#GearKnowledge Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor, Teliti sebelum membeli

1
423
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor. Jaket Gunung??? Emang ada berapa jenis jaket sih ko dibahas jenis dan tipe jaket gunung atau jaket outdoor?

Ada banyak sob, jaket musim dingin, jaket untuk ski, jaket insulated, jaket hujan, jaket angin, jaket pelindung dan mungkin akan banyak dijumpai jaket gunung tertentu sesuai kebutuhan.

Ingat ya sob, “Belilah sesuatu sesuai dengan yang kita butuhkan”.

Yup, mari kita bahas beberapa jaket di atas.

1. Jaket Musin Dingin - Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

Ya, tepat sekali sob, jaket jenis ini sangat tidak cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia, yang panas, dilalui garis khatulistiwa. Jaket Musim dingin biasanyan memiliki hood (tudung kepala) yang menutupi kepala sekaligus menutupi wajah  termasuk mulut dan hidung sehingga hanya sekitar mata yang tidak tertutup, insulated (menjaga agar tetap di suhu yang ada dari suhu luar), material jaket musim dingin so pasti waterproof.

Jaket  asli yang branded dengan harga  yang membuat dompet meringis biasanya terdapat tanda atau indikator “Down-Fill Power”, kurang lebih seperti penurunan kualitas dalam menjaga suhu agar tetap hangat. Semakin tinggi nilai down-fill power maka akan  semakin hangat. Bila pernah memakai jaket jenis ini yang original branded, betapa jauh perbedaan dengan yang kw. Benar sekali bahwa “semua ada harganya”. --“

2. Jekat Ski - Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

Bedanya apa nih dengan jaket musim dingin??? Ini khusus untuk olahraga ski sob. Materialnya berbeda dan desainnya juga berbeda. Tidak setebal jaket musim dingin, hoodienya pun tidak sampai menutupi hidung. Jaket ini lebih untuk ke speed dalam bermain ski, berat jaket, weather resistant (yang ekstrim).

3. Jaket insulated - Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

  • Sintetic Insulated Jaket. Di desain untuk menjaga tubuh dari kondisi luar. Bila mempunyai botol air yang insulated, kurang lebih seperti itu. Bisa dipakai untuk kutub atau cuaca kering (bukan gurun ya sob, gurun itu panas bukan kering), atau sekedar melindungi dari basahnya air.  Pernah liat Michelin??? yang bentuk tubuhnya seperti bulet2 gitu. Jaket ini tidak menggantikan fungsi dari jaket hujan, namun ketika cuaca kering, atau sedikit basah dan sangat dingin? Jaket ini ideal untuk disematkan ke badan. Kelebihannya : Hangat, lebih cepat kering, ideal untuk suhu dingin atau hujan kecil, murah. Kekurangan nya : Cepat berubah mengikuti suhu sekitar,
  • Down Insulated Jacket. Jaket ini mengandung inner dan bulu yang membantu agar tetap hangat. Bulu angsa ya sob,,, bukan bulu hidung . Ada hitungan sendiri dalam menentukan berapa banyak bulu yang dipakai. Tidak cocok dalam kondisi basah. Kelebihan : hangatnya terus menerus, lebih mahal namun awet, jika basah bisa dikeringkan namun hangatnya tidak seperti semula

4. Jaket Hujan - Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

Jaket standar yang wajib dipunya setiap penghoby kegiatan outdoor. Fungsinya jelas dengan desain banyak sekali dipasaran, baik itu jaket lokal, jaket import, jaket original maupun kw. Ada jenis jaket yang merupakan kakaknya jaket hujan, HardShell dan softshell. Dimana, harganya lebih mahal namun fiturnya memang lebih dari sekedar jas hujan. Jaket hujan standar umumnya terdiri dari 2 lapisan, entah apa namanya,, 😀 sedangkan jaket hardshell terdiri dari 3 lapisan, lebih tahan air dan tidak sesak saat bernafas.

jaket_hujan_outdoor_research_hellium

5. Jaket  anti Angin - Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

Para biker lebih menyukai jaket jenis ini, atau para petualang laut dimana angin sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Namun banyak juga jaket jenis ini yang di desain untuk hiking, olahraga lari,  bersepeda dan kegiatan outdoor lainnya. Jaket ini berbeda dengan jaket hujan walau bisa dipakai saat hujan, namun jaket ini lebih ke melindungi tubuh dari angin. Lebih ringan. Jaket angin yang baik tidak membuat anda sesak saat bernafas.

jaket anti angin_marmot jaket anti angin_arcteryc jaket_anti_angin_patagonia

Pastikan membeli yang benar-benar bermanfaat menemani dan aman saat melakukan kegiatan outdoor

Mengenal Jenis Tipe Jaket Gunung Outdoor

Advertisements

1 COMMENT

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais