#BloggerTips Kelebihan dan Kekurangan WordAds

2
1636
Halaman:
1
2
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

WordAds khusus untuk WordPress

Ya, sobat harus memiliki blog menggunakan WordPress untuk bisa mendaftar program WordAds. Tidak bisa tidak. Berbeda halnya dengan program advertiser yang lain, misal Google Adsense yang membebaskan publisher memakai platform apa saja, yang penting bisa memasang script iklan.

Tidak semua blog bisa diterima program WordAds

Selain khususr hanya untuk WordPress, WordAds memilik syarat khusus yang lumayan sulit untuk pemula. Hal ini pernah dilakukan oleh Google Adsense, dimana tidak semua blog bisa ikut progam, hanya blog dengan banyak pengunjung yang bisa mengikuti program Google Adsense. Namun sekarang aturan itu dirubah dan semua blog bisa ikut program Google Adsense tanpa persyaratan khusus, yang penting bisa pasang script iklan.

Syarat-syarat khusus untuk bisa diterima program WordAds adalah sebagai berikut :

  • harus memiliki domain sendiri dan menggunakan platform WordPress
  • bisa menggunakan blog wordpress.com (misal iklan.wordpress.com), tapi harus custom dan ini tidak gratis, secara gampangnya " kalo lu mau pasang iklan biar dapat dhuit, lu harus bayar duluan"
  • mempunyai trafik yang baik. Jumlah pengunjung setidaknya harus mencapai 500-1000 pengunjung setiap hari
  • mempunyai konten dan artikel yang banyak. Jadi misalkan sobat punya pengunjung 500-1000 pengunjung setiap hari, tapi hanya punya 5 halaman / artikel, akan ditolak oleh WordAds.

WordAds tidak menggabungkan pendapatan beberapa blog

Apa sih maksudnya? Artinya pendapatan dari iklan di satu blog tidak bisa digabung dengan pendapatan dari blog lain. Contoh sobat punya 3 blog, dan kebetulan saat mendaftar WordAds, ke tiga blog tersebut di terima. Nah, nanti hasil pendapatan dari 3 blog tersebut tidak bisa digabung.




Pembayaran minimum WordAds adalah $100, padahal sekarang ini untuk mendapatkan $100 itu sama sekali tidak mudah, bisa berbulan-bulan bahkan 1-2 tahun, kecuali pengunjungnya diatas 10.000/hari. Tentu akan lebih cepat dan mudah menerima pembayaran jika hasil pendapatan iklan dari 3 blog tersebut bisa digabung, sehingga angka minimum $100 cepat tercapai.

Berbeda dengan program advertiser yang lain, WordAds tidak bisa menggabungkan pendapatan beberapa blog
Berbeda dengan program advertiser yang lain, WordAds tidak bisa menggabungkan pendapatan beberapa blog

Fitur WordAds sangat terbatas

Hal ini memang berbanding lurus. Segala sesuatu yang simple pasti akan sangat terbatas. Seperti halnya segala sesuatu yang serba otomatis tentu tidak bisa diutak atik lagi. Tidak seperti program advertiser yang lain, WordAds secara khusus hanya untuk menampikan iklan atau tidak itu saja. Fitur - fitur WordAds yang bisa membuat hasil pendapatan iklan tidak maksimal beberapa diantaranya

  • lokasi iklan WordAds sangat terbatas, dan sebagai publisher tidak bisa memasang iklan sekehendak hati
  • WordAds tidak bisa memasang iklan di tengah-tengah artikel. Padahal iklan di tengah artikel mempunyai nilai yang tinggi
  • WordAds tidak bisa memasang iklan di komentar. Ini penting, karena tidak sedikit pengunjung yang lebih membaca komentar daripada konten artikel
  • tidak bisa menganalisa dengan detail iklan yang ditampilkan. Misal iklan mana yang mempunyai nilai tertinggi, platformnya apa, ukuran iklannya apa, letaknya dimana, pengunjung pakai hp atau pakai komputer dll.
Artikel Terkait :  Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Blog #BloggerTips

WordAds tidak bisa memfilter iklan

Kadang tidak semua iklan yang ingin kita tampilkan, entah karena kita memang tidak suka atau karena hal yang lain. Misal menampilkan iklan obat kuat dengan kata-kata vulgar di dalam artikel yang bermuatan religi. Tentu ini sangat kontras dan membuat pengunjung berpikir negatif, "artikelnya untuk anak-anak tapi kok iklannya obat kuat, blog ngga bener ini", efeknya bisa fatal karena pengunjung enggan kembali.

Kesimpulan dan saran kelebihan dan kekurangan WordAds

WordAds merupakan sebuah program alternatif bagi para blogger yang ingin menambang dollar dengan memasang iklan di blog. Bila sobat tidak terlalu mahir dalam pemrograman website, html, javascript, analisa iklan, dll WordAds adalah pilihan tepat, sobat bisa fokus untuk membuat konten yang berkualitas yang bisa menarik banyak pengunjung. WordAds juga cocok untuk sobat yang memang bekerja sebagi penulis, misal menulis berita, konsultasi, tanya jawab, hoby dll.

Namun jika sobat juga memiiki cukup pengetahuan akan script html , javascript dan css, tidak memilih WordAds terkadang juga bukan pilihan tepat karena sobat juga harus pandai melakukan analisa dari iklan yang ditampilkan, jika salah dalam menganalisa akan berakibat salah dalam memilih dan menempatkan iklan, imbasnya tentu saja pendapatan juga menurun

Untuk aman dan simpelnya, bergabung dengan WordAds adalah pilihan tepat.

Kelebihan dan Kekurangan WordAds

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.