Advertisements

#CatatanPerjalanan – Menikmati Keramahan Kota Belopa Luwu Sulawesi Selatan

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Print Friendly, PDF & Email

Menikmati Keramahan Kota Belopa. Hallo sobat travellers, kali ini saya singgah di kampung bugis, Belopa, Ibukota Kabupaten Luwu, sekitar enam jam dari Makassar melalui jalur darat.

Pantai Ponori, luwu, belopa

Keakraban yang saya jumpai Pantai Ponori Luwu

Belopa merupakan nama sebuah desa. Dikenal dengan nama La Belopa berasal dari bahasa daerah yang berarti “pelepah sagu” atau “gaba-gaba”. Tanggal 13 Februari 2006, Belopa diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Amien Syam, sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, karena Palopo yang sebelumnya Ibukota Luwu telah menjadi kota otonomi.


Untuk kenyamanan perjalanan, baiknya menggunakan transportasi bus dengan tarif 100-150 ribu sekali jalan. Dan lebih menyenangkan jika melakukan perjalanan siang hari, dari Makassar sekitar pukul 9 – 10 pagi WITA.

Sekitar pukul 5 sore, kita akan sampai di pusat kota Belopa, jangan membayangkan kota yang ramai layaknya di jawa, Belopa saat tulisan ini dibuat tak ubahnya seperti Kecamatan di Jawa.

Artikel Terkait   #CatatanPerjalanan - Keindahan Kawah Gunung Kelud. Amazing of Kelud

Penduduk setempat sangat terbuka dan tidak canggung-canggung menyapa duluan. Bahkan kalau mau, mungkin kita bisa betah mengobrol di setiap toko yang kita singgahi sekedar untuk membeli vitamin ataupun fhotocopy. Hal tersebut hanya berlaku untuk penduduk lokal, kalau yang pendatang mungkin akan lain ceritanya.

Penginapan – Menikmati Keramahan Kota Belopa

Banyak penginapan di Belopa, namun saya biasa di Hotel Subur. Sekitar 10 menit dari pusat kota. Namun jika sobat tidak membawa kendaraan pribadi, saya sarankan mencari penginapan di pusat kota, agar tidak sulit untuk mencari kebutuhan, terutama untuk makan. Tarifnya standar, dari 100 – 300 ribu/malam. Terdapat penginapan di dekat masjid kota, jika sobat menghendaki untuk tidak jauh dari masjid. Dekat dengan terminal dengan pasar tradisional di belakang terminal.

Transportasi Lokal – Menikmati Keramahan Kota Belopa

Setelah sobat menentukan pilihan menginap, sebaiknya mencari tukang ojek. Untuk apa??? saya tidak menyarankan sobat untuk naik ojek jika hendak jalan-jalan, namun cobalah tawar menawar dengan mereka untuk menyewa kendaraan mereka. Saya pun terbiasa dengan sewa motor. Tarifnya pun biasa saya tawar 50 ribu/24 jam. Saya yakin jika bisa meyakinkan mereka, tentu mereka akan senang, 50ribu di tangan setiap hari, tanpa perlu capek narik ojek. Jangan tanya masalah angkutan kota, saya belum pernah mencobanya.
Next : Kuliner di Belopa – Menikmati Keramahan Kota Belopa

Advertisements

us jauhari

Pernah mukim di salah satu Penjara Suci Bumi Reog. Traveller, Backpacker, Mountaineer dan coretan-coretan Phone : 08214435xxxx mcretive always opening your mind

You may also like...

5 Responses

  1. Iqbal Rois says:

    Senang bisa baca2 ttg kota yg asing di telinga gini..

    Salam kenal dari batam 🙂

  2. thanks for admin stay at hotel subur

  3. us jauhari says:

    Hahahaha,, RS Batara Guru ya, tahun 2012 masih di rehab, sekarang mungkin sudah jadi

  4. sarwan says:

    Kalau kamu udah di kota belopa tiba tiba sakit datang aja di RS Batara Guru dan kalau lapar mampir di WARUMG BAKSO MEKAR letaknya di depan RS di jalur dua
    Selamat MENIKMATI menu kami

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!