Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Blog #BloggerTips

0
51
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Blog. Seberapa besar sih uang yang bisa dihasilkan dari menulis blog? Ada yang bilang sampai jutaan rupiah setiap bulan. Ada yang bahkan resign dan fokus untuk menulis blog. Namun tidak sedikit juga yang sekian lama menulis blog tapi rupiah yang dihasilkan sangat sedikit. Yang digembargemborkan biasanya sih yang sukses, yang jumlahnya hanya sekian orang.

Sebenarnya faktor apa sih yang mempengaruhi penghasilan dari menulis blog? Apakah ada persyaratan khusus agar bisa menghasilkan uang dari menulis blog? Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menulis blog? Dan masih banyak pertanyaan lain terkait dengan mendapatkan uang dari menulis blog.

Berbeda dengan program advertiser yang lain, WordAds tidak bisa menggabungkan pendapatan beberapa blog
Berbeda dengan program advertiser yang lain, WordAds tidak bisa menggabungkan pendapatan beberapa blog

Sebelum ke pembahasan yang lebih teknis, admin akan sharing hal dasar mendapatkan uang dari menulis blog. Admin sengaja menggunakan bahasa yang santuy supaya bisa relaks.

Bagaimana cara kita mendapatkan uang dari menulis blog?

Ini adalah pertanyaan dasar dan wajib sobat ketahui sebelum sobat memutuskan resign untuk fokus menulis. Hahahaha, jangan langsung resign kali. Sobat bisa mencoba menggunakan blog gratisan untuk mengukur dan melatih kemampuan sobat untuk merangkai kata supaya bisa menjadi tulisan yang menarik, singkat namun isinya mudah untuk dipahami. Admin akan sharing di tutorial yang lain mengenai Tips Menulis Blog untuk menghasilkan uang.

[wordads]

Ada banyak metode untuk mendapatkan uang dari menulis blog. Tergantung dari passion dan kompetensi sobat dalam menulis bidang apa.

Memasang iklan pada blog

Ini adalah cara yang paling mudah dan paling umum digunakan oleh 90% para penulis blog. Sobat bisa mengikuti program advertiser atau bisa juga memasang iklan sendiri. Program advertiser lebih mudah dan terukur, misal seperti Google Adsense, WordAds, Mediavine, Ezoic dll. Namun program advertiser tersebut memerlukan persyaratan-persyaratan khusus.

Sedangkan memasang iklan sendiri bisa sobat lakukan apabila ada kerjasama dengan para pemasang iklan. Misal sobat menulis tentang obat herbal. Kemudian ada perusahaan atau distributor yang ingin memasang iklan di blog sobat. Nah sobat bisa atur sendiri tuh semuanya, mulai dari biaya sampai pemasangan iklannya.

Artikel Terkait :  #BloggerTips Menghitung Pendapatan dari WordAds

Untuk lebih praktis sih ikut program advertiser. Misal Google Adsense yang lebih mudah untuk blogger pemula.

Menulis review pada blog

Menulis review bisa dikatakan lebih menghasilkan dari pada memasang iklan. Namun untuk bisa sampai pada tahapan menghasilkan uang dari menulis review sangatlah susah dan perlu kerjasama dengan yang direview, istilahnya mencari sponsor. Menulis review biasanya disisipi iklan produk dari barang atau bidang yang ditulis. Misal menulis tentang produk perawatan rambut, yang direview ada banyak namun penulis akan membuat review sesuai dari pesanan dari sponsor. Menulis review tidak selalu identik dengan mereview produk, tapi bisa juga dengan tips dan permasalahan yang menyangkut dari produk tersebut yang pada intinya mengiklankan produk sponsor.

Sebagai penerbit tulisan

Metode ini hampir sama dengan 2 metode di atas. Bedanya adalah tulisan yang akan dipublish biasanya sudah jadi. Sobat tinggal menyesuaikan gaya bahasa dan teknik penulisan saja. Di dalamnya ada link, media foto/video mengenai produk dari sponsor. Tarifnya tergantung seberapa banyak pengunjung blog sobat. Semakin ramai pengunjung, tarif yang ditawarkan juga semakin mahal.

Cara-cara di atas adalah cara-cara yang benar-benar murni dari menulis blog. Masih ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang dari sebuah blog. Tapi pada intinya adalah tetap memasang iklan. Semakin banyak yang mengeklik iklan, penghasilan dari blog juga semakin besar. Itulah kenapa jika sobat sering mendownload film, aplikasi atau dokumen lainnya dari sebuah blog, akan banyak iklan yang muncul. Mereka biasanya membuat link download yang diarahkan ke halaman iklan, baru setelah sekian detik link ke file yang akan didownload akan muncul.

Apapun metode yang digunakan untuk mendapatan uang dari menulis blog, pastikan sobat memiliki konten dan artikel yang berkualitas. Bukan hanya mengejar rating yang hanya sesaat, misal menulis berita hoax.

Selamat menulis ya sob

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.