#BudidayaLebah Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah

0
275
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah. Nektar atau sari bunga adalah cairan manis layaknya gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan untuk menarik hewan penyerbuk seperti serangga, contohnya lebah dan kupu-kupu. Nektar dihasilkan kelenjar nektar yang biasanya terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium), sehingga hewan penyerbuk mau tidak mau bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu mengambil nektar.

Tapi nektar tidak hanya berasal dari bunga saja, pohon akasia selain menghasilkan nektar pada bunga juga menghasilkan di pangkal daun

Nektar sumber makanan utama lebah

Nektar merupakan sumber makanan bagi lebah. Dalam budidaya pertanian dan perkebunan, keberadaan nektar sangat penting untuk menarik perhatian serangga penyerbuk.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Pria

Walaupun kandungan nektar kurang lebih sama dengan gula, sukrosa, glukosa dan fruktosa, namun nektar memiliki beragam kandungan phytochemical lainnya yang berfungsi menarik penyerbuk dan mencegah predator. Misal karbohidrat, asam amino dan volatif yang berfungsi untuk menarik beberapa spesies penyerbuk termasuk lebah. Sedangkan alkaloid dan polifenol memberi fungsi sebagai perlindungan. Perlu dicatat bahwa kandungan nektar berbeda-beda pada tiap-tiap tanaman. Pada jenis yang sama pun hasilnya nektar bisa berbeda karena pengaruh tanah, iklim, geografis dll.



Nektar pada pohon akasia
Nektar pada pangkal daun pohon akasia. credit : www.borneoforesthoney.com

Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah

Saat lebah menghisap nektar, kelenjar ludah lebah bekerja keras untuk menghasilkan enzim invertase (juga disebut diastase), yang mengubah sukrosa (disakarida) menjadi glukosa dan fruktosa (mono).  Dan masih panjang lagi proses dari nektar menjadi madu.

Rasio gula pada nektar "mungkin" tidak hanya bergantung pada anatomi tanaman  (Doner 1977) tetapi juga pada struktur yang mensekresi dan melakukan gula (Nicolson dan Thornburg 2005). Percival (1965) melaporkan bahwa famili tanaman tertentu secara konsisten mengandung nektar yang kaya heksosa (Brassicaecae dan Asteracease) atau kaya sukrosa (Laminaceae dan Rannunculaceae); sukrosa dan kadar variabel oligosakarida lainnya adalah komponen gula utama dalam nektar (Maurizio 1976Doner 1977Shuel 1992De la Barrera and Nobel 2004).

Artikel Terkait   #BudidayaTrigona Hal Penting Sebelum Membuat Kotak Stup Trigona Klanceng

Tidak semua nektar bisa dicerna oleh lebah

Yang lebih menarik: banyak tanaman menghasilkan nektar dengan gula yang tidak bisa dicerna oleh lebah (mungkin penyerbuk lainnya bisa?) Mengapa tanaman menghasilkan nektar yang tidak bisa dicerna oleh serangga? Mungkin karena nektar tersebut bukan produk akhirnya, tapi produk produk sampingan dari proses lain, ibarat asap kendaran yang merupakan pembuangan.

Banyak penulis menunjukkan dalam penelitian mereka bahwa gula tambahan yang ditemukan di nektar adalah non-nutrisi karena lebah tidak dapat memecahnya dan dapat menjadi racun saat tertelan, terutama dalam kondisi  di laboratorium (memberi makan lebah yang dikurung). Untuk memastikan keseimbangan nutrisi diperoleh, lebah membutuhkan beragam sumber tanaman untuk mencari makan.

Nektar hangat lebih disukai lebah

Para ilmuwan yang mempelajari lebah menemukan bahwa nektar hangat yang mengandung lebih sedikit gula di dalamnya masih lebih disukai daripada nektar yang lebih kaya gula pada suhu yang lebih dingin. Mengapa? Karena lebah dapat menggunakan panas dari bagian nektar sebagai energi untuk mencari makan. Itulah pentingnya pengaturan suhu tubuh ketika lebah terbang mencari makan. 

Beberapa peternak lebah mengamati banyak lebah mencari nektar di waktu-waktu tertentu yaitu antara jam 9 s/d jam 11 pagi

Artikel Terkait   #InfoLebah Propolis Lebah dan Manfaatnya

Nektar sebagai obat dan kesehatan untuk lebah

Para peneliti telah mencatat bahwa bunga memiliki banyak metabolit sekunder dan bahkan lebah mampu mengobati dan menyembuhkan lebah sendiri karena ada tanaman . Penelitian dilakukan untuk melihat apakah ada tanaman yang benar - benar dapat membantu lebah madu mengobati mereka sendiri. Ternyata tembakau alkaloid anabasine mengurangi muatan parasit usus protozoa dalam lebah lebih dari 80%. Senyawa lain yang melindungi lebah dari parasit termasuk alkaloid tembakau lain, nikotin, timol terpenoid, yang ditemukan di nektar pohon basswood, dan catalpol, glikosida iridoid yang ditemukan di nektar turtlehead, tanaman lahan basah di Amerika Utara bagian timur.

Tapi ini bukan tentang tanaman yang baik untuk lebah; ini adalah perlindungan kimiawi dimana lebah juga memakannya. Anabasine, senyawa dengan manfaat anti-parasit terkuat, membuat waktu reproduksi lebah menjadi lama dimana lebah siap untuk matang dan bertelur.

Nektar sebagai detok untuk lebah

Detok adalah sebuah proses pengeluaran toksin didalam tubuh. Serbuk sari dan nektar berfungsi lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan metabolisme. Serbuk sari dan nektar memiliki manfaat tambahan untuk lebah dan kesehatan mereka. Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah

Artikel Terkait   #BudidayaLebah Manfaat dan efek memberi air gula pada lebah

Sebuah studi 2013 oleh Wenfu Mao dan rekan-rekannya dari University of Illinois di Urbana-Champaign melaporkan bahwa “konstituen yang ditemukan dalam madu, termasuk  p-coumaric acidpinocembrin dan pinobanksin 5-methyl ether , secara khusus menginduksi gen detoksifikasi.” Ya, detoksifikasi untuk lebah. Asam P-coumaric meningkatkan metabolisme mid-usus coumaphos, sekitar 60%. Coumaphos adalah pestisida in-hive yang banyak digunakan untuk mengendalikan tungau perusak Varroa .

Lebah memperoleh manfaat alami dari nektar

Penelitian ini dengan jelas menunjukkan bahwa lebah liar dapat memperoleh manfaat ketika mereka mengonsumsi metabolit sekunder yang secara alami terdapat dalam nektar bunga. Secara singkat, senyawa-senyawa ini menyebabkan peluang hidup lebah lebih lama semakin besar, mengingat lebah juga mengkonsumsi serbuk sari saat madih larva.

Lalu muncul beberapa pertanyaan, namun bukan admin sih, tetapi oleh seorang mahasiswa pasca doktoral USDI NIFA di Universitas Vermont.

Mengenai pengobatan sendiri dari tanaman oleh lebah madu

  • Bisakah penelitian ini dimanfaatkan untuk membantu mengurangi populasi lebah? Kami belum tahu.
  • Apakah menanam tanaman tertentu di sekitar peternakan lebah dan peternakan akan menghasilkan populasi lebah yang lebih sehat? Kami belum tahu.
  • Apakah tanaman asli merupakan sumber penting senyawa obat bagi lebah yang dengannya mereka mempunyai sejarah evolusi yang panjang? Kami belum tahu.
Artikel Terkait   #InfoMadu Ironi Negeri Penghasil Madu Terbaik Dunia

Kandungan dan manfaat nektar bagi lebah



Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.