#AndroidTips - Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa Root handphone

20
2318
1
2
3
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

Screenshot_2015-01-05-18-07-13  Screenshot_2015-01-05-18-49-17

Bagaimana membuang /menghapus aplikasi bawaan android??

Harus mempunyai akses ROOT / Full akses. Analogi sederhana root.

  • Sebuah rumah (android) ada 2 kamar (Kamar A-khusus dan Kamar B-umum) dengan 2 penghuni (root dan biasa).
  • Penghuni "root" mempunyai 2 kunci kamar tersebut-full akse, penghuni satunya-biasa hanya mempunyai 1 kunci dari 2 kamar tersebut-akses terbatas.
  • Penghuni/pengguna "biasa" hanya bisa melihat dan menggunakan kamar A dan B, namun tidak bisa mengutak-atik isi dari kamar A, karena tidak punya kunci. Bila hendak memindahkan atau mengeluarkan barang dari kamar A, pengguna biasa harus ijin ke ROOT agar bisa membuka kamar A dan memindahkan barang dari kamar A.
  • Aplikasi bawaan android berada di kamar A, sedangkan kita pengguna android dari pabrikan hanya diberi kunci B.
  • Kita bisa memakai/melihat aplikasi di kamar A, namun kita tidak bisa memindahkan atau membuang apa-apa yang ada dikamar A karena keterbatasan hak akses.
Artikel Terkait :  #TipsAndroid - Espier launcher, Tema minimalist terbaik untuk android anda

Bagaimana membuang aplikasi   bawaan android tanpa akses ROOT?

Jawabanya "TIDAK BISA". Harus dengan akses root/full akses. Pertanyaan yang benar adalah sebagai berikut :

Bagaimana membuang aplikasi bawaan android tanpa root permanen?




Kenapa tanpa root permanen??

  • Root Android permanen menyebabkan garansi Handphone hilang
  • Jika tidak hati-hati bisa menyebabkan file penting system hilang yang akhirnya android tidak berjalan dengan baik
  • Keamanan. Root permanen akan memberikan full akses ke semua aplikasi yang ada. Ada aplikasi yang memang dapat dipercaya, namun banyak juga aplikasi yang dibuat dengan tujuan mencuri data-data penting.




20 COMMENTS

    • Asal punya stock rom nya, bisa dikembalikan ke awal. Android saat ini masih memberi kebebasan buat user nya untuk pakai android versi berapapun asal support dg device/handphone. Lain halnya dg apple

  1. Min kan ada system pembaruan ,udh ane perbaharui th system nya. Skarng ane mw di kmbalin ke system lama tuh gmna ya?

  2. @mas gembel. iya mas saya juga ingin curhat mengenai download menggunakan aplikasi play store. awalnya saya masih bisa download melalui playstore(tablet sudah saya root dan memori eksternal di partisi untuk menambah memori internal/link2sd), karena saya ingin ganti memori card namun tidak bisa karena kendala link2sd tersebut, setelah saya hard reset jadi tidak bisa sama sekali download, muncul terus warning yang tulisannya "kesalahan pengambilan informasi dari server [RPC:S-7:AEC-0 XWYU MVFA PLIU TYUI]", sebenarnya eror seperti itu sebelum saya hard reset sudah ada tetapi berlangsung sementara, tapi setelah hard reset sudah di reboot, atau ditunggu besoknya pun sama sekali tidak berpengaruh. saya cari2 solusinya kebanyakan membahas tentang ganti akun, saya sudah ganti akun dan buat baru tapi tetap saja mas,hasilnya nihil. Ingin saya uninstal tapi tidak bisa, kayanya playstore di android saya itu aplikasi bawaan. Pingin di instal ulang, tapi cemas bakal ada masalah berlanjut. Kira2 gimana solusinya ya mas. Tablet saya mito t970. Terima kasih

    • Lama ngga cek, sorry. Iya itu biasanya memang kesalahan data akun google di handphone. Playstore tidak bisa dibuang/uninstall. Tapi jika sudah di hard reset (kembali ke default pabrik) harusnya sudah bersih semua.
      Ok coba lakukan tips berikut :
      1. Pastikan tanggal dan waktu sudah benar.
      2. Pastikan akun yg akan dipakai bisa dipakai di hp android yg lain.
      3. Remove semua account yg ada, pengaturan-> akun dan sinkronisasi.
      4. Bersih kan cache di google play service (masuk pengaturan, aplikasi lalu pilih google play service.
      5. Restart hp dan saat dinyalakan pastikan tanggal nya sudah benar

  3. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
  4. @Juni -> Google Play Service tidak bisa dihapus dan atau di install melalui Playstore (bukan appstore - apple). Tanpa Google Play Service, playstore tidak akan bisa dibuka.
    Play store tidak bisa dibuka biasanya masalah settingan tanggal. Di cek dulu tidak berfungsi nya kenapa? Android berapa? Kalo memang dari awal tidak bisa dibuka, ya balikin lagi ke yang jual. Tapi kalo awalnya bisa kemudian tidak bisa, coba diinstall ulang/Flash HP nya.
    Yang susah jika HP Replika adalah mencari stok ROM nya (master installasi), masing-masing HP punya stock ROM sendiri. Kita tidak tahu stock ROM yang cocok untuk HP Replika

  5. Saya mau menghapus google play service gan. Bisa gak. Soalnya gak berfungsi / tidak terpasang.. Gimna gan. Maksd saya. Saya apus itu google play service. Lalu saya download lagifl di app store lagi.

  6. Untuk memasang kembali aplikasi system yang telah dihapus bisa di masuk menu apk manager. Namun untuk menghindari kerusakan file backup, bisa memakai aplikasi backup aplikasi plus data, semisal Titanium Backup Pro.

  7. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    • Tergantung aplikasi yg dipakai untuk menghapus, kalau system app remover seperti contoh di atas otomatis di backup file apk. Hampir semua applikasi uninstaller/penghapus mempunyai fitur backup

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.