#SeleksiCPNS Yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS

0
307
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS. Bulan Oktober 2019 pemerintah memastikan akan membuka kembali seleksi CPNS dan seleksi P3K. Walaupun begitu pemerintah belum mengumumkan tanggal pastinya. Buat sobat yang masih memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi, baik seleksi CPNS maupun seleksi P3K, alangkah baiknya bila dipersiapkan dari sekarang supaya nanti tidak tergesa-gesa dan mengantri dalam mengurus berkas persyaratan seleksi CPNS

Nah, sebelum pendaftaran yang kabarnya akan dibuka dalam beberapa bulan ke depan, yuk simak hal-hal penting yang harus sobat persiapkan sebelum mendaftar berikut ini.

Pastikan mendapatkan informasi seleksi CPNS yang update dan resmi

Hal pertama yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS yaitu mencari info tata cara pendaftaran melalui situs resmi pihak penyelenggara dari pemerintah atau melalui akun sosial media resmi milik penyelenggara.

Artikel Terkait   #SeleksiCPNS 100 Ribu Formasi CPNS 2019 akan segera dibuka

Sobat juga harus up to date mengenai jadwal pendaftaran dan jadwal seleksi CPNS agar tidak sampai terlewat. Pastikan juga sobat mencari tahu jenis dan jumlah formasi yang disediakan oleh setiap instansi.



Berikut ini daftar website dan akun resmi sosial media pemerintah yang bisa dijadikan acuan informasi seleksi CPNS dan seleksi P3K

Website dan akun resmi media sosial Pusat. Informasi yang diumumkan oleh pusat biasanya bersifat umum, misal seperti peraturan penentuan nilai Ambang Batas/Passing Grade (PG), persyaratan umum, kuota formasi CPNS dan jadwal pendaftaran SSCN online.

http://www.bkn.go.id/pengumuman
https://menpan.go.id

BKN
Facebook:  https://www.facebook.com/pages/Badan-Kepegawaian-Negara-BKN-Republik-Indonesia/383767665088202
Twiiter: https://twitter.com/BKNgoid

Menpan
Twiiter: https://twitter.com/kempanrb?lang=id
Facebook: https://www.facebook.com/pages/Kementerian-PANRB/252032711635152
Instagram: https://www.instagram.com/kemenpanrb/

Website BKD Daerah. Setiap pemerintah daerah biasanya memiliki website khusus Badan Kepegawaian Daerah. Alamat yang paling sering digunakan adalah http://bkd.pemda.go.id. Misal untuk Pemprov. Kalteng http://bkd.kalteng.go.id. Sedangkan untuk pemkab/pemkot sesuai dengan kabupaten masing-masing. Misal http://bkd.palangkaraya.go.id

Seleksi CPNS Kementerian. Informasi seleksi CPNS dan seleksi P3K untuk kementerian bisa dicek di masing-masing website kementerian.

Perlu sobat ketahui bahwa jadwal pengiriman berkas, jadwal tes dan syarat untuk masing-masing instansi bisa berbeda-beda. Jadi dalam hal ini sobat harus lebih proaktif mengecek instansi yang dilamar.

Artikel Terkait   #InfoCPNS CPNS 2019 dibuka Oktober ini formasi yang banyak dicari

Tidak sedikit kasus yang gagal ikut seleksi CPNS karena pengumuman yang diterima kurang update, padahal intansinya sudah mengupdate pengumuman terbaru.

Pahami semua tahapan seleksi CPNS

Salah satu yang paling penting sebelum sobat sobat mendaftar seleksi CPNS adalah pastikan sobat memahami tahapan-tahapan dan jenis soal yang akan dijalani. Setelah lolos seleksi administrasi sobat harus mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Wawancara. Untuk kementerian dan Badan Nasional biasanya ada tes fisiknya juga.

Untuk tes SKD sobat akan mengerjakan 3 tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dalam tes ini akan dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadi pastikan sobat paham tahapan dan jenis soal yang akan sobat hadapi.

Sedangkan tes SKB lebih ke teknis sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dilamar. Misal jika tenaga pendidik, soalnya ngga jauh dari masalah pendidikan. Jika perawat atau dokter soalnya ya mengenai kesehatan.

Mempersiapkan semua berkas untuk seleksi administrasi

Tahapan paling pertama dalam seleksi CPNS adalah seleksi Administrasi. Syarat administrasi terkait erat dengan formasi yang dipilih. Beda formasi bisa beda juga syarat admininstrasinya. Tak sedikit para pendaftar yang tidak lolos seleksi di tahap awal yaitu tahap administrasi. Karena itu sobat harus mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan terutama berkas yang diminta oleh instansi yang sobat lamar, pastikan sobat sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari agar tidak ada satu berkas pun yang kurang agar bisa lolos ke tahap tes CPNS.

Artikel Terkait   #InfoCPNS Formasi CPNS dan P3K 2019 Kotim

Penting sakali memiliki berkas administrasi seleksi cpns dalam bentuk fisik dan softcopy.

Berkas data diri. Ini adalah hal wajib dan pasti dipersyaratakan dalam seleksi CPNS dan seleksi P3K. KTP asli atau Surat Keterangan pengganti KTP yang masih berlaku dan diterbitkan oleh disdukcapil setempat. Copy minimal 5 lembar dari setiap berkas data diri yang dilegalisir oleh pejabat berwenang di disdukcapil.

Berkas riwayat Pendidikan. Mulai dari ijazah SD s.d ijazah terakhir sesuai dengan formasi yang dipilih untuk mendaftar seleksi CPNS dan seleksi P3K. Siapkan juga minimal 5 lembar salinan yang dilegalisir termasuk akreditasi kampus. Pastikan juga berkas dilegalisir sesuai dengan peraturan.

Pastikan formasi yang dilamar sesuai dengan pendidikan

Hal yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS selanjutnya adalah pastikan sobat mendaftar formasi jabatan yang sesuai dengan jurusan pendidikan terakhir yang sobat tempuh. Banyak dari para pendaftar yang masih memilih formasi yang tidak sesuai dengan jurusan pendidikannya, alhasil peluangmu diterima bisa hilang karena tidak sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh instansi.

Artikel Terkait   #SeleksiCPNS Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS dan P3K Tahun 2019

Yang nyesek itu sudah lolos SKD, SKB, wawancara dan tes lainnya, tapi dibatalkan karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan formasi yang dilamar. Kasus yang sering terjadi tahun-tahun sebelumnya adalah Sarjana nonpendidikan melamar sebagai guru. Walaupun lolos seleksi CPNS, panitia berhak membatalkan karena memang tertera dalam surat pernyataan dalam lampiran berkas lamaran.

Mempelajari materi soal-soal untuk tes SKD dan SKB

Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS jika sobat ingin lolos seleksi CPNS adalah dengan belajar materi pembahasan soal-soal yang akan di tes. sobat bisa mempelajari materi dan contoh soal-soal tes dari buku pembahasan soal-soal tes CPNS yang banyak dijual di toko buku.

Tes SKD merupakan momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang karena bisa dikatakan tahapan paling mendasar dengan soal-soal yang sering menjebak terutama soal-soal TKP.

Selain itu sobat juga bisa mendapatkan pembahasan soal-soal tes melalui situs online yang disediakan di beberapa website secara gratis, atau dengan mengunduh beberapa aplikasi gratis tentang soal-soal tes CPNS.

Artikel Terkait   #InfoCPNS CPNS 2019 dibuka Oktober ini formasi yang banyak dicari

Persiapkan kesehatan fisik dan mental

Yang gak kalah penting supaya lolos seleksi CPNS, sebelum melakukan seleksi tes CPNS pastikan untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental, karena sobat tidak akan bisa mengikuti tes dalam keadaan kesehatan yang kurang baik. Perbanyak mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, serta selalu berpikir positif dan rileks agar kesehatan mentalmu tetap stabil.

Apalagi jika sobat memilih formasi yang jauh dari rumah, misal di kota yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tentu perlu persiapan yang lebih matang

Berdoa dan berserah diri

Yup. Ini adalah usaha terakhir sobat sebagai manusia. Ikhtiar semaksimal mungkin, hasilnya serahkan sepenuhnya kepada Yang Maha Kuasa. Berdoa dan berserah diri tawakal. Apapun hasilnya sobat hendaknya bisa menerima dengan iklhas dan yakinlah itu merupakan yang terbaik bagi sobat.

So pesan admin, tetaplah berjuang untuk meraih cita-cita sobat!!!



Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.