#InfoSamsat Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

0
1104
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik. Tulisan ini admin tulis berdasarkan PP No 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Ada beberapa pokok bahasan yang akan admin coba sharing terkait Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik.

Bedakan antara TNKB (Plat Nomor) dan NRKB (Nomor). Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) biasa dikenal dengan Plat  Nomor Polisi, sedangkan Nomor Registrasi Kendaran Bermotor (NRKB) adalah Nomor Polisi.  Dalam artikel ini admin akan anggap sama saja, yang penting sobat sudah faham.

Tulisan ini semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saat ini masih menjadi polemik dalam penentuan Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Syarat dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor Kedutaan dan Bea Cukai

Pengertian plat nomor pilihan?

Ini adalah pertanyaan yang mendasar. Pengertian plat nomor pilihan dan Pengertian plat nomor cantik.

Admin masih belum menentukan dasar hukum yang kuat tentang pengertian plat nomor pilihan dan plat nomor cantik. Bagaimana Petugas (Polisi) menentukan sebuah Nomor Polisi masuk Nomor Pilihan atau tidak?

Sekarang tidak perlu muluk-muluk pakai kamus besar BI. Cukup dengan pengertian sederhana "Apa itu Plat Nomor Pilihan"?
Nomor pilihan adalah nomor yang dipilih. Dalam kasus Plat Nomor Pilihan, bisa diartikan "Nomor yang dipilih oleh pemilik kendaran", dan / atau "Nomor yang masuk kategori nomor pilihan sesuai PP No 60 tahun 2016"

Plat nomor pilihan tentu saja tidak selalu cantik/ bagus/ susunan angkanya mudah dihapal/dibaca/sesuai nama dll. Misal Pemilik kendaran ingin memiliki plat nomor sesuai tahun lahirnya "1980". Ini bukanlah Plat nomor yang cantik. 1980 adalah angka biasa dengan susunan angka yang biasa. Tapi karena itu adalah pilihan si pemilik kendaraan, maka ada biaya PNBP nomor plat pilihan yang besar tarifnya sudah ditentukan oleh PP No 60 Tahun 2016.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Syarat dan Biaya Duplikat BPKB Hilang atau Rusak

Kembali ke atas - Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

Pengertian plat nomor cantik?

Lalu "Apa Itu Plat Nomor Cantik?". Plat Nomor Cantik adalah Plat yang memiliki Nomor dengan susunan angka yang cantik. Pengertian cantik ini pun bisa meluas dan tidak ada batasan khusus. Semua setuju jika 333 adalah nomor cantik. Tapi bagaimana dengan nomor 3337 ? 8818? 1231?

Lalu apakah Nomor Plat Cantik adalah Nomor Plat Pilihan, dan ada biaya PNBP sesuai PP No 60 Tahun 2016? Sebelum admin jawab, kita bahas permasalahan yang muncul karena PP ini.

Kembali ke atas - Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

Permasalahan plat nomor pilihan/ plat nomor cantik

Admin berasumsi, sobat sependapat dengan penjelasan admin mengenai nomor plat pilihan dan nomor plat cantik.

Dalam praktiknya, definisi Plat Nomor Pilihan dan Nomor Plat Cantik, sering kali rancu dan kadang terkesan petugas seenaknya dalam menentukan, "O ini nomor pilihan" karena cantik / tampak cantik. Padahal nomor plat cantik tidak selalu nomor pilihan, dan nomor plat pilihan tidak selalu nomor cantik. Ini yang menjadi masalahnya.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor YOGYAKARTA

Misal sobat memiliki kendaraan bermotor pembelian sebelum tahun 2016, dimana PNBP nomor pilihan belum terbit. Kebetulan plat nomor nya 9191. Sobat tidak pernah meminta/memilih plat nomor tersebut, tapi memang saat pendaftaraan pertama kali dapatnya pas 9191 (plat nomor ditentukan urut sesuai ketersediaan nomor).

Lalu pas pendaftaran 5 tahun / ganti STNK, tiba2 ada tambahan biaya PNBP Nomor Pilihan karena PP No 60 2016 sudah terbit dan berlaku nasional. Nah bagaimana coba?

9191 mungkin masih cantik lah, lalu bagaimana dengan angka yang lain? 6676? 1511? 4321? Apa itu masuk nomor cantik?

Tidak adanya aturan baku dalam menentukan Nomor Pilihan membuat masyarakat bingung dan berburuk sangka kepada petugas. Petugas pun tidak selalu salah, karena mungkin ada kebijakan sendiri dalam menentukan nomor plat pilihan.

Tidak semua petugas komitmen dengan tugas dan tanggung jawabnya, dan kadang hal ini dimanfaatkan oleh oknum petugas. Modusnya adalah, menyampaikan ke pemilik kendaraan bahwa nomor platnya masuk kategori nomor pilihan. Nanti akan disuruh ganti nomor atau jika tidak mau ganti nomor maka harus membayar biaya tambahan. Biaya tambahan ini lah yang dimanfaatkan oleh oknum

Artikel Terkait   #InfoSamsat Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli?

Kembali ke atas - Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

Bagaimana jika memiliki Plat Nomor Pilihan / Cantik

Ok sekarang admin bahas solusi jika sobat terlanjur memiliki plat nomor yang oleh petugas dikategorikan "Nomor Pilihan" dan ada biaya PNBPnya.
Dalam hal ini, petugas akan memberi sobat 2 pilihan

  • Mengganti dengan nomor yang baru, yang tidak masuk kategori Nomor Pilihan
    Mengganti Plat nomor karena nomor pilihan memang tidak dikenakan biaya. Namun prosesnya yang pasti membuat sobat enggan dan malas, karena harus ngurus di Polda. Kalau dekat sih ngga pa2, lah kalau tinggalnya di ujung perbatasan provinsi? Atau di kota2 besar yang padat kendaraan? Tentunya ini bukan perkara yang mudah, walaupun kadang petugas bilang "Gampang dan gratis kok, ganti saja dengan nomor baru di Polda". Hal ini kadang dimanfaatkan oleh oknum supaya sobat nitip berkas untuk ganti nomor tentunya ada biaya tambahan jasa.
  • Tetap dengan nomor pilihan tersebut dan membayar biaya PNBP Nomor Pilihan
    Kalau ini tidak perlu admin jelaskan, sobat tinggal cek besar PNBP Nomor Pilihan sesuai dengan kategori yang tertuang dalam PP No 60 tahun 2016
  • Kembali ke atas  
Artikel Terkait   #InfoSamsat Pengertian Samsat

Besar Tarif Plat Nomor Pilihan / Cantik - Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

  • 1 angka tanpa huruf di belakang angka : 20jt
  • 1 angka dengan huruf di belakang angka : 15jt
  • 2 angka tanpa huruf di belakang angka : 15jt
  • 2 angka dengan huruf di belakang angka : 10jt
  • 3 angka tanpa huruf di belakang angka : 10jt
  • 3 angka dengan huruf di belakang angka : 7.5jt
  • 4 angka tanpa huruf di belakang angka : 7.5jt
  • 4 angka dengan huruf di belakang angka : 5jt
  • Kembali ke atas  

Saran dan Kesimpulan - Tarif dan Penentuan Plat Nomor Cantik

Admin setuju dengan pengenaan tarif PNBP untuk nomor Pilihan, karena menambah pengasilan Negara. Namun admin tidak sependapat dengan praktik di lapangan karena tidak ada aturan baku dalam penentuan Nomor Pilihan. Semua orang sependapat dengan nomor Pilihan karena pilihan sendiri, namun pengertian orang berbeda-beda dalam memahami nomor cantik.

Saran admin sih, ikuti saja aturannya, walaupun dengan berat hati. Apapun itu, selamat datang di Indonesia

Advertisements
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais