#InfoMadu Bagaimana lebah menghasilkan madu ?

0
258
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Bagaimana lebah menghasilkan madu? Sobat pasti sudah tahu apa itu madu, walaupun mungkin ada yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya madu. Cairan yang menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah ini, mempunyai banyak rasa. Oke admin sependapat, mayoritas madu berasa manis bahkan legit. Namun rasa manis madu berbeda dengan rasa manis gula atau pemanis buatan. Terlebih madu asli hutan, rasa dan aromanya ada banyak. Admin akan bahas di artikel yang lain

Bagaimana Lebah Menghasilkan madu? Tampak kaki seekor lebah penuh dengan serbuk sari saat mencari nektar.
Bagaimana Lebah Menghasilkan madu? Tampak kaki seekor lebah penuh dengan serbuk sari saat mencari nektar.

 

Lalu Bagaimana lebah menghasilkan madu?

Kok bisa ya , si lebah menghasilkan madu? Apa semua lebah menghasilkan madu?

Nektar bunga penghasil bahan madu

Jika sobat saat masih kecil sering atau biasa menyedot bunga lantaran ada cairan manis-manisnya, itulah yang dimaksud nektar. Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga yang terdiri dari gula kompleks dan sekitar 80% air.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Pria

Saat mencari nektar, lebah juga membantu penyerbukan bunga yang penting dalam rangkaian proses perkembangbiakan tanaman.

Cara lebah mengumpulkan nektar

Lebah memiliki lidah yang menyerupai belalai, dalam ilmu biologi disebut proboscis.  Lebah madu menghisap nektar dengan proboscis untuk kemudian disimpan di dalam perut lebah. Tugas ini hanya dilakukan oleh lebah madu pekerja. Saat nektar dirasa cukup, lebah madu akan kembali ke sarangnya.

Bagaimana Madu Dihasilkan
Proboscis Lebah untuk menghisap nektar bunga

Ada yang unik dari proses pengumpulan nektar. Lebah madu pekerja yang telah menyimpan nektar, ketika sampai di sarang tidak akan langsung merubahnya menjadi madu, akan tetapi ada lebah pekerja lain yang akan menghisap nektar dari perut lebah pekerja tersebut. Lebah ini biasanya lebih muda. Jadi ini merupakan salah satu bentuk sterilisasi. Dimana lebah yang bekerja di luar sarang, tidak bersentuhan langsung dengan madu.

Anatomi sederhana seekor lebah madu
Anatomi sederhana seekor lebah madu

Perubahan Nektar menjadi Madu

Tugas lebah pekerja muda yang menghisap nektar dari perut lebah yang mencari nektar adalah merubah nektar menjadi madu. Lebah pekerja muda ini mempunyai enzim-enzim tertentu yang keluar dari mulutnya, yang mampu merubah nektar menjadi madu mentah. Dalam bidang religi, hal ini dikait-kaitkan dengan cara lebah ini menyebut Tuhan.Proses tersebut berlangsung sekitar 20 menit.

Artikel Terkait   #InfoMadu Jangan Mencampur Madu dengan 5 Jenis Makanan ini
Lebah pekerja menghisap nektar dari lebah pencari nektar
Lebah pekerja menghisap nektar dari lebah pencari nektar

Pada tahapan ini, madu masih memiliki kandungan air yang tinggi. Madu mentah ini disimpan di dalam sarang madu berbentuk hexagonal. Dikarenakan kadar airnya masih tinggi, untuk mengurangi kadar air dalam madu, lebah menggunakan kepakan sayapnya di atas permukaan madu mentah.

Tahapan ini perlu diketahui oleh peternak atau pun pencari madu, karena akan menentukan kualitas madu. Semakin sedikit kandungan airnya, kualitas madu akan semakin baik.

Penyimpanan dan Pematangan madu

Setelah kadar air dalam madu menurun sampai level tertentu, (kandungan air sekitar 20%). madu telah berubah dari madu mentah menjadi madu matang. Sampai proses ini, madu belum siap untuk dikonsumsi atau dipanen. karena masih ada proses pelilinan terhadap madu.

Perlindungan terhadap madu matang

Madu matang lantas dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan oleh semacam lembaran di bawah perut lebah. Setelah proses ini, madu siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia.

Gimana sob, sudah tau kan bagaimana madu dihasilkan. Semoga artikel Bagaimana lebah menghasilkan madu ini bermanfaat, jangan lupa share ya sob.

Artikel Terkait   #InfoMadu Mitos dan Fakta Madu

 

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.