Advertisements

Dasar Jaringan. Cara mudah memahami NAT-Network Address Translation)

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Print Friendly, PDF & Email

Cara mudah memahami NAT. Cara mudah memahami NAT. Cara mudah memahami NAT. Cara mudah memahami NAT

Mikrotik mempunyai banyak fitur, fungsi dasarnya adalah sebagai router.  Ibarat sebuah trafict light di jalan raya, router memegang peranan penting dalam jaringan.

Mikrotik menyediakan fitur NAT (Network Address Translation). Inti dari NAT adalah membuat IP Private jaringan lokal di belakang mikrotik bisa terhubung dengan jaringan internet.

Artikel ini menggunakan bahasa yang sederhana, diharapkan bisa lebih mudah memahami. Mungkin ada beberapa penjelasan yang mungkin berbeda dengan sumber-sumber yang lain.

Pengetahuan Dasar

Jaringan lokal (LAN-Local Area Network, bedakan dengan LAN-Local Area Connection) secara gampangnya adalah jaringan yang terbatas hanya dalam satu ruang lingkup dan tidak bisa terhubung dengan jaringan publik/internet.

Misalkan jaringan dalam 1 lingkup provinsi. Walaupun mungkin user yang terhubung jaringan jumlahnya ratusan bahkan mungkin ribuan, namun ini masuk dalam area jaringan lokal, karena tidak terhubung dengan jaringan internet.

Artikel Terkait   #MikrotikTips Auto Backup Mikrotik and auto transfer upload to another mikrotik

Setiap user akan mendapatkan 1 IP Address, biasa dikenal dengan Ip Private. Jaringan ini Lebih aman dari ancaman yang berasal dari jaringan publik/internet.

Sedangkan Jaringan publik (WAN-Wide Area Network, bedakan WAN – wireless area connection) adalah jaringan yang terhubung dengan Jaringan publik/internet. Syarat utama agar bisa terhubung dengan jaringan publik/internet adalah memiliki IP Address Publik, biasa dikenal dengan IP Publik.

Ketika handphone kita terhubung internet, bisa jadi handphone kita mendapat 1 IP Publik, atau bisa juga tidak, karena provider menggunakan NAT.

Analogi Cara mudah memahami NAT

Fungsi NAT hampir sama seperti ilustrasi berikut :

Sebuah kantor pastilah mempunyai no Telepon PSTN. Selain no Telepon PSTN tersebut, kantor juga punya GSM router untuk komunikasi via GSM. Kedua jenis no Telepon tersebut digunakan untuk komunikasi dari/keluar kantor. Sedangkan untuk area kantor sendiri, telah tersedia  telepon ekstensi pada tiap-tiap ruangan.

Disaat kita akan mengubungi no GSM seorang rekan, tentunya yang tampil di handphone adalah no PSTN atau no GSM kantor, bukan no ekstensi telepon kita. Dan rekan kita tidak akan bisa menghubungi kita tanpa diikuti dengan no ekstensi kita, atau harus meminta receptionist menyambungkan ke no ekstensi yang akan dituju.

Artikel Terkait   Cara Mudah Membuat Script dan Schedule Mikrotik - part 2

Analisa Cara mudah memahami NAT

Untuk saat ini ada 3 faktor utama.

  1. Ip Address harus unik.

Seharusnya setiap perangkat harus memiliki IP Address Publik agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Sementara ini kebanyakan perangkat hanya mendukung IPV4 (Ip Address Versi 4). Masalahnya IPV4 itu terbatas, mulai dari 1.0.0.1 s/d 254.254.254.254, sedangkan perangkat di muka bumi sendiri semakin bertambah, dan akses internet merupakan menu wajib agar perangkat tersebut bisa digunakan dengan maksimal. Ip Publik V4 dipastikan akan habis.

  1. Ip Address Publik tidak gratis.

Jaringan Internet membutuhkan source yang besar, maintenance, services dan replacement. Penyedia jaringan internet akan membebankan biaya tersebut kepada user yang menggunakan jasa mereka, sekaligus meraup untung.

Tidak usah jauh-jauh, ambil contoh warnet, 1 billing dan 13 user. Berarti harus tersedia 14 IP Publik, 1 IP Publik berkisar antar 30-60ribu/bulan, berapa biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan, hanya untuk IP Publik.

  1. Security

Ancaman serangan dari jaringan publik hampir terjadi setiap saat, mulai dari virus, attacking, DDOS, bruce force, celah system dan masih banyak lagi. Akan lebih aman bila kita bisa melindungi user dari ancaman-ancaman tersebut. Biarkan user bekerja dengan mudah dan aman, tidak memusingkan hal-hal yang memang tidak perlu mereka pusing karenanya.

Artikel Terkait   #MikrotikTips Cara Mudah Memblokir Situs Mikrotik Bag. 2 ( Firewall)

Kesimpulan Cara mudah memahami NAT

Dengan 3 faktor di atas, maka dibuatlah NAT (Network Address Protocol). Dimana terdapat sebuah perangkat dengan fitur NAT, yang akan menjembatani antara jaringan lokal (Ip Private) dengan jaringan internet (IP Publik).

Defaultnya, jaringan publik tidak bisa mengakses jaringan private (lokal), bahkan untuk mencari daftar ip private yang terhubung pun tidak bisa.

Namun ada kalanya perlu melakukan forward ip publik dengan melakukan konfigurasi di beberapa bagian.

Contoh Cara mudah memahami NAT

Jadi jangan heran bila mungkin sering di kantor, ketika sedang googling, ternyata google menganggap kita robot  dan diminta memasukan captcha. Robot dalam dunia internet diartikan sebagai mesin yang secara otomatis melakukan kegiatan, bisa searching login, comment, sent email dll. Dalam hal ini google menganggap kita robot yang secara terus menerus melakukan aktifitas searching/pencarian, yang akan memaksa google melakukan query-pencarian database, yang sangat mungkin bisa membuat server google kwalahan dan menyebabkan hang)

Hal itu dikarenakan Google hanya mengenal 1 Ip Publik yang berada di Router. Apabila ada 1000 user yang melakukan query pada saat yang bersamaan, tentunya server akan heran dan menganggap ini adalah robot, untuk memastikan hal tersebut, dibuatlah captcha untuk memastikan robot atau bukan.

Artikel Terkait   Forward FTP Server Behind NAT

Cek IP Publik http://whatismyip.com.

Advertisements

us jauhari

Pernah mukim di salah satu Penjara Suci Bumi Reog. Traveller, Backpacker, Mountaineer dan coretan-coretan Phone : 08214435xxxx mcretive always opening your mind

You may also like...

2 Responses

  1. Anonymous says:

    Siip..thank

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

  Donasi untuk Santri  

Setiap rupiah yang sobat donasikan, sangat membantu mereka menimba ilmu

MADRASAH MUROTILIL QUR AN(MMQ) ARROHMAH
Saya ingin Menjadi Donatur
Wateskroyo, Besuki, Tulungagung Regency, East Java 66275

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!