#SeleksiCPNS Tips Lolos Seleksi CPNS, Wajib Baca!!!

0
86
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Tips lolos seleksi CPNS, Wajib Baca. Jumpa lagi sobat djafa yang setia. Bagaimana semangatmu gais!!! Pokoknya harus tetap semangat dan jangan melempem!!!. Kali ini admin akan berbagi tips jitu yang harus sobat baca jika ingin lolos seleksi CPNS. Karena tidak sedikit peserta yang berkali-kali ikut tes seleksi CPNS tapi masih belum diberi rejeki lolos CPNS. Ada juga yang bernasib baik dan langsung lolos seleksi CPNS. Siapkan kopi dan gorengannya ya gais.

Jangan lupa baca #SeleksiCPNS Yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS

Tips lolos seleksi CPNS Selalu Ikuti informasi Terbaru

Oke ini adalah wajib dan harus sobat taati jika benar-benar ingin lolos seleksi CPNS sampai menjadi PNS.

Tips lolos seleksi CPNS yang pertama adalah selalu ikuti perkembangan berita terbaru mengenai seleksi CPNS terutama dari BKN. Bisa melalui website resmi BKN atau follow akun resmi sosial media BKN. Kenapa harus selalu update berita? Karena seleksi CPNS berlaku Nasional, syarat dan systemnya sama seluruh Indonesia berpusat di BKN. Dari BKN sobat akan mendapat info terbaru mengenai CPNS, bukan lagi rumor atau masih wacana, karena BKN hanya memberikan informasi jika sudah ada dasar hukum yang diterbitkan. Peraturan mengenai seleksi CPNS setiap tahun anggaran bisa sama, bisa juga berbeda, karena itu sobat wajib mengetahui hal ini. Jadi BKN adalah sumber informasi yang valid dan bonafid mengenai info seleksi CPNS.

[wordads]

Yang kedua sobat juga harus selalu mengikuti berita terbaru dari BKD sesuai dengan intansi yang sobat pilih, BKD Pemprov, pemkab, pemkot. Jika sobat memilih formasi di kementerian, maka sobat harus selalu mengikuti berita terbaru mengenai seleksi CPNS di kementerian yang sobat pilih.

Ingat, tidak sedikit peserta seleksi CPNS yang gagal karena tidak mengetahui informasi terbaru terkait dengan formasi yang dipilih. Hal ini dikarenakan masing-masing instansi ada yang menambah syarat tertentu dan waktu pelaksanaan yang berbeda, walaupun tes SKD dan SKB nya tetap sama menggunakan system CAT.

Mengikuti berita terbaru dari intansi yang dipilih wajib sobat lakukan, mulai dari saat pendaftaran sampai keluar SK dari BKN jika dinyatakan diterima sebagai CPNS.

Tips lolos seleksi CPNS Cek kualifikasi pendidikan

Oke, admin ambil contoh kasus dari twitter @bkngoid, yang dimention oleh peserta CPNS yang lolos SKD namun dibatalkan karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai. Bisa dikatakan, ini sakit tapi tidak berdarah. Bagaimana tidak, sudah lolos SKD tapi batal karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai, kan sakit banget. Oleh BKN dijelaskan bahwa keputusan tetap ada di tangan panitia, karena memang ada point yang menyebutkan bahwa jika ternyata peserta memiliki kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai maka panitia berhak untuk membatalkannya. Walaupun harusnya tidak diloloskan saat seleksi Administari tapi tetap saja keputusan ada di tangan panitia.

Artikel Terkait :  #TenagaKontrak Guru Honorer Terpaksa Tinggal di Toilet

Pastikan memilih formasi yang benar-benar sesuai dengan pendidikan sobat. Jika memilih formasi tenaga pendidik (guru), maka pastikan juga sarjana pendidikan dengan fakultas yang sesuai. Misal Guru Agama ya harus S.Ag, tidak bisa S.H, S.Ikom atau yang lain.

Untuk kualifikasi pendidikan jika sobat ragu, baiknya tanyakan ke BKD nya. Ada banyak jurusan yang mirip tapi berbeda. Sobat mesti mengetahui nomenklatur (tata nama) jurusan waktu kuliah. Misalnya dalam jurusan komputer ada teknik komputer, ilmu komputer, ilmu jaringan, teknik informatika, manajemen informatika. Mengenai hal ini sobat bisa cek di website ristekditi berikut ini http://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/02/09/nomenklatur-program-studi-pada-perguruan-tinggi-februari-2018/

Tips lolos seleksi CPNS Lihat Peluang Jumlah Formasi dan Pendaftar

Buat sobat yang fresh graduate baru lulus SMA atau kuliah, mungkin bisa asal saja saat memilih formasi, diterima alhamdulillah jika tidak diterima itung2 buat pengalaman. Namun akan berbeda jika sobat sudah berusia hampir mendekati batas maksimal peserta CPNS yatiu 35 tahun, tentu sobat harus hati-hati dan memperhitungkan betul2 jumlah formasi dan peserta yang mendaftar.

Pastikan sobat memilih formasi dengan jumlah pendaftar paling sedikit karena memiliki peluang diterima CPNS lebih besar. Apapun instansinya ini sudah tidak penting lagi karena yang penting bisa diterima CPNS. Tidak perlu mempertimbangkan oh dinas ini jelek, dinas ini ngga prospek, pegawainya acak adul dll. Yang penting adalah, pilih formasi dengan peluang paling besar.

Tips lolos seleksi CPNS  Pastikan berkas yang dilampirkan sudah benar

Benar dalam hal ini adalah benar dalam persyaratan dan waktunya. Perihal, tanggal, keaslian, susunan dll. Intinya sobat harus memastikan bahwa berkas yang sobat lampirkan adalah sudah sesuai dengan instruksi dari BKN dan BKD instansi terkait. Selalu cek dan ricek sebelum dikirimkan ke BKD. Pastikan tidak ada yang salah satupun.

Tips lolos seleksi CPNS Jangan ragu, sungkan atau takut untuk bertanya

Sobat tidak perlu takut atau ragu bertanya ke BKN atau BKD terkait jika bingung atau ragu dengan instruksi yang diberikan. Saya yakin panitia akan menjelaskan sedetail-detailnya. Tapi sebelumnya pastikan juga sobat memang benar2 sudah membaca instruksi yang diberikan, dan yang sobat tanyakan memang benar2 membuat bingung dan ambigu. Misal saja, dalam pennulisan nama di amplop berkas. Di instruksinya di sebutkan " ditulis", di instruksi sebelumnya ada perintah "surat lamaran ditulis tangan". Jika pakai komputer harusnya di ketik, tapi jika ditulis tangan harusnya ada keterangan "ditulis tangan".

Tips lolos seleksi CPNS yang terakhir ini adalah yang paling penting. PASTIKAN SOBAT MENDAFTAR SELEKSI CPNS!!!. Jangan berharap diterima CPNS jika tidak mendaftar seleksi CPNS... hehehehehe.

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.