#BelanjaOnline Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

0
13
Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel.
Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. Silahkan share dan beri respon saran kritik dengan bahasa yang baik, jelas dan mudah dimengerti.

Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit. Dari dulu sejak kasus kartu kredit Citibank saya kebobolan yang pertama, suami sudah menyuruh untuk tutup saja. Tapi saya masih bandel ? Dengan adanya kejadian ini saya jadi kapok belanja di aplikasi Shopee ID karena sangat tidak aman, rentan terjadi pembobolan dan makin mantap niat saya untuk menutup kartu kredit Citibank saya kalau semua tagihan saya sudah lunas. Capek hati, tenaga, pikiran dan pulsa euy. Bolak-balik telepon melulu ke Citibank ngurusin kasus ini -__-

Postingan ini bukan untuk menjelekkan pihak manapun, postingan ini murni menceritakan apa yang saya alami.

Sudah 7 tahun saya menjadi nasabah kartu kredit Citibank. Selama itu kartu kredit saya pernah kebobolan satu kali. Saya lupa tahun berapa dan berapa jumlahnya. Pada saat itu bisa disanggah dan saya nggak perlu membayar tagihan yang memang bukan saya yang bertransaksi. Saat itu memang kartu kredit Citibank saya belum saya tutup alias masih digunakan.

Artikel Terkait   #BelanjaOnline Pengalaman Belanja Online Lazada

Nah bulan April lalu, lagi-lagi kartu kredit Citibank saya dibobol orang. Jumlahnya nggak tanggung-tanggung. 900 USD!!! 12 juta lebih meeeeeen. Hari gini, 100 rupiah aja berarti apalagi 12 juta!

Kronologi Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

Tanggal 8 April 2016 pagi tiba-tiba saya dapat 2 notifikasi melalui SMS dari Citibank seperti di bawah ini. Padahal kan biasanya Citibank itu menggunakan sistem OTP (one time password), alias OTP dikirimkan dulu melalui SMS ke kita, baru transaksi bisa dilakukan. Ini mah sebelumnya nggak ada OTP-OTPan, tahu-tahu ada SMS notifikasi kalau kalau kartu kredit saya dipakai untuk melakukan transaksi. Tadinya saya nggak tahu LOWE’S itu apa. Pas browsing-browsing baru tahu kalau LOWE’S itu sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang jasa penjualan bahan bangunan dan renovasi rumah.


 Kapok Pakai Kartu Kredit Citibank

Langsung bilang ke suami, suami langsung menyuruh saya menelepon ke call center Citibank pagi itu juga. Ke bagian call center saya menjelaskan bahwa kartu kredit saya sudah dibobol orang, transaksi di LOWE’S itu bukan saya yang melakukan. Kagetnya lagi, ternyata menurut pihak call center ada tiga transaksi yang nilainya menggunakan mata uang USD. Selain dua yang di LOWE’S, satu lagi di Home Depot Zero Auth. sebesar 1 USD. Memang sih cuma 1 USD, tapi kan nyesek juga.

Artikel Terkait   #BelanjaOnline - Belanja Bukalapak tidak profesional?

Suami tanya saya terakhir transaksi di merchant apa. Seinget saya terakhir itu beli tiket mudik di websitenya Garuda Indonesia dan Citilink. Tapi setelah saya kroscek, ternyata sebelum kejadian kartu kredit saya dibobol, saya terakhir belanja online di aplikasi Shoppe ID.

Awalnya pihak call center Citibank bilang itu transaksi online, Bu, bisa dilakukan darimana saja, dan sudah ada persetujuannya. Saya bilang persetujuan gimana, wong notifikasi OTP aja nggak ada. Akhirnya solusi pada saat itu kartu kredit saya diblokir dan saya akan mengirimkan surat sanggahan. Oleh call center ditawarkan kartu kredit pengganti untuk dikirim fisiknya, saya nggak mau. Saya bilang tunggu sampai masalah ini selesai dulu.

Surat Sanggahan ke pihak  Citibank - Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

Besoknya, tanggal 9 April 2016, saya kirimkan surat sanggahan ke pihak Citibank melalui email ke edocument@citi.com. Setelah itu saya telepon lagi ke call center Citibank, saya ceritakan lagi kronologisnya dan bilang saya sudah mengirimkan surat sanggahan. Nah, tagihan kartu kredit saya kan biasanya dikirim lewat email di kisaran tanggal 11-13 setiap bulannya.

Artikel Terkait   #BelanjaOnline Pengalaman Belanja Online Lazada

Jadi saya tanya tuh, kan saya sudah kirim surat sanggahan, berarti di tagihan bulan April nggak tertagih kan itu tiga transaksi bodong itu. Petugas call center-nya malah bilang, investigasi kasusnya bisa mencapai 117 hari. Jadi transaksi bodong itu akan tetap tertagih. Saya bilang, saya nggak mau bayar tiga transaksi itu karena bukan saya yang melakukan. Petugas call center-nya kemudian bilang lagi kalau yang terbukukan hanya dua transaksi di LOWE’S, sedangkan transaksi yang Home Depot tidak terbukukan.

Disarankan membayar tagihan 900USD - Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

Dia menyarankan supaya saya bayar dulu itu tagihan 900 USD, nanti kalau sudah terbukti benar bahwa bukan saya yang melakukan transaksi, bisa dikreditkan lagi. Saya jelas nggak mau dong. Walaupun saya punya uang segitu juga saya akan tetap nggak mau bayar. Saya keukeuh nggak mau bayar.

Petugas call center-nya bilang nanti saya akan dihubungi lagi oleh dia. Selang beberapa menit, saya ditelepon, petugas call center bilang, kalau nanti tagihan yang dibayar, tinggal dikurangi nilai yang 900 USD. Saya bilang lagi, nanti kalau saya nggak bayar yang 900 USD, saya kena bunga dong di tagihan bulan berikutnya. Petugas call center-nya bilang kalau nanti ada bunga yang tertagih, bisa dikreditkan kembali. OK, deal. Seenggaknya saya nggak perlu bayar tagihan yang 900 USD.

Artikel Terkait   Manakah yang paling aman belanja Bukalapak, Tokopedia, Blibli atau lazada?

Kena charge karena tagihan melonjak - Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

Tapi gara-gara tagihan kartu kredit Citibank saya yang bulan April melonjak, saya jadi kena charge untuk creditshield sebesar 128 ribuan. Padahal biasanya charge creditshield tiap bulan hanya di kisaran 20 ribuan. Saya tanya, apa bisa itu creditshield saya dikreditkan setelah dikurangi tagihan yang 900 USD, kata petugasnya nggak bisa. Haissss. Yowes lah anggap aja sedekah -__-

Ketika tagihan kartu kredit Ctitibank bulan Mei 2016 muncul, saya cek memang tagihan yang 900 USD itu sudah nggak ditagihkan. Tapiiiii saya kena over limit fee sebesar 125 ribu -__- Karena tagihan bulan lalu memang melebihi limit kartu kredit Citibank saya. KZL pake BANGET!!! Terpaksa saya telepon lagi deh call center Citibank-nya. Saya bilang saya nggak mau kena charge over limit fee. Petugasnya bilang, OK, Bu akan kami proses ya permintaan penghapusan over limit fee-nya. Wew, untung saya teliti ngecek satu per satu setiap transaksi yang ada di tagihan kartu kredit saya. Coba kalau saya main bayar-bayar aja tagihannya, enak banget tuh pihak Citibank dapat uang gratisan 125 ribu. Kaliin aja berapa banyak nasabahnya yang kena charge over limit fee seperti saya terus nggak teliti.

Artikel Terkait   #PengalamanBelanjaOnline Pengalaman Belanja Online Bhinneka.com

Dari dulu sejak kasus kartu kredit Citibank saya kebobolan yang pertama, suami sudah menyuruh untuk tutup saja. Tapi saya masih bandel ? Dengan adanya kejadian ini saya jadi kapok belanja di aplikasi Shopee ID karena sangat tidak aman, rentan terjadi pembobolan dan makin mantap niat saya untuk menutup kartu kredit Citibank saya kalau semua tagihan saya sudah lunas. Capek hati, tenaga, pikiran dan pulsa euy. Bolak-balik telepon melulu ke Citibank ngurusin kasus ini -__-

Ada yang bisa share cara menutup kartu kredit Citibank? Dengar-dengar katanya prosesnya ribet dan susah ya -__-

Salam,

Sumber : http://journal.citandy.com/kapok-belanja-di-aplikasi-shopee-id-menggunakan-kartu-kredit-citibank/

Kata Kunci : Pengalaman Belanja Online Shopee dengan Kartu Kredit

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais