#TravelStory - Perjalanan Tana Tidung Kalimantan Timur. Palangka - Banjarmasin.

0
140
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Perjalanan Tana Tidung Kalimantan Timur

Rute perjalanan saya kali ini saya mulai dari Palangka Raya Kalimantan Tengah, Banjarmasin Kalimantan Selatan, Balikpapan Kalimantan

Timur, Tarakan dan yang terakhir Kab. Tana Tidung.

Perjalanan yang saya tempuh membutuhkan waktu 4 hari 3 malam.  Jalur yang dilalui adalah jalur darat, laut, udara dan sungai.

Hari pertama, Jumat, 21 Oktober 2011, Palangka - Banjarmasin

Perjalanan Palangka - Banjarmasin bisa ditempuh dengan jalur darat. Bis sangat jarang sekali, satu-satunya transportasi umum adalah mobil travel dengan ongkos 70-90rbu dengan waktu tempuh 3-4 jam. Dikarenakan hari Jumat, saya berangkat usai sholat Jum'at.

Keluar dari Palangka Raya kita akan melewati jembatan nusa. Jembatan ini dibangun di atas tanah rawa yang panjang. Jangan membayangkan jembatan seperti jembatan di atas sungai. Jembatan sepanjang sekitar 1km lebih ini rencana akan diperpanjang karena ketika musim penghujan tiba, jalanan masih terendam air luapan.

Pulang Pisau

Sampai di daerah Kab. Pulang Pisau kita bisa rehat sejenak. Ada banyak rumah makan yang menyediakan makanan dan minuman, mck, makanan ringan, musholla bahkan ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Yang paling ramai adalah Cindi Laras. Menu yang disediakan tidak terlepas dari ikan Patin dan ayam dimasak Habang.

Artikel Terkait   #CatatanPerjalanan - Menikmati Keramahan Kota Belopa Luwu Sulawesi Selatan

Kampung Bali di Kalimantan tengah

Meninggalkan Pulang Pisau kita akan memasuki kawasan kampung bali. Bukan hanya orangnya saja yang dari Bali, namun mereka juga membawa dan membangun kebudayaan dan keyakinan di sini. Tidak ubahnya di Bali, hampir di setiap halam rumah terdapat benda yang biasa digunakan untuk menaruh sesaji. Salak Bali juga banyak ditanam di sini, tentunya terdapat Pura untuk beribadah para penduduk.

Bila musim durian dan cempeda tiba, kita bisa membeli dengan harga murah di kampung ini, karena diambil langsung dari kebun penduduk setempat.

Kuala Kapuas

Kabupaten selanjutnya adalah Kuala Kapuas. Sungai Kapuas membentang luas dan memanjang di kota ini. Kota kapuas sangat nyaman dan tertata. Banyak tempat terbuka yang bisa kita nikmati. Ada juga penginapan di pinggir sungai Kapuas. Saya sangat betah di Kapuas.

Namun jangan harap bisa melihat keindahan Kuala Kapuas jika memakai transportasi umum, karena mobil tidak akan lewat kota, namun langsung mengambil jalan pintas. Namun anda jangan kecewa, karena masih bisa menikmati keindahan sungai Kapuas di jembatan Kapuas.

Artikel Terkait   #TravelStory What Amazing of Flores!!! Keindahan Alam Flores

Taman Kota Kapuas~Kota AirAnjir

Kalimantan Tengah layak bangga dengan Anjir. Beras Anjir sangat terkenal, bisa dikatakan Anjir adalah gudang beras Palangka Raya dan Banjarmasin. Beras Anjir hampir sama dengan beras Padang, tidak pulen seperti beras-beras di jawa. Sangat pas dengan menu sehari-hari masyarakat setempat yang biasa makan dengan soup. Saya pun menyukai beras Anjir.

Anjir merupakan perbatasan provinsi Kalimantan Tengah dengan Kalimantan Selatan

Kayu Tangi

Kayu tangi merupakan pintu masuk Banjarmasin yang berbatasan langsung dengan Anjir, Kalimantan Tengah.  Hari sudah gelap ketika masuk Banjarmasin. Saya turun perempatan Kayu Tangi setelah jembatan Kayu Tangi. Tak lama menunggu, sepupu saya datang menjemput.

Namun bila anda hendak menginap di penginapan, bisa menginap di hotel Rahmat di jalan A. Yani. Tarif standar. Ada rumah makan itik bakar Madezo.

Bila hendak mengunjungi Mall terbesar di Banjarmasin, anda bisa perrgi ke Duta Mall berjalan kaki atau naik ojek karena terletak tidak jauh dari penginapan.

Mengenai Banjarmasin, anda bisa membaca tulisan saya Susahnya mencari Battery kering 120AH di Kalimantan

Artikel Terkait   #TravelStory Mengunjungi Kota Sejarah Ende Flores Nusa Tenggara Timur

Thanks to, Rinto Widyawan atas tumpangannya selama di Banjarmasin.

Perjalanan Tana Tidung Kalimantan Timur

To Be Continued...

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.