Advertisements

#TrekkingTips – Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Punya cerita atau tips pendakian? Itinerary, jalur pendakian dll, share di kolom komentar  ya sob. Sobat juga bisa join di sini
Print Friendly, PDF & Email

Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri. Menjawab pertanyaan komentar pada artikel Tips mendaki gunung rinjani, “Mas, mau nanya lebih baik ambil paket tour yg sudah disiapkan guide dan porter atau sebaiknya cari porter guide dan bahan makanan sendiri? Hitung2 biaya tour 3 hari 2 malam sekitar 3 juta sudah d tanggung semua…”

Ini sangat relatif sekali. Namun sebelum ke jawaban akhir ada baiknya kita review masing2 nya, apa saja yang kita dapatkan jika ikut paket tour atau bagaimana jika bikin trip sendiri.

Kawah Jlonggring Saloka Mahameru Semeru

Kawah Jlonggring Saloka Mahameru Semeru

Sebaiknya kita mulai dengan perbedaan paket tour dengan trip sendiri

Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour

Saat kita memilih paket tour kita tidak perlu pusing mikir perlangkapan, cukup siap fisik dan dana yang cukup

Artikel Terkait   #TrekkingTips Perlengkapan dan Peralatan Wajib Mendaki Gunung

Kelebihan Paket Tour :

  1. Kita datang di meet point, dijemput, persiapan, start perjalanan.
  2. Tidak perlu repot persiapan logistik, ijin dan HTM, perlengkapan dll.
  3. Saat perjalanan, tidak perlu repot bawa logistik dan perlengkapan. Cukup bawa daypack atau setidaknya peralatan pribadi
  4. Tenda sudah ready saat istirahat. Tiba waktu makan, kita tidak perlu masak, cukup rebahan atau fhoto2.
  5. Intinya kita benar2 dimanja.

Kekurangan Paket Tour

  1. Biaya paket  1.5  s/d 2  kali lipat. Untuk jasa agen karena telah mempersiapkan semuanya
  2. Kebersamaan team kurang. Akan berbeda rasanya, saat masak, bawa barang ataupun mendirikan tenda bersama
  3. Ketergantungan kepada penyelenggara (agen)

Naik Gunung  Trip Sendiri

  1. Butuh persiapan yang matang, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, perlengkapan, simaksi dll. Termasuk didalamnya anggaran biaya yang terperinci dari setiap kebutuhan. Nyari sopir, homestay, porter, beli logistik, sewa alat dll. (Ini tugas leader biasanya, namun harusnya leader, bisa membagi beban tugas ke anggota)
  2. Dibutuhkan kerjasama team yang solid. Tidak mudah bila masing2 individu sibuk dengan kepentingan masing2
  3. Bila pun sewa porter, tidak serta merta menyerahkan semuanya ke porter/guide
  4. Intinya dituntut kerjasama team yang baik dan mandiri.
  5. Karena mengurus sendiri semua, biaya yang dikeluarkan pastinya lebih murah.
Artikel Terkait   #TrekkingTips Detail Cost and Itinerary Hike sumbing mount wonosobo

Kelebihan Trip Sendiri

  1. Lebih bebas, mandiri dan melatih kerja sama yang baik
  2. Memiliki peralatan pribadi yang lebih lengkap. Hal ini membuat kita lebih tau bentuk, cara paki dan fungsi berbagai perlengkapan dan peralatan naik gunung.
  3. Pengalaman untuk trip2 selanjutnya.
  4. Biayanya lebih murah.

Kekurangan Trip Sendiri

  1. Rempong, capek, pegel dan kotor
  2. Karena semua nyari sendiri (transport, akomodasi, htm dll) terkadang tidak sesuai dengan rencana, dikarenakan memang hanya kontak2 lewat handhone.

Ok setelah mengetahui perbedaan, kelebihan dan kekurangan paket tour dengan trip sendiri, kita lanjut ke beberapa pertanyaan mendasar berikut ini :

Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri???

1. Apa alasan sobat naik gunung? – Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri

  • Hobby.  (ini jawaban yang susah ngejelasinnya, sama kaya para ladies yang hoby belanja). Ketika tidak tersalurkan, seperti ada tekanan dalam batin. Orang dengan hobby naik gunung, cenderung tidak peduli seberapa sengsaranya saat mendaki, malah bagi sebagian pendaki, penderitaan saat bersusah payah itu dinikmati dengan sangat nikmat. Bawa beban 10-20kg, pake celana n baju lusuh kaya gembel, panas terik saat siang, dingin menggigit kala malam, capek, dengkul kaya mau lepas, sampe  puncak udah ngopi doank, paling banter 1 jam di puncak. Turun lagi. Turunnya pun malah bikin engsel2 kaki mau copot.
  • Menikmati Alam. Oke ini alasan paling rasional. Pemandangan di atas gunung memang awesome, udara, tanah, langit, matahari, awan dll. Pendaki tipe ini, memang biasanya punya dana lebih. Tidak ingin bercapek ria saat mendaki. Lebih suka memilih menggunakan jasa porter untuk membawa logistik dan perlengkapan. Saat mau tidur tenda dah siap. Waktu makan hidanganpun sudah tersedia. Tidak perlu repot2 gelar tenda, tidak perlu jauh2 antri ambil air. Tangan pun tidak kotor karena sudah dimasakin oleh porter.
  • Pengen seperti yang lain. Jika ini alasan sobat naik gunung, oke urungkan niat n pergilah ke pantai atau mall.  Ngga pa2 ikut2an naik gunung, asal ada yang nemenin, porter ataupun teman.
Artikel Terkait   #TrekkingTips - Perlengkapan dan perbekalan penyebab sampah saat naik gunung

2. Seberapa baik diri sobat dalam kerja team? – Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri

Point ini sangat penting. Saat naik gunung, kita dituntut untuk bisa bekerja sama dengan baik dengan seluruh anggota. Pembagian tugas dan tanggung jawab menjadi modal penting sukses tidaknya perjalanan.

Jika sobat tidak begitu baik dalam kerja sama team, mungkin sebaiknya memilih paket tour.

3. Pegawai kantoran/kerja diruangan yg selalu ada AC atau orang lapangan yg terbiasa kerja di bawah terik matahari – Naik Gunung Pakai Jasa Paket Tour atau Trip Sendiri

Secara gampangnya, sobat suka kerja di ruangan atau diluar ruangan?

Orang yang bekerja di ruangan, cenderung sosialnya kurang, diruangan biasnya satu sekat cuma 1/2 karyawan, ketemu saat istirahat kalau ada perlu saja. Saat bekerja di ruangan, resiko yang dihadapi hanya salah dalam dokumen. Tidak suka kotor, rapi dan teratur.

Sebaliknya orang lapangan biasanya punya jiwa sosial yang lebih tinggi. Lebih fleksible dan mempunyai kepercayaan yang baik dengan sesama team. Mereka bekerja dengan fisik. Bila terjadi kesalahan, resikonya adalah fisik(kecelakaan). Kebalikan dari orang yang bekerja di ruangan, orang lapangan biasanya malah suka kotor, kurang rapi dan acak adul.

Artikel Terkait   #TrekkingTips - Menu Makanan Sehat dan Cepat Saat Naik Gunung

Intinya : Bila sobat suka kerja di ruangan. Saya sarankan memilih paket yang dah jadi, paket tour.

Terlepas dari 3 point di atas,  untuk trip perdana, misal baru pertama naik gunung, saya pribadi menyarankan paket tour, atau setidaknya ikut teman yang biasa naik gunung. Belajar bagaimana mandiri dalam perjalanan.

Untuk gunung2 di Indonesia, penulis rasa, tidak perlu memakai jasa paket tour, tentunya dengan persiapan yang matang.

“Mas, mau nanya lebih baik ambil paket tour yg sudah disiapkan guide dan porter atau sebaiknya cari porter guide dan bahan makanan sendiri? Hitung2 biaya tour 3 hari 2 malam sekitar 3 juta sudah d tanggung semua…”

Bila bikin trip sendiri, ke Rinjani ngga sampai 700 rebu,  5 hari 4 malam (diluar transport ke lombok). Anggota 10 org, peralatan tidak ada yang sewa, pake 2 porter.

Salam Rimba

Advertisements

You may also like...

2 Responses

  1. Martin says:

    Gw pngen ikut donk klo ada naek2 gunung!bikin trip sndiri aja buat pngalaman.

    • us jauhari says:

      Naik gunung beda dg tamasya. Tpi untuk saat ini, asal ada dana lebih, kita masih bisa pakai jasa porter, guide dll. Belum ada syarat2 khusus yg diwajibkan dari pengelolanya

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!