#TravelStory - Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi Papua

2
18
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Space Iklan – Hubungi admin
WA – 082144353639

Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi Papua. Kasukwe, Petam, Kota Ombak Sarmi. 12 " 17 Januari 2013

Sobat Dolan, yuk kita dolan ke pulau Cinderawasih Papua, menikmati ramah tamah keindahan kota ombak sarmi papua

Perjalanan kali ini, start dari kota Jayapura tepatnya di Polimak. Mobil travel telah siap sekitar pukul 09:30 WIT. Tujuannya ya tentu saja Kota Ombak, - Kabupaten Sarmi - papua.

Kota Ombak Sarmi
Kota Ombak Sarmi

Saya tidak begitu banyak menikmati perjalanan ke Kota Ombak Sarmi, dikarenakan sopirnya yang kurang enak bawanya, ditambah saya duduk di kursi paling belakang, jadi tidak banyak pemandangan yang bisa saya nikmati.

Artikel Terkait   #TravelStory Danau Tiga Warna Kelimutu Amazing of Flores

Dalam perjalanan ke Kota Ombak Sarmi kali ini, infrastruktur jalan masih dalam tahap pembangunan. Sepanjang jalan yang ditempuh ke Kota Ombak Sarmi begitu banyak jembatan yang masih dalam tahap pembangunan. Ada teman yang menghitung jumlah jembatan sepanjang jalan menuju Kota Ombak Sarmi. Total jembatan yang ada sepanjang perjalanan menuju Kota Ombak Sarmi adalah sekitar 160 jembatan, dan yang selesai kurang dari 10 jembatan.


Rute jalan yang ditempuh untuk sampai di Kota Ombak Sarmi dari kota Jayapura, masih belum mulus. Sekitar 20% jalan sudah diaspal, sisanya masih jalan tanah. Hutan dan gunung adalah menu utama sepanjang perjalanan ke Kota Ombak Sarmi.

Apa yang menarik selama perjalanan??? apa ya, bagi saya tidak aa yang spesial, hanya hutan dan gunung, hampir sama dengan di Kalimantan, tanah gambut dengan air yang berwarna merah.

Perjalanan menuju Kota Ombak Sarmi memakan waktu sekitar 8-9 jam, tergantung kondisi jalan dan tentunya kelihaian sopir dalam mengemudikan mobil.

pemandangan disalah satu sudut kota ombak sarmi
pemandangan disalah satu sudut kota ombak sarmi

Ok mari kita bahas apa yang ada di Kota Ombak Kabupaten Sarmi.

Artikel Terkait   #TravelStory What Amazing of Flores!!! Keindahan Alam Flores

Penginapan / Hotel  - Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi

Penginapan hanya ada di kota, salah satunya adalah penginapan El Roy di Mararena. Mararena merupakan pusat kota Kabupaten Sarmi. Tarifnya masih mahal untuk golongan backpacker, sekitar 300rbu/malam. Sobat bisa minta antar sopir untuk langsung turun di penginapan El Roy Mararena Sarmi.

Transportasi - Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi

Ojek merupakan transportasi umum yang tersedia. Ongkosnya juga mahal, kisaran 10-20ribu sekali jalan. Bila anda mau sewa mobil, bisa bertanya langsung ke pelayan penginapan. Hanya ada 1 pom bensin, itupun tidak setiap hari buka. Bensin eceran dijual dengan harga 10-12ribu /botol (sekitar 1,25 liter).

Ada Bandara udara untuk pesawat kecil, ada pelabuhan dan pangkalan mobil travel.

nuansa jalan kota ombak sarmi
nuansa jalan kota ombak sarmi

Kuliner - Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi

Hampir di setiap kota yang saya kunjungi di daerah timur Indonesia, sangat susah mencari makanan khas penduduk lokal setempat. Termasuk di sini. Orang sulawesi bilang kapurung, tapi di Papua biasa disebut papeda. Tidak ada yang lain. Ayam Bakar pasti masakan orang jawa, nasi kuning biasanya orang bugis, mie ayam, bakso, soto juga masakan orang jawa. Harganya kisaran 20-30rb/porsi untuk ayam bakar.

Artikel Terkait   #CatatanPerjalanan - Keindahan Kawah Gunung Kelud. Amazing of Kelud

Buah Matoa yang merupakan buah-buahan asli papu, banyak dijumpai sepanjang jalan. Buahnya berkulit agak keras, warna dagingnya seperti buah klengkeng, namun lebih kering, rasanya manis, seperti manisnya durian. Buah matoa adalah buah musiman, hanya berbuah sekali dalam setahun. Anda bisa mendapatkan harga yang murah bila membelinya langsung ke penduduk setempat. Namun harganya bisa berkali lipat jika sudah sampai Jayapura. Saya sendiri tidak mblenger makan 1 tas kresek 😀

Wisata - Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi

Pelabuhan Kota Ombak Sarmi
Pelabuhan Kota Ombak Sarmi

Sesuai dengan namanya "Kota Ombak", Kabupaten Sarmi mempunyai pantai dengan gugusan ombak yang menawan, Jika kita pergi ke pelabuhan , kita akan bisa melihat pemandangan ombak yang menawan di kejauhan. Percikan ombak seperti kabut di atas ombak.

Di Pantai Barat Kota juga tidak kalah cantik, sangat pas dikunjungi saat sunside, dengan senja kemerahan.

Hanya sayangnya, pantainya berpasirkan pasir hitam. Namun bagi saya pribadi Wisata Kota Ombak Sarmi pantas dan sangat layak untuk dikunjungi.

Dan lagi-lagi saya terpesona dengan barisan Pohon kelapa yang menghiasai tepi pantai dan sepanjang jalan semakin menambah nuansa alami .

Artikel Terkait   #WisataKuliner - Kapurung Makanan Khas Kampung Bugis

Spesial Thanks to Mbro Munir

Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi. Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi. Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi. Jalan-jalan ke Kota Ombak Sarmi

 

Advertisements

2 COMMENTS

    • Sebenarnya memang keren, tapi sarana yang ada masih mini, maklum namanya juga sarmi (sarana mini).
      Yang penting penggambaran-nya mengena, jadi orang tertarik untuk berkunjung :D, kurang lebih mbegitu mbro

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais