#TrekkingTips Tips Aman Pendakian Solo

0
444
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Tips Aman Pendakian Solo. Oke sob, kali ini admin sempatkan menulis di malam natal tahun 2017. Btw, ada yang pernah mendaki solo? Enak ngga sih pendakian solo itu? Emang ngga takut saat melakukan pendakian solo? dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya berkaitan dengan pendakian solo.

Rincian Biaya Pendakian Gunung Sumbing
Pendakian Gunung Sumbing

Pendakian solo atau bahasa gampangnya pendakian yang dilakukan seorang diri alias solo, bukan duo, trio kuartat dst. Ada banyak tipe, jenis dan karakter pendaki gunung. Salah satunya adalah pendaki solo.

Kenapa Pendakian Solo?

Ada beberapa alasan seseorang melakukan pendakian solo

  • Seseorang melakukan pendakian solo karena ngga punya patner. Ada gitu? Banyak sob. Pendaki jenis ini berangkat dari rumah sendiri, dengan bekal dan perlengkapan sendiri. Saat mendaki ada barengan atau tidak, it's no problem.
  • Alasan yang kedua adalah Passion. Mereka menghindari pendakian dengan partner karena bagi mereka, pendakian solo lebih mampu memenuhi hasrat dan panggilan jiwa mereka.
  • Alasan yang terakhir seseorang melakukan pendakian solo adalah karena "terpaksa". Ya mau gimana lagi, gak ada barengan naik jadi mau ngga mau.
Artikel Terkait   #TrekkingTips Persiapan Mendaki Gunung Kerinci

Amankah Pendakian Solo?

Aman tidaknya pendakian solo tergantung dari person masing-masing. Faktor kedua adalah faktor alam. Selama pengetahuan dan skillnya mumpuni, persiapan dan perlengkapan yang dibawa memenuhi standar wajib naik gunung, maka pendakian solo bisa dikatakan 90% aman, sisanya yang 10% tergantung faktor alam

Berikut ini admin bagi tips aman pendakian solo yang bisa dijadikan referensi sebelum sobat melakukan pendakian solo

Persiapan Tips Aman Pendakian Solo

Tips Aman Pendakian Solo. Inti dari pendakian solo adalah "Persiapan bagaimana bila situasi dan kondisi tidak sesuai dengan rencana". Mungkin saat pendakian sobat sering mengalami pendakian yang tidak sesuai dengan rencana, entah karena faktor alam, individu, persiapan yang kurang dll. Tapi karena ada banyak team, masalah tersebut masih bisa diatasi bersama. Hal ini tidak berlaku bila sobat mendaki solo. Sobat tentu berharap tidak ada masalah yang berarti saat melakukan pendakian solo, namun sobat juga harus punya persiapan bila ternyata tidak sesuai dengan harapan, dan ini adalah point utama pendakian solo.

Kembali ke atas - Tips Aman Pendakian Solo

Persiapan Fisik dan Mental

Persiapan fisik sobat pasti siap, tapi jangan lupakan kesiapan mental.

Jangan pernah melakukan pendakian solo jika mental tidak siap. Sayangi nyawa sobat. Resiko terburuk dari mendaki gunung seorang diri adalah kematian. Bukan menakuti tapi ini adalah fakta. Tidak ada jaminan bahwa sobat pasti selamat mendaki seorang diri, di gunung dengan rute termudah sekalipun.

Artikel Terkait   #TrekkingTips - Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri
Persiapan Pendakian Solo - Mental dan Fisik
Persiapan Pendakian Solo - Mental dan Fisik

Faktor alam yang mungkin diluar perkiraan. Psikis bisa dikatakan faktor penentu dalam perjalanan pendakian solo. Kondisi psikis atau kejiwaan yang buruk dan lemah akan berpengaruh langsung ke fisik seeorang. Istilahnya membuat drop.

Penulis mengutip seorang senior "Mendaki semeru itu lebih ke mental". Ada benarnya juga, dari ranu pane ke kali mati bisa dikatakan jalurnya landai, kali mati sampai puncak yang jalurnya curam dan perlu fisik dan terutama mental yang kuat.

Belum lagi hal-hal ghaib diluar jangkauan manusia. Persiapkan mental secara baik dan matang.  Banyak berdoa disertai amalan-amalan yang baik akan membantu menguatkan mental dan kejiwaan sobat.

Kembali ke atas - Tips Aman Pendakian Solo

Analisa data sebelum mendaki solo

Pekerjaan tanpa ilmu akan rusak. Cari data mengenai gunung yang akan sobat daki. Semakin lengkap semakin baik. Kenalilah medan gunung sebelum mendakinya.

Dimana, Kapan dan Bagaimana. Jalur aman pendakian, tempat-tempat dan area aman untuk bermalam, ketersediaan sumber air, kenali dan cari informasi mengenai area-area terlarang/berbahaya di gunung tersebut.

Sobat harus sudah bisa memperkirakan jadwal kegiatan selama pendakian solo, kapan harus istirahat, bermalam, summit, turun gunung.  Termasuk pertimbangan padatnya pengunjung sehingga area untuk mendirikan tenda menjadi sempit.

Persiapan Pendakian Solo - Analisa Data

Bisa dikatakan, bahwa ini adalah blueprint. Sobat harus sudah merencanakan dengan matang dengan segala kemungkinan yang akan terjadi bila tidak sesuai dengan rencana

Artikel Terkait   #TrekkingTips Rincian biaya persiapan mendaki Gunung Rinjani

Bagaimana bila hujan badai? tersesat?  peralatan tidak berfungsi? logistik kurang cidera? dan banyak kemungkinan lain yang bisa terjadi yang sobat harus sudah bisa memprediksi dan menemukan jalan bagaimana mengatasinya.

Kembali ke atas - Tips Aman Pendakian Solo

Persiapan Perlengkapan, Peralatan dan Logistik

Ok, Jika mental dan fisik sudah sip, data dan informasi sudah lengkap, dan dari hasil analisa tersebut selanjutnya sobat bisa mempersiapkan perlengkapan dan peralatan pendakian solo yang harus safe, bisa diandalkan, durable dan tahan banting dan kalau bisa alat gunung yang ultra light.

Kenapa harus alat gunung yang  safe bisa diandalkan, durable dan tahan banting? Ingat ya sob, mendaki solo berarti sobat bener-bener lonely di luar sana. Jika ada barengan oke lah masih bisa tenang, namun jika bener2 lonely bagaimana? Maka pastikan peralatan yang sobat pakai benar-benar aman dan bisa diandalkan, terutama saat situasi tidak sesuai rencana. Misal saat hujan badai, mengalami cidera/jatuh, fisik yang semakin melemah, tersesat dll.

Perlengkapan Pendakian Solo Harus Safe dan bisa diandalkan
Perlengkapan Pendakian Solo Harus Safe dan bisa diandalkan

Admin pernah mendaki solo, saat bermalam hujan badai turun, frame tenda patah karena lokasi mendirikan tenda yang kurang tepat. Headlamp mati, faktor kelelahan dan lain-lain membuat semakin tidak fokus, akhirnya kita akan melakukan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari.

Simpel saja. Karena headlamp tidak safe, talinya lepas, saat gerimis mati, redup, ganti battery susah dll. Hal ini mungkin sepele bila situasi kondisinya aman, tapi jika saat kondisi diluar kendali, maka akan membawa masalah yang besar bagi kita. Saat hujan malam hari dengan membawa beban berat, faktor kelelahan, dengan jalur yang ekstrim tentu akan sangat susah bila harus membenarkan headlamp

  • Pastikan membawa peralatan wajib naik gunung
  • Jangan membawa peralatan yang berat dan tidak penting.
  • Bawa repair kit. Penting bila terjadi kerusakan pada gear.
  • Bawalah selalu peralatan cadangan seperti headlamp dan battery.
  • Selain membawa kompor, bawalah juga perapian yang lain, lilin atau parafin,
  • Bawa logistik seperlunya saja dan pastikan membawa bahan makan siap makan yang bergizi dan berkalori tinggi, tidak perlu dimasak dan dapat langsung dimakan.
Artikel Terkait   #TrekkingTips - Perlengkapan dan perbekalan penyebab sampah saat naik gunung

Ada orang yang berbakat dalam hal navigasi, namun banyak juga yang sebaliknya, jalan ke kampung sebelah saja nyasar. Jangan pernah mendaki solo jika sobat mempunyai pengetahuan navigasi yang kurang baik.

Kembali ke atas - Tips Aman Pendakian Solo

Saat Pendakian Solo

Jika sobat sudah siap fisik dan mental, perlengkapan dan logistik juga sudah siap, sobat bisa melakukan pendakian solo dengan memperhatikan hal - hal penting berikut ini.

Pilih Jalur dan Metode Teraman
Pilih Jalur dan Metode Teraman
  • Hal pertama saat pendakian solo adalah, pastikan segala sesuatunya aman.
    • Pastikan gunung yang sobat daki adalah aman. Aman dari gunung api meletus, aman dari longsor aman dari gas beracun, dan aman dari hal-hal yang lain.
    • Pastikan mendapat ijin resmi dari petugas berwenang
    • Pastikan memberi kontak person keluarga/teman yang bisa dan mudah dihubungi bila terjadi sesuatu.
    • Pastikan memilih jalur yang aman. Jangan memilih jalur ilegal atau yang berbahaya hanya untuk mengejar rating.
    • Pastikan pendakian dilakukan saat musim yang aman.
    • Dan pastikan, cara sobat dalam melakukan pendakian adalah aman, entah itu cara mendirikan tenda, cara masak, cara tidur, cara berjalan dll.
  • Jika bertemu rombongan lain, pastikan bertegur sapa dan mengenalkan diri. Penting jika terjadi hal2 yang tidak diinginkan, dari tegur sapa ini bisa dijadikan informasi
  • Tinggalkan jejak yang jelas. Bisa menggunakan tanda dan warna terang yang mudah dibaca
  • Hemat tenaga dan logistik. Jangan menghabiskan logistik sebelum sobat berada di titik aman.
  • Hormati alam maka alam akan mongormati
Artikel Terkait   #TrekkingTips Daftar Peralatan Wajib Naik Gunung

Well, semoga tips pendakian solo ini bermanfaat dan menjadi catatan penting sobat yang ingin melakukan pendakian solo

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.