli perlengkapan dan peralatan naik gunung untuk pemula

Selanjutnya : Macam dan Jenis Headlamp

Baca sampai selesai sebelum bertanya
Advertisements

You may also like...

5 Responses

  1. Nanda Putra says:

    gan coba dong kasih merek headlamp yang bagus, merek-nya loh ya.. biar ane bisa baca review2 nya. makasih gan

    • us jauhari says:

      Lhah kalo yg kelas dewa mah yg bener2 safety, artinya merk2 yg memang bergerak di bidang alat2 safety bukan alat2 gunung. Petzl yg memang menyediakan produk2 safety, headlamp salah satunya. Ada harga ada kualitas. Harganya mulai dari 400rbuan. Tergantung seri dan tipenya.
      Black diamond juga masuk

  2. nara says:

    Gan,ada saran type n brand utk headlamp buat jeperluan hunting or mancing? Mau ngasih kado tp babyar blas bingung nya liat di toko banyak banget opsi. Sorry newbie nih gan, mhn bantuannya 😀
    Thanks

    • us jauhari says:

      Untuk mancing yang penting ya harus bener2 waterproff, spotlight (fokus tunggal, bukan yang lebar).
      Kalo boleh nyebut merk, petzl atau black diamond bisa dijadikan pilihan.

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!