#TrekkingHistory Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest

0
20
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Space Iklan – Hubungi admin
WA – 082144353639

Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest. Puncak Meru adalah puncak gunung yang terletak di Garwhal Himalaya , di Uttarakhand wilayah India.

Menaklukkan Puncak Meru Himalaya
Menaklukkan Puncak Meru Himalaya

Terletak antara Thalay Sagar dan Shivling , dan memiliki beberapa rute yang sangat menantang. Elevasi puncaknya adalah 6.660 meter (21.850 kaki). Meru memiliki 3 puncak. Dan Rute Fin Shark (Sirip Hiu) memiliki reputasi di antara pendaki gunung elite sebagai salah satu rute paling sulit di dunia. Pendaki pertama dunia yang mencapai puncak Meru melalui rute ini adalah Conrad Anker , Jimmy Chin , dan Renan Ozturk pada Oktober 2011

Artikel Terkait   #TrekkingHistory - Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2

Apa Kata Mereka Tentang Meru?

Conrad Anker (Yang menemukan jasad George Mallory)

Pendakian di ketinggian gunung-gunung Himalaya sangatlah beresiko.. Olahraga profesional yang sangat berbahaya dan tentu saja, mahal sob. Tapi tentang Meru, resiko itu setimpal.Sebagai seorang pendaki pro, Meru adalah puncak dari semua yang sudah aku lakukan.

Jimmy Chin (National Geographic)


Meru punya reputasi sebagai gunung yang mustahil untuk dipanjat.

Jon Krakauer (Author Into thin Air)

Beberapa pemanjat tebing terbaik dunia banyak yang telah gagal dirute ini (fin shark / sirip hiu). Meru bukan hanya sulit. Kesulitannya benar-benar rumit. Anda tidak cukup hanya mahir dalam panjat tebing es. Anda mahir dalam hal ketinggian belumlah cukup. Anda mahir dalam panjat tebing batu juga belum cukup. Anda harus mahir dalam panjat es, pemanjat berbagai medan. Dan anda harus mampu memanjat dinding lebar di ketinggian 6000 meter. Itu adalah hal-hal yang membuat banyak sekali pendaki-pendaki hebat gagal... dan mungkin juga akan menaklukkan anda dan orang-orang yang akan memanjatnya.

Artikel Terkait   #TrekkingHistory Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2 Bag-2

Penamaan Sirip Hiu - Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest

Asal mula penamaan Sirip Hiu adalah tebing granit indah setinggi 450 meter...membentang sampai ketinggian, sekitar 6000 meter.
Ini adalah ujian bagi para pemanjat tebing. Tebing ini telah didaki oleh banyak pemanjat tebing hebat. Mungkin, 20 kali. Selama 30 tahun sebelum Anker dan teamnya (oktober 2011) Banyak pendaki yang mencoba menaklukkan Fin rute Shark dan gagal.

Conrad pertama kali mendaki Meru di tahun 2003... dan dia gagal. Pendakian Meru adalah pendakian dengan teknik luar biasa. Beda dengan Everest.
Mendaki Puncak Meru adalah jenis pendakian yang benar-benar berbeda. Karena di Everest, sobat bisa menyewa Sherpa untuk membawakan barang-barang... untuk memasang tali-tali, melakukan hal-hal beresiko lainnya seperti bikin teh atau kopi. Jimmy dan Conrad telah mendaki Everest sebanyak 4-5 kali. Bahkan Jimmy pernah melakukan ski es dari puncaknya.

Meru adalah anti-Everest - Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest

Sobat harus memikul barang-barang bawaaan sobat sendiri. Dan untuk Meru, sobat akan memerlukan banyak sekali peralatan. Karena proses pendakiannya benar-benar kompleks.

Artikel Terkait   #TrekkingHistory Sejarah Pendakian Gunung Everest, Zona Kematian dan Etika Pendakian
Puncak Meru, Anti Everest
Puncak Meru, Anti Everest

 

Dibagian atas, Sirip Hiu, setinggi 450 meter rutenya benar-benar licin. Tebingnya nyaris tidak bertekstur. Tapi dibawahnya ada tebing bersalju tebal sekitar 1200 meter. Biasanya para pendaki memanjat bagian yang 1200 meter dengan sangat cepat... dan ini mudah bagi mereka.
Lalu mereka akan sampai di Sirip Hiu, sebuah dinding gunung yang besar.
Di sini para pendaki harus menggunakan teknik panjat dinding besar di bagian atas Meru. Di rute ini perjalanan akan benar-benar sangat lambat dan pelan .

Dalam sehari para pendaki mungkin hanya bisa memanjat 60 meter saja. Sehari sob, hanya 60m. Berarti 1 jam hanya mampu memanjat 5m saja.

Mungkin akan butuh 6-7 hari untuk memanjat sampai 450 meter. Dan kalau memakan waktu selama itu, mau tidak mau pendaki akan membutuhkan tenda gantung.

Beban berat yang harus dipikul sendiri - Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest

Para pendaki pastinya butuh suplai air dan makanan. Berat semuanya mungkin kurang lebih 100 kg. Belum ditambah rack besi seberat 25 kg. Para pendaki harus memikul beban hingga 100 kg sampai ketinggian 1200 meter pertama. Baru mendirikan tenda gantung, dan mulai memanjat.

Artikel Terkait   #TrekkingHistory - Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2

Pada tahun 2008, Jimmy Chin, Conrad Anker, dan Renan Ozturk berangkat untuk mendaki dinding granit Shark Fin. Pada saat itu, belum ada yang pernah menyelesaikan pendakian. Setelah 20 hari dalam kondisi ekstrim, mereka menyerah hanya 100 meter dari puncak.

Jimmy Chin bersumpah untuk tidak pernah menginjakkan kaki di gunung lagi. Namun Tiga tahun kemudian, mereka kembali bergabung dan berangkat untuk menyelasaikan misi mereka yang sempat gagal tahun sebelumnya (2008).

Menaklukkan Puncak Meru Himalaya
Tidak ada porter mengharuskan pendaki membawa logistik sendiri

Walaupun saat itu Renan hampir tewas karena kecelakaan, namun 5 bulan pasca operasi dengan terapi yang ketat, Renan memutuskan untuk bergabung dengan team dengan resiko yang tentunya lebih besar.

Di hari ke 11 mereka akhirnya mencapai ketinggian 6.660m, puncak Meru dan menjadi pendaki pertama di dunia yang mencapai puncak Meru
Dokumentasi lengkap mereka dalam mendaki puncak meru bisa sobat tonton di film Meru. Film dokumenter yg layak untuk menambah wawasan dan tentu saja menginspirasi.

Tulisan ini berdasarkan Film "MERU" 2015 dan berbagai sumber.

Artikel Terkait   #TrekkingHistory Sejarah Pendakian Gunung Everest, Zona Kematian dan Etika Pendakian

Menaklukkan Puncak Meru Himalaya sebuah Anti Everest

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais