#GearKnowledge - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung/Outdoor

0
30
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Space Iklan – Hubungi admin
WA – 082144353639

Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung. Tenda merupakan salah satu peralatan wajib yang harus di bawa saat melakukan aktifitas lapangan, naik gunung, camping, memancing dll.

Tenda bisa di kategorikan berdasarkan kapasitas, material (berhubungan dengan berat tenda) dan fungsi.

Ada yang berkapasitas besar, memuat 10-15 org sampai tenda ter-egois, tenda terkecil yang hanya muat satu orang. Material untuk membuat tenda pun bermacam-macam, dari bahan pole tenda, inner tenda dan Fly rain tenda.

Fungsi tenda lebih berhubungan dengan geografis dalam hal ini adalah season atau musim dan aktifitas yang dilakukan, apakah tenda untuk naik gunung, tenda untuk family (ke danau, pantai, taman dll).

Artikel Terkait   #ReviewAlatGunung - Lampu Tenda / Lentera Black Diamond Voyager Lantern


1. Backpacking Tent - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung


Lebih dikenal dengan tenda gunung atau tenda dome, karena memang biasanya bentuknya seperti dome (setengah lingkaran).  Tenda ini biasanya disimpan di dalam bakcapck atau tas gunung, dengan kapasitas antara 2-5 orang.

Dengan kapasitas 2-5 orang tenda ini mempunyai berat bervariasi tergantung material.

Tenda naik gunung Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung Tenda naik gunung

2. Camping Tent - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung

Ini adalah tenda pramuka, tenda untuk camp penampungan dll dengan kapasitas besar, tenda untuk aktifitas ringan tanpa harus berjalan kaki layaknya mendaki gunung. Tenda jenis ini lebih mengedepankan kenyamanan, dimana kita bisa bersantai di tepi danau dan merasa cukup tenang dengan adanya tenda yang nyaman.

Dimensi dan bentuknya pun berbeda dengan Tenda Gunung. Lebih besar, ada semacam kanopi untuk berteduh di pintu tenda. Tenda jenis ini biasanya tidak bisa dipakai saat badai besar, karena sistem aero dinamisnya(aliran angin saat menerpa tenda) yang tidak sebaik bakcpaking tent.

Tenda CampingTenda CampingTenda Camping

3. Ultra Light Tent - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung

Artikel Terkait   #OutdoorGearReview - Kompor Gas Mini untuk Naik Gunung, Murah untuk Pendaki Pemula Bagian 1

Tenda super ringan dengan berat biasanya kurang dari 1 kg. Dipakai untuk hiking, panjat, ski es. Bentuknya biasanya mengerucut ada juga yang seperti shelter.  Fungsi utamanya bukan untuk bermalam, tapi lebih ke istirahat atau berlindung dari hujan.  Karena tidak untuk bermalam, tenda jenis  ini sangat mudah didirikan. Ringan karena memang tidak seperti backpacking tent, materialnya pun jenis material yang super ringan. Namun beberapa Backpacking Tent ada yang memakai material ini sehingga masuk kategori ini.

Tenda Ultralight 2Tenda Ultralight 2

4. Bivy Sacks - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung

Lebih mirip sleeping bag. Namun fungsinya berbeda. Sleeping bag tidak difungsikan untuk kondisi hujan atau angin karena di dalam tenda. Sedangkan bivy Sacks dibuat untuk kedua hal tersebut tanda adanya tenda.

5. 4 Season Tent - Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung

Sesuai dengan namanya, tenda ini dibuat pabrikan untuk bisa dipakai di segala cuaca ekstrim seperti hujan, badai, salju,kutub. Tenda jenis ini metarialnya lebih baik dari tenda gunung/backpacking tent. Berbanding lurus dengan harganya 😀

Artikel Terkait   #GearTips Membedakan JWS Jack Wolfskin Asli Original dengan JWS Palsu Imitasi KW
Tenda 4 seasonTenda 4 seasonTenda 4 season

Mengenal Jenis Tipe Tenda untuk Naik Gunung

Happy Trekking

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais