#HomeGarden Tanaman Penyegar Udara Rumah

0
142
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Tanaman Penyegar Udara Rumah. Masih banyak orang dari masyarakat kita yang belum menyadari kemampuan luar biasa dari tanaman rumah tangga yang bermanfaat untuk memperbaiki iklim mikro di rumah mereka. Tanaman membantu menciptakan atmosfir yang lebih bersih, menstabilkan kelembaban udara, dan memberi oksigen. Hal ini sangat penting untuk membuat rumah aman bagi anak-anak dan mereka yang menderita alergi

Berikut admin rangkum Tanaman Penyegar Udara Rumah yang dapat membantu meningkatkan iklim mikro yang sehat di rumah Sobat.

Bunga Lili (Spathiphyllum)

Bunga Lili Sebagai tanaman penyegar udara rumah
Bunga Lili Sebagai tanaman penyegar udara rumah

Bunga lili sering dianggap sebagai bunga pembawa keberuntungan, kebahagiaan dan cinta di dalam rumah.
Bunga lili sebagai Tanaman Penyegar Udara Rumah tidak hanya mampu menyedot kelebihan kelembaban, sehingga menormalkan iklim di rumah sobat, tapi juga menghancurkan spora jamur. Namun bunga lili akan lebih baik jika ditanam di lingkungan dengan suhu dingin seperti di pegunungan.

Kopi

Pohon kopi yang menjaga kelembaban udara
Pohon kopi yang menyerab kelembaban udara * credit asikaja.com

Pada umumnya tanaman kopi hanya dimanfaatkan bijinya untuk diekstrak sebagai minuman. Namun di beberapa tempat ada juga yang mengkonsumsi daunnya dengan cara diseduh seperti daun teh. Namun sobat jangan salah sangka lho, tanaman kopi termasuk Tanaman Penyegar Udara Rumah.

Pohon kopi cukup bagus untuk menyerap kelembaban udara yang berlebih dan menyegarkan udara dengan aroma tropis yang cantik saat berbunga.

Jika sekedar untuk penyegar udara di rumah, tanaman kopi tidak perlu dirawat secara khusus untuk memperbanyak bunga dan buah.

Jeruk atau Lemon

Pohon Jeruk memiliki aroma bunga yang segar
Pohon Jeruk memiliki aroma bunga yang segar

Jeruk dan Lemon adalah tanaman yang indah dalam segala hal. Bunga jeruk memiliki bau khas yang segar dan pada saat bersamaan ia menyerap kelembapan yang berlebih di lingkungan sekitar.

Daun jeruk mengeluarkan sejumlah besar zat kuratif, yang mensterilkan ruang di sekitarnya. Pohon jeruk dan lemon memerlukan sinar matahari yang banyak dan penyiraman secara teratur namun kondisi tanah harus kering dan tidak boleh lembab atau berlumpur.

Cemara Chamaecyparis

Pohon cemara untuk menjaga udara agar tetap lembab dan tidak kering
Pohon cemara untuk menjaga udara agar tetap lembab dan tidak kering

Berbeda dengan tamanan-tanaman sebelumnya, tanaman Cemara jenis ini akan menyehatkan iklim di rumah dengan cara yang berbeda, yaitu akan melembabkan udara di rumah. Cemara ini akan pas ditanam di lingkungan yang mempunyai udara kering yang panas.

Tanaman yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias untuk bonsai ini juga membantu menyingkirkan kotoran di udara. Hal ini sangat membantu untuk meredakan gejala migrain dan sakit kepala. Tanaman ini menyukai tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Lidah Mertua Sansevieria

Lidah mertua ternyata tidak setajam lidah mertua
Lidah mertua ternyata tidak setajam lidah mertua

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. (Ya kali lidah mertua memang tajam, wkwkwkw). Sanseviera tak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Sanseviera biasa digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan yaitu menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.

Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.

Cissus

Salah satu tanaman penyegar udara rumah, Cissus
Salah satu tanaman penyegar udara rumah, Cissus

Tanaman cissus curtain Ivy, princess vine, atau millionaire vine Cissus sicyoides merupakan tanaman merambat dengan akar mirip rambut yang menggantung. Jika Sobat menginginkan tanaman hias daun yang berbeda, silakan coba curtain vine. Tanaman ini sangat cocok ditanam pada dataran rendah untuk mengurangi polusi, dan menyejukkan.
Cocok juga ditanam diatas car port sehingga akarnya menjuntai turun terlihat cantik di garasi. Ekstrak dari tanaman ini digunakan dalam dunia kesehatan terutama dalam penyembuhan luka.

Tanaman ini berguna untuk mempertahankan kelembaban udara pada lingkungan dengan udara kering .

Kalanchoe

Kalanchoe, selain cantik juga bermanfaat sebagai penyegar udara rumah
Kalanchoe, selain cantik juga bermanfaat sebagai penyegar udara rumah

Kalanchoe memiliki jenis yang beragam. Kalanchoe berasal dari Madagaskar, dan sangat cocok untuk bangunan dengan lingkungan kering. Bila dibandingkan antara daun dan bunga, tanaman ini bisa dibilang memiliki banyak bunga dengan daun yang sedikit.

Selain cantik dan berwarna cerah, tanaman Kalanchoe akan menyimpan air di daun dan membantu mengatur kelembaban udara di rumah sobat. Perawatannya juga cukup mudah. Jangan sering disiram dan mendapat banyak cahaya sinar matahari.

Dengan ide kreatif dan sedikit waktu di hari libur, menanam tanaman-tanaman penyegar udara rumah bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif dan tentu saja mempercantik rumah sobat

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.