#TravelTips Tidak ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka

0
18
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Space Iklan – Hubungi admin
WA – 082144353639

Tidak ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka. Hai hai hai travellers pada liburan kemana nih? Tetap semangat dan jaga kesehatan ya, kesehatan fisik, psikis dan of course kesahatan ekonomi 😀

Tidak ada Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka
Tidak ada Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka

Oke seberapa sering sih kasus "Tidak ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka", sangat jarang memang, saya sendiri lupa pastinya, 2-3 kalau ngga salah. Salah satunya sudah saya tulis di #TravelTips – Hati-hati Reschedule Merubah Jadwal Tiket Pesawat di Traveloka

Perubahan jadwal penerbangan pesawat adalah suatu hal yang wajar. Bisa karena masalah teknis, ekonomi, cuaca dll. Semuanya diatur dalam Permenhub. Penulis telah membuat artikel khusus mengenai #TravelTips Aturan dan Praktik Penuntutan Ganti Kerugian Jika Penerbangan Dibatalkan

Artikel Terkait   #TravelTips Cara Merubah Jadwal Tiket Pesawat di Traveloka

Kronologis

Seperti biasa, jauh jauh hari sebelum lebaran saya sudah membeli tiket mudik, Palangka Raya - Solo, atau Palangka Raya - Surabaya, tergantung mana yang lebih murah. Jika selisih nya sedikit (300-500rbu), saya lebih memilih Palangka Raya - Solo, pertimbangan perjalanan Surabaya ke kota kampung saya lumayan jauh (5-6jam), sedangkan dari solo hanya 45-60 menit. Dengan maskapai tersayang dan satu-satunya, "Lion Air". Kadang iri yang pulang dari palangka ke jakarta karena ada Garuda, dengan pelayanan yang sesuai dengan harganya.

Bulan maret saya memesan 1 tiket di traveloka jurusan Palangka Raya Solo untuk tanggal 24 Juni 2016. Besoknya lagi saya memesan 1 tiket lagi dengan jurusan dan jadwal yang sama di traveloka. Kode booking tiket sudah ada di tangan. Saya sudah tenang karena tiket mudik sudah aman.


Email Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka

Tanggal 18 Maret 2017, saya mendapat Email Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka. Namun dari 2 tiket yang saya pesan, hanya satu saja yang mendapatEmail Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka. Kesalahan saya waktu itu, saya tidak mengecek dan membuka email tersebut. Kebetulan ada perubahan jadwal juga dengan tiket pesawat tanggal 12 Juni 2017 Banjarmasin - Surabaya, yang awalnya berangkat pukul 13:00, dimajukan menjadi pukul 12:00 waktu setempat. Saya mengira email tersebut berisi hal yang sama, sehingga saya tidak terlalu memperhatikan.

Artikel Terkait   #TravelTips Amankah pesan Tiket Pesawat Online melalui agensi traveloka, tiket, pegi-pegi dll ?
Email Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka-2
Email Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka-2

SMS Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan dari LION

Tanggal 3 Juni 2017, saya jalan-jalan ke mall untuk beli baju lebaran. Seperti disambel gledek, duar duar dan pedesnya, saya membaca sms di dua hape saya.

"Yth. Penumpang LION AIR PALANGKARAYA SOLO tgl 24 JUN JT849 jam 19:00 DIALIHKAN KE tgl 25 JUN JT849 jam 19:00. Info hub call center 02163798000. Terima Kasih".

Saya seakan-akan tak percaya. Dunia seakan berhenti berputar, hahahaha, lebay ya. Saya langsung duduk, untuk cek ulang (untungnya ada kursi di mall). Saya cek email lagi dan baru saya membaca email dari traveloka mengenai Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka tanggal 18 Maret 2017.

SMS Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka dari lion air
SMS Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka dari lion air

 

What!!!!. Maret - April - Mei - Juni????. Saya langsung kroscek LION AIR dengan paket PSTN (PSTN kirim ke 8999- khusus telkomsel). Dan bla bla bla, dengan emosi saya sampaikan ke CS nya "Jadi pesawat dimajukan tanggal 25 Juni ???" CS: "Iya pak", "Itu sesudah lebaran lho mas, jauh2 hari supaya dapat tiket pulang sebelum lebaran". Awalnya CS bilang "tidak tersedia", namun di koreksi menjadi "tidak terbang". "Tidak tersedia" berarti kursi saya di geser, "tidak terbang" berarti memang tidak ada penerbangan Palangka Raya - Solo pada tanggal tersebut.

Artikel Terkait   #TravelTips - Menikmati Kehangatan Kota Cantik Palangka Raya

Ada 2 pilihan
- Mengikuti jadwal maskapai (tetap di tanggal 25 Juni 2017), atau
- Refund full 100%.

Chat dengan LIVE CHAT TRAVELOKA

Akhirnya saya tidak jadi belanja kebetulan ngga ada yang sreg. Malamnya saya kembali online, tapi pakai komputer di rumah. Saya sampaikan permasalahan saya. Oleh CS dijelaskan bahwa tiket yang satu memang ada perubahan jadwal dari maskapai dan bisa refund full 100% tapi dipotong PPN, IWJR, Airlines fee dan of course biaya charge transfer antar bank. Dasar Kapitalis banget nget, ngga mau rugi sedikitpun bahkan untuk pelanggan, harusnya biaya transfer antar bank ditanggung mereka, karena dalam masalah ini pelanggan yang jadi korban akibat pembatalan sepihak dari maskapai.

Lagi-lagi sistem traveloka bermasalah

Pihak lion telah memberi informasi bahwa perubahan jadwal tersebut sudah disampaikan ke agensi, dalam hal ini telah disampaikan ke traveloka. Lalu kenapa traveloka tidak memberikan informasi tersebut ke konsumen bahwa ada perubahan jadwal penerbangan? Tanya bosnya sono yak,, 😀

Entah apa yang ada di benak developer dibalik sistem traveloka. Hal ini pernah terjadi sebelumnya, tahun 2015. 2 Tiket dengan jadwal dan rute yang sama, yang satu mendapat info perubahan jadwal, yang satunya lagi tidak info sama sekali. Andai saja LION AIR tidak mengirim SMS Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan, tentu saja saya sangat kecewa lagi karena saat hari lebaran masih di rantau.

Artikel Terkait   #TravelTips Refund Tiket Pesawat di Traveloka
Tidak ada perubahan status perubahan jadwal penerbangan traveloka-
Tidak ada perubahan status perubahan jadwal penerbangan traveloka-

 

Perubahan Status Tiket perubahan jadwal penerbangan traveloka-2
Perubahan Status Tiket perubahan jadwal penerbangan traveloka-2

Saya coba login traveloka dan mengecek masing-masing tiket. dan tadaaa... tiket yang ada email Pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka, statusnya berubah menjadi "Jadwal diubah oleh maskapai", tiket satunya tidak ada perubahan status sama sekali.

Saat saya konfirmasi ke CS, bahwa ada perubahan jadwal CS nya malah heran dan bertanya "Mohon maaf sebelumnya, jadi Bapak mendapat informasi terkait pembatalan penerbangan dari pihak maskapai resmi?" Weladalah john2, piye to iki, sistemnya kok amburadul.

Saran dan Kesimpulan

  • Tidak ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka, merupakan masalah yang serius dan jika sobat merasa dirugikan dan mempunyai sumber daya yang cukup, sobat bisa menuntut pihak traveloka. Sumber daya dalam hal ini bisa berupa bukti, catatan, dasar hukum, dan tentu saja dukungan dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional.
  • Sobat bisa melaporkan permasalahan terkait dengan pelayanan kepada konsumen melalui call Center BPKN di 153 (Berbayar ya sob).
  • Sobat sebaiknya sering mengecek email atau SMS, siapa ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan namun terlewat.
  • Jangan membeli tiket terlalu mepet, 2-3 hari sebelum hari H adalah batas maksimal. Jauh hari juga lebih bagus
  • Jika tidak ingin mengambil resiko dan kerugian lain akibat pembatalan sepihak dari maskapai, sebaiknya sobat pesan langsung di maskapai. Jika ada masalah seperti ini penyelesaiannya lebih mudah dan tidak berbelit-belit.
  • Untuk refund pembatalan penerbangan oleh maskapai di traveloka akan saya tulis waktu dekat ini. Refund melalui agensi pasti ada potongannya, walaupun karena pembatalan sepihak oleh maskapai. Namun jika pesan langsung di maskapai, saat ada pembatalan penerbangan sepihak, dana akan dikembalikan full 100% tanpa ada potongan.
Artikel Terkait   #TravelTips - Hati-hati Reschedule Merubah Jadwal Tiket Pesawat di Traveloka

Be carefull ya sob.

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais