#BloggerTips Review Layanan Support Hosting Dewaweb

0
366
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

Review Layanan Support Hosting Dewaweb. Tulisan ini ditulis semata-mata hasil pengalaman pribadi. Penulis tidak membahas teknis dari layanan hosting dewaweb, kelebihan dan kekurangan hosting dewaweb, fitur-fitur maupun harganya. Penulis lebih menekankan di dukungan alias support dari team dewaweb saat ada problem. Okelah bisa Penulis katakan bahwa layanan hosting dari dewaweb untuk saat ini (tanggal penulisan artikel), menang di atas angin dibandingkan dengan layanan hosting dari provider lain. Ada harga ada kualitas, harga cukup sebanding dengan kualitas dan fitur yang Penulis dapatkan.

Tapi dengan alasan tersebut apakah dewaweb didukung dengan team suppport yang handal? The answer is not. Team teknis dewaweb bisa Penulis katakan jauh dari mumpuni. Okelah mungkin dari teknis mereka cukup handal, tapi untuk menjadi sebuah team support tidak hanya cukup modal pengetahuan teknis, tapi juga perlu softskill lain untuk menghadapi klien yang bermasalah dengan layanannnya. Sayangnya di dewaweb 2 hal tersebut tidak ada pada tim supportnya.

Bagi Penulis pribadi, sesuatu bisa dinilai saat segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik sesuai seharusnya. Menemukan masalah adalah penting tapi lebih penting lagi, bagaimana sikap kita untuk menghadapi masalah tersebut.

Banyak dari para helpdesk dan cs tidak memiliki kemampuan ini, yaitu menempatkan diri sendiri sebagai orang yang mendapatkan masalah. Misal saja dalam masalah web hosting, servernya down, tentu sebagai helpdesk / cs tidak terlalu pusing dengan masalah ini, karena bagi mereka mau down atau tidak mereka tetap digaji, mau klien kelimpungan atau tidak it's no problem.




Seperti yang Penulis alami sendiri, beli paket hosting baru di dewaweb, karena ada pesanan pembuatan website. Tapi belum ada sebulan, remote MySQL tidak bisa. Saya sampaikan masalah ini ke team dewaweb, dan memang cepat direspon oleh mereka. Tapi justru ini yang membuat saya menilai team dewaweb asal-asalan dalam menyelesaikan masalah saya. FYI, saya sudah cukup lama menggunakan layanan dewaweb.

Team support dewaweb tidak teliti dalam membaca tiket

Review Layanan Support Hosting Dewaweb yang pertama adalah tim support dewaweb tidak teliti.

Berikut pertanyaan saya "Need help, saya tidak bisa melakukan koneksi ke Database Server ****.com via remote, baik dengan name maupun dengan IP. Saya sudah settting di mysql remote dengan host % ".

Saya sudah jelas2 menulis "Saya sudah settting di mysql remote dengan host %" artinya semua ip bisa meremote MySQL server saya. Tapi apa repson team dewaweb untuk masalah saya?

"Apakah sudah menambahkan IP yang ingin melakukan remote tersebut pada menu Remote MySQL® di CPanel?" by William. Dalam hati saya berfikir, apa mereka ini lulusan SD? Tidak bisa membaca dengan detail. Atau memang tidak ngerti host %.

Namun Saya tetap menjawab atas pertanyaan konyol tersebut, "Saya sudah menambahkan %, semua IP harusnya masuk. Host (% wildcard is allowed)".

Dan lagi2 di balas supaya saya diminta untuk menambahkan IP oleh Gerardo "Silahkan ditambahkan sesuai IP yg akan digunakan untuk connect remote"

Dan lagi saya tetap bersabar dan menjawab pertanyaan aneh tersebut "Saya sudah menambahkan %, dan memakai 3 koneksi berbeda tetap masih belum bisa. Saya tambahkan ip juga ngga bisa."

Team support dewaweb tidak menguasai teknis sepenuhnya.

Review Layanan Support Hosting Dewaweb yang kedua adalah team support dewaweb tidak menguasi teknis sepenuhnya.

Kenapa saya bisa menyatakan hal tersebut? Karena dari setiap pertanyan hampir selalu dijawab dengan pernyataan "Tiket sudah kami terima dan saat ini sedang dalam pengecekan. Mohon menunggu untuk info selanjutnya". Baik itu pertanyaan utama, maupun respon saat diskusi.

Tim support jarang sekali langsung menjawab dengan penjelasan teknis. Dalam kasus yang saya temui misal saja untuk cek koneksi MySQL. Tim support Dewaweb entah karena ngga pernah ditraining sebelumnya atau tidur saat pelatihan, mereka menyamakan koneksi "local" dengan koneksi "remote".

Mereka mencoba membuat script PHP di hosting yang bermasalah dan sukses koneksi MySQL. Setelah saya cek, ternyata menggunakan "localhost", saya pun langsung mencak-mencak tak terkira. Singkatnya saya yang malah menjelaskan ke mereka apa itu remote MySQL.

Contoh lain adalah tim support Dewaweb ngga bisa membedakan error 2003 (server offline) dengan error 1045 (username/password salah). Dalam koneksi mysql ada 2 error yang sering terjadi, server tidak running (error 2003 - entah karena firewall, port, dll) dan salah password/username (error 1045)

Support dewaweb lambat dan bertele-tele

Review Layanan Support Hosting Dewaweb yang ketiga adalah bertele-tele. Terlalu banyak basa-basi.  Bagi saya sendiri, masalah tidak bisa melakukan koneksi ke Database Server paling sering hanya 1, "Firewall". Karena jengkel dan membuang2 waktu saya, saya pun kesal dan langsung saya tekankan untuk mereply jika masalah sudah fix,

Artikel Terkait :  Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Blog #BloggerTips

"Tolong ngga usah basa basi pakai minta maaf, mohon ditunggu, mohon bersabar bla2. Mohon dibalas jika sudah fix saja"

Hal ini sangat jauh berbeda dengan layanan support kelas internasional. Team supportnya lebih manusiawi dan tidak ada namanya basa-basi. Jika ada problem langsung dijelaskan masalah dan solusinya.

Saya ambil contoh jawaban atas masalah "Subdomains in the addon domain cannot be reached"

"Hi, I tried to add a subdomain to the addon domain (djafa.org), I managed to create a subdomain, but the subdomain was not reachable."

Mereka menjawab masalah langsung dengan solusi tidak pakai basa-basi "Tiket sudah kami terima dan saat ini sedang dalam pengecekan. Mohon menunggu untuk info selanjutnya".

Hello, Thank you for contacting Support team! Please take into account that when you create a subdomain, it may be unreachable up to 60 minutes due to the propagation time. If the issue still persists, please provide us with the subdomain so that we could check it. Looking forward to hearing from you.

Apabila masih belum fix, mereka juga langsung menjelaskan dan memberi solusi yang lain. Tanpa bertele-tele "Tiket sudah kami terima dan saat ini sedang dalam pengecekan. Mohon menunggu untuk info selanjutnya".

Membuang waktu dan tidak efektif

Review Layanan Support Hosting Dewaweb yang selanjutnya adalah tdak efektif. Sebagai contoh adalah kasus tidak bisa remote MySQL karena diblok oleh firewall. Perlu tiga hari untuk menyelesaikan masalah, bagi penulis itu adalah sangat sepele. Firewall adalah hal yang sangat basic.

Contoh yang lain adalah koneksi FTP bermasalah karena sudah mencapai batas maksimum user login. FYI, setiap sistem biasanya secara default ada batasan berapa user yang login, misal saja MySQL 100 koneksi. FTP ternyata juga begitu,

MESSAGE LOG
Status: Disconnected from server
Status: Delaying connection for 5 seconds due to previously failed connection attempt...
Status: Resolving address of djafa.org
Status: Connecting to 104.250.105.79:21...
Status: Connection established, waiting for welcome message...
Response: 421 50 users (the maximum) are already logged in, sorry

Namun masalah ini tidak saya lanjutkan. Dan sampai saya migrasi putus layanan dari Dewaweb masalah tersebut masih terjadi apabila keseringan menggunakan FTP, terutama menggunakan notepad++ (biasa untuk coding, download, edit, save). Setelah beberapa waktu tidak ada aktifitas koneksi secara otomatis ditutup, namun sessionnya tidak dihapus di FTP server. Saat editing dan saving lagi, akan membuka new session begitu seterusnya. Pada awalnya saya masih bisa mengecek sesi FTP di cpanel,apabila ada banyak sesi, saya bisa langsung hapus semua sesinya. Namun karena ganti paket malah ngga bisa lihat sesi FTP. Walaupun sedang downloding atau uploding, status di sesi FTP tetap kosong alias dianggap tidak ada user yang menggunakan FTP.

Klien yang jadi korban

Review Layanan Support Hosting Dewaweb yang terakhir adalah klien rugi. Ya, ini adalah imbas yang pasti menimpa klien. Untuk klien biasa, misal hanya untuk blog pribadi apabila terjadi permasalahan mungkin masih bisa mentolelir, tapi jika untuk bisnis atau instansi tentu sesuatu hal yang berbeda. Bagi mereka (coorporate), apabila terjadi permasalahan artinya adalah kerugian. Dalam hal ini tentu saja pihak penyedia tidak terlalu ambil pusing, toh klien juga sudah membayar layanan.

Saya akhirnya tidak lagi menggunakan layanan hosting di Dewaweb. Selain faktor support, saya sering mendapati gangguan. Yang sering terjadi adalah server down. Tapi kurang tau untuk saat ini. Penulis belum pernah memberikan kesempatan yang kedua kepada penyedia layanan, apabila layanannya tidak memuaskan ya putus layanan, cari yang lain, sama sekali tidak tertarik untuk mencoba kembali layanan yang sama. Kecuali kalau digratiskan.

Memilih hosting luar negeri??

Tidak semua layanan hosting luar negeri bagus, saya pernah menggunakan beberapa kali mencoba layanan hosting luar negeri. Pastikan memiliki server paling tidak di Singapura, syukur kalo ada di jakarta. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan website saat load. Tapi tergantung juga targetnya lokal Asia, Eropa atau Amerika. Jika target eropa gunakan provider yang memiliki server di Eropa.

Kendala menggunakan provider luar negeri adalah di komunikasi yaitu language itu saja. Untuk harga, produk layanan dan supportnya mereka lebih murah, lebih baik,lebih cepat dan lebih steady, jarang sekali down. Kalaupun harganya lebih mahal, jika memang bagus itu sangat sebanding kok dengan layanan supportnya.

Berikut ini sobat bisa membaca sendiri bagaimana layanan support Dewaweb.




Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.