#BlogTips Pilih Blog Gratis atau Blog Berbayar

0
39
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Pilih blog gratis atau blog berbayar. Bisa dikatakan saat ini memiliki blog merupakan sebuah keharusan. Blog yang dimaksud adalah website. Ada yang blog gratisan ada juga yang berbayar. Nah sebelum sobat memutuskan untuk membuat blog, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut supaya lebih terkonsep sehingga kedepannya akan lebih mudah apabila ingin diganti atau dipindah.  Pada dasarnya ada 2 kategori blog, blog berbayar dan blog gratisan. Apa kelebihan dan kekuranganya?? Simak ulasannya berikut ini

Kelebihan dan kekurangan blog gratisan?

Kelebihan dari blog gratis itu ya gratis 100%. Sobat tidak perlu mengeluarkan sepeser rupiahpun untuk membuat blog gratisan. Contoh dari blog gratisan adalah https://blogger.com atau https://wordpress.com. Kedua platform tersebut bisa dikatakan merajai dunia blog gratisan.

Pilih Blog Gratis atau Blog Berbayar
Blogger merupakan platform gratis dari Google khusus untuk membuat blog. https://blogger.com

Kelebihan blog gratisan lainnya adalah mudah dan tinggal pakai. Sobat hanya perlu mendaftar lalu menulis. Semudah itu saja. Tidak perlu installasi dan konfigurasi peralatan blog yang kadang membuat orang awam bingung. Tidak perlu khawatir blog diacak-acak orang iseng yang mencoba meng-hack blog.

Kekurangan dari blog gratisan adalah terbatas. Sobat tidak memiliki kontrol penuh terhadap blog. Kontrol penuh dalam hal ini adalah pertama tidak bisa melakukan kostumisasi atau penyesuaian. Yang kedua jika sobat memilih wordpress.com maka sobat tidak bisa memasang iklan karena faktor yang pertama tadi, tidak memiliki kendali penuh. Namun jika menggunakan blogger.com sobat masih bisa memasang iklan untuk mengumpulkan uang.

[wordads]

Karena terbatas dan tidak memiliki akses penuh terhadap blog, untuk melakukan optomalisasi bisa dikatakan sangat susah. Kecuali sobat memang benar-benar mahir dalam menulis. Mahir menulis saja tidak cukup untuk meningkatkan trafik pengunjung. Perlu keterampilan dan pengetahuan untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Bagaimana membuat pengunjung betah di blog. Dan hal tersebut hanya bisa dimaksimalkan jika menggunakan blog berbayar.

Selain tidak bisa melakukan optimalisasi, sobat juga tidak bisa memasang iklan untuk mengumpulkan uang. Kecuali menggunakan blogger.com

Kekurangan selanjutnya adalah pengaruh terhadap ranking. Maksudnya apa sih? Secara umum mesin pencari (bing, google, yahoo dll) menggunakan algoritma yang sama untuk menampilkan hasil pencarian. Yang paling sederhana adalah menampilkan artikel yang pertama kali dipublish. Kenapa ini berpengaruh? karena jika sobat memutuskan untuk migrasi ke blog berbayar, kemudian menulis/menyalin artikel yang sama, yang telah dipublish di blog gratisan, mesin pencari akan menganggap blog sobat yang berbayar melakukan plagiat, karena menerbitkan artikel yang telah dipublish sebelumnya, walaupun sobat adalah ownernya.

Artikel Terkait :  #BloggerTips Menghitung Pendapatan dari WordAds

Kelebihan dan kekurangan blog berbayar

Lalu apa kelebihan blog berbayar??? Blog berbayar adalah kebalikan dari blog gratisan. Memiliki kontrol full terhadap blog. Sobat bisa memasang iklan secara bebas, sobat bisa memasang tools untuk meningkatkan trafik pengunjung, sobat bisa memodifikasi dan memasang tema/template sendiri.

Kekurangan blog berbayar tentu saja harus bayar langganan domain dan hosting. Namun ada kekurangan lain yang bisa menjadi momok untuk blogger awam, yaitu installasi, konfigurasi dan pemeliharaan. Installasi dan konfigurasi sebuah blog (wordpress) mungkin mudah hanya tinggal klik dan sedikit pengetahuan tentang database, namun untuk melakukan pemeliharaan dan optimalisasi blog adalah sesuatu hal yang berbeda dan terus-menerus harus dilakukan. Dan hal tersebut bukanlah hal yang gampang.

Konsen menulis sekaligus menjadi administrator blog bukanlah hal mudah. Oleh karena itu admin sarankan sebaiknya untuk hal teknis bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Jadi sobat bisa fokus menulis hasilnya juga lebih produktif.

Pilih blog gratis atau blog berbayar??

Urusan memilih berarti menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika sobat masih pemula, baru start dari 0 dalam menulis dan dunia blog, maka admin sarankan memilih blog gratisan. Fokus belajar menulis supaya produktif dan konsisten. Temukan gaya bahasa dan topik yang menarik. Menarik buat ditulis, menarik juga untuk dibaca. Paling tidak setahun pertama sobat bisa menilai apakah layak untuk menggunakan blog berbayar, atau tetap bertahan dengan blog gratisan.

Untuk sobat yang memang dan sudah konsen menjadi blogger, entah itu dalam bidang kuliner, wisata, teknologi dll, menginventasikan sedikit uang untuk berlangganan domain dan hosting sangat admin anjurkan. Dengan blog berbayar, sobat memiliki akses penuh terhadap blog, tidak tergantung dari pihak lain.

Untuk pemeliharaan dan optimalisasi blog, seperti yang sudah admin sarankan sebelumnya, menggunakan jasa pihak ketiga lebih efisien.

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.