#TravelTips Amankah pesan Tiket Pesawat Online melalui agensi traveloka, tiket, pegi-pegi dll ?

15
971
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Amankah pesan Tiket Pesawat Online melalui agensi? Seberapa aman sih beli tiket pesawat di traveloka? apa iya harganya lebih murah? Lalu jika ada masalah bagaimana? Misal mau refund, rebook, reschedule dll.

Jika ingin lebih aman, tetap saja beli tiket pesawat secara offline di agen terdekat adalah pilihan terbaik dengan pertimbangan :

  1. Lebih mudah dalam komunikasi via telp atau visit ke kantor agen
  2. Pihak agen akan lebih menghargai kita sebagai konsumen karena ya itu tadi, kita kenal atau setidaknya tahu orang-orangnya
  3. Respon yang lebih cepat dan tanggap karena kita bisa datang ke agen dan menjelaskan keinginan kita

Namun jika sobat dah terbiasa dengan urusan ke agenan, banyak waktu dan mungkin lebih terbiasa dengan teknologi internet dan komunikasi, membeli tiket pesawat secara online bisa dijadikan pilihan.

Untuk pertimbangan harga, sobat bisa hitung sendiri lah. Apa bila ada perubahan (reschedule, cancel dll) saya prefer beli tiket secara offline di agen terdekat yang bisa dipercaya. Cukup datang ke agen, selanjutnya agen yang akan menyelesaikan.

Artikel Terkait   #TravelTips - Menikmati Kehangatan Kota Cantik Palangka Raya

Akan sangat menjengkelkan tentunya apabila disuruh nunggu CS via chat/telp, ujung-ujungnya diminta ke perwakilan maskapai. Saat jam sibuk, kita disuruh nunggu untuk sesuatu yang entah selesainya kapan. Belum lagi jaringan internet yang tidak stabil, malah2 bisa kepotong saldo

Oke sob,, ini sedikit ada pengalaman saya membeli tiket pesawat di traveloka. Amankah pesan Tiket Pesawat Online?

Saya sebelumnya tidak ada masalah dalam hal booking tiket pesawat. Karena saya langsung memesan di situs resmi maskapai.
Iseng2 saya mencoba memesan di tiket.com. Sekali dua kali lalu saya membandingkan dengan traveloka.com, saya bandingkan juga dengan maskapai penerbangan, ternyata memang traveloka paling murah.

Isi datanya juga tidak ribet, cukup nama pemesan, no handphone dan alamat email, sedangkan data penumpang cukup di isi nama penumpang sesuai kartu identitas (sim/ktp)
Langsung ke pembayaran via atm atau internet banking dg batas waktu 3 jam.
Setelah pembayaran selesai, kita bisa konfirmasi pembayaran,  sekitar 15-20 menit kode booking akan dikirim melalui sms dan email.

Artikel Terkait   #TravelTips Cara Merubah Jadwal Tiket Pesawat di Traveloka

image

Kita tidak perlu mencetak di kertas, cukup tunjukan sms dari traveloka.com ke petugas.

Namun ternyata ada masalah dengan sistem ini. Saya jauh jauh hari memesan 3 tiket dengan jadwal dan rute yg sama. 2 tiket saya pesan langsung di situs resmi maskapai, satunya lagi di traveloka.
Apa yg terjadi??? Eng ing engggg, ada perubahan jadwal penerbangan, semula jam 19:00 menjadi 17:30.

Lalu apa masalahnya memesan tiket di traveloka? Amankah pesan Tiket Pesawat Online?

Saya mendapat info pemberitahuan langsung dari maskapai bahwa ada perubahan jadwal atas 2 tiket yg saya pesan di masakapai
Namun saya tidak mendapat pemberitahuan dari maskapai maupun dari agensi (traveloka.com) atas 1 tiket yg telah saya pesan di agensi.

Betapa kelabakkan saya, karena saya hampir saja tidak menelpon call center maskapai untuk menanyakan tiket yg saya pesan di traveloka.
Saya bersyukur masih bisa merubah ulang semua tiket saya, baik yg saya pesan langsung di maskapai maupun lewat agensi (traveloka.com).
Bila saya telat datang karena mengira tidak ada perubahan jadwal, tiket saya tak lebih berharga dari kertas buat bungkus kacang.

Artikel Terkait   #TravelTips Tidak ada pemberitahuan perubahan jadwal penerbangan traveloka

Bagaimana mengecek perubahan jadwal bila tidak ada pemberitahuan dari agensi??? Amankah pesan Tiket Pesawat Online?

Telpon call center maskapai. Harusnya memang agensi atau maskapai yang memberitahu ke user/pelanggan. Tapi itulah sistem, tidak ada yang sempurna.

Berikut beberapa kutipan email balasan dari agensi :

Saya telpon call center Lion Air ada perubahan jadwal, tpi saya tidak ada info dari traveloka, via sms maupun email. Silahkan di cek call center Lion Air. Saya telah memesan beberapa penerbangan untuk bulan mei, saya tidak ingin ngecek ke call center Lion Air satu2

Setelah kami melakukan pengecekan belum ada notifikasi dari pihak maskapai Lion Air bahwa.ada perubahan jadwal penerbangan seperti.yang anda tadi sebutkan. Apabila anda mendapatkan informasi atau notifikasi langsung dari pihak maskapai bahwa ada perubahanjadwal, maka ikuti petunjuk dari maskapai selanjutnya. Untuk kode booking sesuaikan kepada pihak maskapai apakah kode booking berubah atau tidak.

Ok thanks supportnya.

Tapi ini tidak menyelesaikan masalah. Yg jelas saya pesan dari traveloka sebagai agensi, itu masalah antara maskapai dg agensi.

Kami sebagai pelanggan tidak perlu tau masalah yg terjadi dengan kalian (maskapai dg agensi). Maskapai kemungkinan jg tidak mempunyai contact pemesan yg tersimpan di database agensi, maskapai hanya butuh data penumpang dari agensi dan pemesan disini adalah a.n agensi.

Saya tidak bsa mengecek semua tiket yg sudah saya pesan dari traveloka, ini membuang waktu dan biaya.

Bisa saja maskapai mengelak bilang sudah mengirim notifikasi kepada agensi Nanti agensi bilang belum ada notifikasi dari maskapai.

Korbannya jelas "customer" Kecewa??? Of course.

Apa yg terjadi jika saya tidak datang tepat waktu karena perubahan jadual???

Perbandingan dengan pemesanan langsung di maskapai, mereka selalu memberi notifikasi bila da perubahan, Sriwijaya Air dan terutama Lion Air

Intinya sistem yg berjalan belum baik! Ini masukan buat traveloka. Kira2 kalo sistem masih amburadul begini, berapa ya yg akan jadi korban, apalagi org awam.

Sebagai informasi, kami selalu memberikan contact number para customer kepada pihak maskapai yang bersangkutan, karena data nomor telepon yang Anda input ketika melakukan pemesanan sudah langsung terdaftar di pihak maskapai.
Mohon maaf atas ketidanyamanan ini. Terima kasih atas saran dan kritikan yang telah Anda berikan. Kami akan selalu memperbaiki sistem dan kinerja kami.

Intinya apa ??? So be carefull, perlindungan konsumen di Indonesia masih sangat lemah

Artikel Terkait   #TravelTips Aturan dan Ganti Rugi Jika Penerbangan Dibatalkan

www.djafa.org~ always opens your minds

Advertisements

15 COMMENTS

  1. bagus, artikelnya sangat membantu untuk teman/rekan yang belum ada masalh dengan jadwal perubahan maskapai.

  2. Sama senasib, sy pesan 3 tiket dari NTT ke jakarta sampe sekarang blm ada refund. Alamatnya traveloka dmana ya?.... sy masih gaptek kalo pengeluhan lwt internet

    • Proses refund biasanya dikonfirmasi langsung dari maskapai. Agen(traveloka) hanya perantara saja. Misal pesen tiket lion di traveloka, nah refund nya kalo mau cepet ke lion langsung ( biasanya di bandara)

  3. kalo refund dari maskapai paling cepat 1 minggu ditransfer, kalo agensi kurang tau, pastinya lebih lama dari maskapai, kan bisa diputer dulu duitnya, lumayan kan kalo ada banyak yang refund.
    Sama aja kaya booking hotel, agensi biasanya akan membayar sesudah user check out, bahkan uang DP pun tidak di kasih ke hotel, kontrak kerjasama biasanya begitu. CMIIW

  4. Traveloka memang jual tiket murah, tapi kualitas pelayanannya murahan. Kalau ada masalah dengan penerbangan, mereka cuma lempar tanggung jawab ke maskapai.

    Agen tiket di pinggir jalan saja bisa memberikan pelayanan maksimal, hubungi pihak maskapai, cari info sejelas-jelasnya. Jadi saat pelanggan dihubungi, sang agen tiket bisa memberikan informasi dengan jelas.

    Bukti bahwa pelayanan traveloka tidak berkualitas...

  5. Saya jg baru mengalami hal serupa,saya sdh mengiisi form refund online via traveloka pd tgl 4 juni'15 tp smp skrg uang blm di transfer dg alasan pihak maskapai blm refund ke traveloka smntara sy sdh tlp ke pihak maskapai dan ternyata mrka sdh refund berupa deposit ke pihak traveloka pd tgl 5 juni'15.bingung saya omongan yg mana yg benar,dan smp saat ini uang saya blm di refund oleh pihak traveloka

  6. saya barui saja mengalami hal serupa,dimana ketika saya mw melakukan refund tiket yg di akibatkan dari maskapai yg lg ada kendala operasional,pihak traveloka meminta saya mengirim scan ktp beserta kode pemesanaan dmna saya harus menuggu 30-60 hari kerja tp ketika di saya telp pihak traveloka katanx dri maskapai belum ada refund
    seharusnya hal seperti ini menjadi tanggung jawab traveloka untuk pengembaliaan dana saya
    bahkan smpe skrng saya dana say pun belum kembali traveloka lepas tangan saya sebagai customer di lempar kesan kesini harus telp sna sini,email sna sni dengan segala alsanya......
    mendingan beli tiket di agen proses refund 1-3 hari udh clear...
    mungkin in i bisa jd pelajaran buat kita semua LEBIH BAIK BELI TIKET DI AGEN.....saya jg bukan agen tp pesen saya m,endingan beli di agen prosesnya lebih simple untuk refund kita langsung di kasih cash.... cukup sekali saya beli tiket di traveloka

  7. Untuk para travel agen kita jangan putus semangat untuk menjalankan usaha tiket pesawat. Masih banyak orang yang lebih memilih datang ke agen langsung. Kita tingkatkan layanan kita. Maksimalkan agar konsumen merasa puas dan itu akan jadi nilai plus buat agen kita. Tidak selalu yang besar menjadi pilihan. Agen saya alhamdulillah punya pelanggan tetap dan semakin bertambah. Semua usaha memiliki strategi bisnis masing-masing. Setiap sistem memiliki keunggulan dan kelemahan. Jangan batasi kemampuanmu. Tingkatkan pelayanan dan fokuslan untuk melayani konsumenmu dengan sebaik mungkin. Ini justru yang menjadikanmu kuat. Yang besar itu bisa kalah dengan yang kuat. Sekali lagi, JANGAN TAKUT UNTUK DIKALAHKAN. LAKUKAN YANG TERBAIK AGAR KAMU TAK MUDAH DIKALAHKAN.

  8. Comment dari Netral itu mewakili customer atau agent besar atau agent kecil ?

    masalahnya adalah: Kenapa 2 tiket yang saya pesan di Maskapai langsung ada pemberitahuan perubahan jadwal,
    sedangkan 1 tiket yang saya pesan dari traveloka tidak ada pemberitahuan???.
    Dg jadwal yang sama, rute yang sama dan pesawat yang sama.

  9. Tidak kebayang kalau jarak kantor lion terdekat dari domisili tinggal menempuh 4-6 jam perjalanan darat sekali jalan, dengan biaya transport yang tidak murah,,, hemmmmm, itupun kalau jalannya mulus

  10. Coba minta ke kantor Lion terdekat print histori tiket/bookingan nya . Di sana jelas tanggal dan jam berapa notifikasi perubahan dikirimkan ke siapa, ke nomor telp siapa dll.

    Semoga membantu

  11. Dalam kasus di atas, saya bersikap netral. Saya tidak mau di lempar kesana kemari. Lion bilang sudah konfirm, tapi agensi (traveloka) bilang belum ada konfirmasi.

    "Setelah kami melakukan pengecekan belum ada notifikasi dari pihak maskapai Lion Air bahwa ada perubahan jadwal penerbangan seperti yang anda tadi sebutkan".

    Ya itu benar, masalahnya adalah: Kenapa 2 tiket yang saya pesan di Maskapai langsung ada pemberitahuan perubahan jadwal, sedangkan 1 tiket yang saya pesan dari traveloka tidak ada pemberitahuan???.
    Dg jadwal yang sama, rute yang sama dan pesawat yang sama.

    Pelanggan tidak tahu dan harusnya memang tidak perlu tahu, berapapun banyaknya notifikasi perubahan jadwal yang harus di beritahukan ke pelanggan. Itu intern maskapai/agensi. Kalaupun system kwalahan karena overload, ya itu memang suda resiko. Di komplain pelanggan, baik secara halus maupun kritik pedas atau mungkin bisa jadi lewat jalur hukum

    Tapi ngga tau juga ya, traveloka yang sekarang bagaimana. Kritik pedas di atas masukan buat Traveloka.

    SOP nya memang pelanggan diberi tahu, jika ada perubahan jadwal, namun terkadang seperti komentar di atas, sistem kwalahan karena overload, mau ngga mau, pelanggan lah yang harus pro aktif untuk mengecek tiket yang telah di pesan. Memang kita bisa menuntut bahwa tidak ada pemberitahuan jika ada perubahan jadwal, terlambat dll, namun saya kira akan lebih buang waktu, tenaga n dhuit.

    Pesan yang bisa diambil : Tetap teliti dan hati-hati dalam memesan tiket pesawat, baik itu langsung ke maskapai maupun melalui pihak ketiga, offline maupun online.

    Sekali lagi "perlindungan konsumen di Indonesia masih sangat buruk" So be smart buyer.

  12. Menurut dari pengalaman yang sudah-sudah;

    1. Perubahan jadwal merupakan ketentuan pihak maskapai.
    2. Jika ada perubahan jadwal maka tanggung jawab dari pihak maskapai.
    3. Travel agent hanya sebagai penyedia layanan jasa.

    Mungkin yang menjadi masalah disini adalah: kenapa travel agent tidak memberi tahu???

    Pada umumnya semua perubahan jadwal apabila membeli di Travel agent. Travel akan memberi tau apabila si maskapai memberi tau!!

    Trus apa masalahanya: masalahnya adalah: setiap agent punya cara tersendiri. Mungkin agent kecil jika ada perubahan jadwal mereka menginformasikan melalui telephone atau sms karena mereka customer yang dilayani masih sedikit sedangkan untuk travel agent besar mungkin ribuan sehari notifikasi perubahan jadwal hanya dikirimkan secara otomtais lewat email.

    Sebagai perbandingan tanpa menyudutkan: maskapai Sriwijaya akan memberi tahukan ke customer apabila ada perubahan jadwal melalui telepone, jika tidak diangkat melalui sms dan terakhir mereka akan memastikan kembali ke travel agent apakah untuk perubahan jadwal sudah di terima dengan baik atau tidak. Sedang maskapai lain (yang tadi disebutkan)tidak. Jika pembelian di travel agent maka sudah menjadi tanggung jawab penuh travel agent.

    So kesimpulan dari saya: seberapa besar care maskapai kepada customer...:):):):)

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.