#InfoSamsat Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Tanpa KTP?

0
1252
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Tanpa KTP?. Bebarapa waktu yang lalu, admin telah menulis artikel #InfoSamsat Bisakah membayar pajak kendaraan tanpa KTP asli? menjelaskan alasan, sebab, aturan, akibat dll tentang pemberlakuan syarat KTP saat membayar pajak tahunan (pengesahan STNK).  Yang pada intinya wajib pajak diberi 2 pilihan jika tidak bisa menunjukkan KTP asli sesuai STNK saat membayar pajak :

  1. Balik nama sesuai KTP sendiri
  2. Bayar lewat calo/jalur belakang/nembak

Ok, disini admin akan sharing info terbaru mengenai pengesahan STNK. Kebetulan kemarin ada rapat kecil di kantor samsat antara pihak Polri, Bapenda dan Bank. Jasa Raharja tidak bisa hadir karena alasan yang tidak disebutkan. Salah satu informasi menarik bagi admin adalah, adanya wacana yang akan mempermudah wajib pajak dalam melakukan pengesahan STNK sekaligus membayar Pajak Kendaraan Bermotor setiap tahunnya. Dimana prosedur yang berjalan saat ini adalah sebagai berikut :

  1. Mengiisi formulir
  2. Menunjukkan berkas asli BPKB, KTP dan menyerahkan masing2 copynya
  3. Menyerahkan STNK asli dan copy
  4. Petugas melakukan pendaftaran dan penetapan besaran pajak
  5. Wajib pajak membayar sesuai besaran pajak yang telah ditetapkan
  6. Penyerahan lembar STNK yang telah disahkan dan lembar SKPD
  7. Selesai.
Artikel Terkait   #InfoSamsat Syarat dan Biaya Duplikat BPKB Hilang atau Rusak

Prosedur pengesahan STNK point 1 dan 2 tersebut di atas seringkali menyulitkan wajib pajak saat melakukan pengesahan STNK dan membayar Pajak Kendaraan. Hal ini yang menurut info saat rapat akan dirubah menjadi lebih mudah yaitu sebagai berikut :

  1. Mengisi nomor handphone
  2. Menunjukkan BPKB asli dan menyerahkan STNK Asli
  3. Petugas melakukan pendaftaran dan penetapan besaran pajak
  4. Wajib pajak membayar sesuai besaran pajak yang telah ditetapkan
  5. Penyerahan lembar STNK yang telah disahkan dan lembar SKPD
  6. Selesai.

Mengisi formulir menjadi hal yang dipandang tidak perlu lagi karena wajib pajak telah menunjukkan BPKB asli dan menyerahkan STNK Asli. Alasan yang dikemukakan adalah seringkali formulir yang sudah di isi hanya ditumpuk digudang dan tidak dibuka lagi. Lembar copy BPKB, STNK dan KTP pun tidak jauh berbeda, hanya menambah tumpukkan kertas. Hal berbeda jika melakukan registrasi ulang, karena memang harus diregistrasi kembali, berkas-berkas dan copy BPKB, STNK, KTP dan cek fisik memang diperlukan sebagai arsip.

Jika hal ini benar-benar diterapkan tentu akan disambut positif oleh masyarakat, karena tidak perlu repot2 isi formulir dan mencopy berkas2. Akan mendekati proses setor uang dibank. Wajib pajak cukup isi slip berisi Nomor kendaraan (nopol) dan nomor handphone, mendaftar, membayar dan mengambil STNK yang telah disahkan.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor

Beberapa samsat malah mempermudah wajib pajak untuk melakukan pengesahan STNK dan pembayaran pajak dengan hanya membawa STNK saja, tanpa KTP dan BPKB. Hal ini tentunya atas kebijakan dan persetujuan dari pihak Polri dan kepala Samsat.

Pertanyaanya, apa Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Tanpa KTP? Kita tunggu saja dalam waktu dekat apakah wacana pembayaran pajak tanpa KTP  akan benar-benar bisa direalisasikan atau harus menunggu perubahan perkap nomor 5 tahun 2012

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.