Berapa Lama proses cabut berkas

    48
    11401
    Viewed 38641 Times 48 Comments
    Berapa Lama proses cabut berkas

    Hanya berbagi info saja, kemarin saya baru cabut berkas/mutasi dibojonegoro jatim hanya kena biaya 75 rb plus biaya fc saja dan nunggu berkas keluar tidak sampai 2 minggu. Tp kata petugas biasanya 2 minggu sampai 1 bulan. Besuk hari senin tinggal masukin di samsat Tulungagung Jatim.

    Saya mutasi plat BA 777NR masuk tgl22-8-20016 sampai skarang berkas nya blum juga keluar, apa pencabutan memang lama keiuar nya ,mohon penjelasan dari samsat kota padang

    • samsatku

      @sahrim. Berapa Lama proses cabut berkas? Biasanya petugas memberi semaca catatan / resi kapan berkas bisa diambil. Mutasi memang perlu waktu 2-4 minggu.  Lebih2 kalo nitip, proses di samsat yg sehari selesai kadang bisa molor. Semoga membantu.

      Berapa Lama proses cabut berkas

    Was this answer helpful ? Yes (11) / No (9)




    Penulis adalah Admin Samsat Online Kalimantan Tengah

    48 COMMENTS

    1. Aku cabut berkas/mutasi motor Jakarta ke Jawa tengah, mulai tgl 16 Oktober 2017 sampai skarang kox belum jadi ya hampir 2 bulan, tolong info nya.

    2. Saya berniat cabut berkas nopol kh 5837 ap pindah ke jogjakarta berapa kira waktu yang di butuhkan..

    3. mohon maaf sebelum nya mau tanya soalnya belum tau menau tentang pengurusan kendaraan.
      saya membeli mobil bekas sudah banyar lunas,cuman mau mutasi dan balik nama sdah hampir 4 bulan ini belum kelar.
      apa emang lama pengurusan nya atau cuman akal akalan pemilik kendaraan pertama.trims atas room nya

      • @choken. Untuk artikel jelasnya silahkan baca http://bit.ly/biaya_bbnkb.
        Pengurusan mutasi keluar/cabut berkas tidak harus dilakukan oleh pihak pertama, malah sebaiknya dilakukan oleh pihak pertama, karena harus menyertakan KTP pemilik baru. 4 bulan terlalu lama, tapi karena tidak dilakukan sendiri, hal ini sangat sering terjadi. Silahkan kroscek langsung ke Polda dan Samsat tempat cabut berkas. Semoga membantu.

    4. Saya td siang cabut berkas motor dr BSD tangsel mutasi keluar daerah ke Pati Jateng biaya 425.000. ini kedua kalinya saya mutasi motor dg motor yg sama,dulu motor th 2007 cabut berkas di thn 2013 dr cileduk ke bsd serpong,cabut berkasnya 1hari langsung selesai
      Yg skrg 17-09-2018 cabut berkas dr th 2013 katanya 1bln nanti surat pengantarnya baru akan jadi.
      Kok bisa lama begitu kenapa ya? Padahal berkas masuk dulu blm cukup lama,yaitu dr thn 2013..
      Mohon pencerahannya

      • @Saefudin. Sebenarnya kurang tepat bertanya di sini, karena yang lebih mengetahui adalah petugas yang disana.
        Lama Proses mutasi tergantung dari banyak berkas yang masuk, dan sayangnya tidak ada standar baku mengenai lama pelayanan terkait mutasi. Tidak semua Polda menerapkan prosedur yang sama. Semoga membantu

    5. pak saya punya motor plat nomor DKI berkas sudah dicabut karena ada panggilan mendesak di jayapura akhirnya berkas cabutan di simpan belum di masukan samsat grobogan selama 3 bulan,masih bisa di proses kah pak,mohon titik terangnya pak..

    6. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    7. Pak mau tanya :
      Motor saya sementara lagi proses mutasi dari kota Batam ke Kendari Sulawesi Tenggara. Terus motornya sudah ada di Kendari. kalau motornya lagi dipake dan kena TILANG,bagaimana harus jelaskan sama pak polisi nya? Terima kasih

      • @u're. Jangan dipakai kalau ngga ada surat jalan dari Polda atau samsat yg menyatakan surat2 masih proses di Polda / samsat. Surat jalan / keterangan pengganti stnk biasanya diberikan saat pengurusan bpkb di Polda atau stnk di samsat. Baca artikel mutasi http://bit.ly/biaya_mutasi

    8. Mau tanya saat kita akan cabut berkas mutasi akan kita mutasi ke kabupaten lain tetapi masih 1 provinsi. Bisakah pajak kita bayarkan di daerah tmpt cabut berkas? Dan kalau saya sudah bayar pajak saat cabut berkas apakah saat saya masukkan berkas ke tmpt tujuan dikenakan biaya pajak lagi?

    9. Min kalo mutasi motor dr bekasi ke jateng biayanya brp n prlu berapa hari proses di bekasinya?pajak telat 1thn..

    10. Wajar saja banyak yang bodong, mau taat pajak dan surat saja ribetnya minta ampun. Sistem dan Birokrasinya masih buruk. Memang antar provinsi saya pun cabut berkas, tapi tida ada kepastian kapan bisa di ambil. Mana KTP asli di tahan.

      • @Adit. Jalur resmi KTP hanya ditunjukkan dan tidak diminta oleh petugas dan diberi resi kapan berkas bisa diambil.

        Bisa diceritakan bagaimana sampai bisa KTP ditahan?

    11. Pak mau tanya,sya mau cabut berkas beda propinsi. Dulu kendaraan sya pernah pindah alamat samsat 1 daerah tapi nopol nya tidak pindah/ganti.contoh.motor sya dri jakpus pindah alamat ke jaktim tp nopol nya masih pake jakpus.
      Yg saya tanyakan harus kemana saya cabut berkasnya ke samsat jakpus apa ke jaktim.
      trima kasih

    12. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
      • @alw. Kalau yg dimaksud mutasi adalah cetak fiskal, maka 150rbu adalah wajar, berkisar 100-200rbu

    13. Sy baru sj cabut berkas dr jakarta pusat ke pemalang jawa tengah...biaya sampai 450an..kemapa mahal banget...bahkan 1 bulan setengah br bs diambil bekasnya...gemana neeh

      • @pewe. Ngurus sendiri atau nitip? Biaya resmi mutasi ngga sampai 450an kalau jalur resmi dan pajak sudah lunas. Waktu mutasi nanti diberi resi pengambilan, tertulis di dalamnya kapan kira2 berkas selesai dan bisa diambil

    14. Baru saja saya cabut berkas untuk mutasi ke pemalang dr jakpus dan biayanya 430,000rban dan pengambilanya memakan waktu 1 bulan stengah..apa benar semahal itu dan bs smpai 1 bulanan..
      Belum nanti stlh sy dpmlangnya..

      • Biaya mutasi berlaku nasional. Bisa dicek halaman PNBP. Jangka waktu pengurusan sekitar 1-2 minggu tapi beda daerah beda pelayanan, belum ada standar nasional

    15. Selamat malam bpk admin samsat..sya mau nanya kemarin saya sdh proses mutasi tgl 28.11.19.katanya suruh balik ke samsat lagi..kira2 waktunya brapa lama ya..mhon pencerahannya

      • @Dhewa. Biasanya 1-2 minggu. Tergantung masing-masing samsat. Malah ada yang sampai sebulan, ada juga yang ngga jadi2 sampai berkasnya ilang. Pastikan tanyakan ke petugasnya langsung, dan minta resi untuk pengambilan, karena setiap pengurusan berkas yang harus ditinggal, petugas wajib memberi resi untuk mengambil berkas, biasanya tertera juga tgl selesainya

    16. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
      • @pudjo. Paling cepet sehari selesai, tapi bisa juga sampai 1 minggu. Tergantung jumlah berkas yg masuk

    17. Pak Samsat.. saya cabut berkas mobil dari samsat Bekasi ke Banjarnegara Jateng.. di resi pengambilannya kok tidak di cantumkan tanggal jadi nya atau pun nomor hp yg bisa dihubungi.. malah bilang nya proses nya 2 bulan baru jadi.. gemana nih...

      • @Keynara. Yang penting ada resi pengambilan sebagai bukti. Masalah tgl pengambilang memang terkadang petugas tidak bisa memperkirakan dengan pasti selesai

    18. Pak Samsat.. saya sedang proses mutasi mobil dari Bekasi ke Banjarnegara Jateng.. kok di resi pengambilannya tidak di kasih tanggal jadi/pengambilannya atau nomor telpon yg bisa di hubungi.. malah petugas bilang prosesnya 2 bulan.. gemana nih.. ribet amat

      • Pak samsat,,ma'f saya mautanya,kendaraan sya sudah cabut berkas saya ambil dari polda 11 des 2019 di karenakan saya ada panggilan kerja ke batam maka berkasnya belum di serahkan ke samsat tujuan sampe sekarng,kalo sy serahkan ke samsat tujuan bulan 3 2020 apakh msih bisa,,mohon tirik terangnya pak
        Terimakasi

    19. Pak sy mau ajukan pertanyaan, sy cabut berkas awalnya plat Sulawesi sy mau jdikan plat Papua,it sudah 3 minggu tp blom sy dpt berkasx lg,,, sy byr 1, 710. 000 it dgn pajak ny 1 thn ktax,,,
      Prtanyaan sy ap kah semahal dan brp lm jika mengurus brkas yg sy jelaskan tdik pak

      • @nurhayati. Yg mahal dalam pengurusan berkas kendaraan jika lewat pihak ketiga (biro jasa/orang yg biasa urus) adalah biaya jasanya. Biaya mutasi sendiri ngga nyampe 250 untuk R4 dan 150rb untuk R2 (dibayar saat mutasi keluar). Mutasi masuk (BPKB baru) R4 375rb, R2 225rb. Cetak stnk dan plat R4 300rb, R2 160rb, Ditambah pajak (BBNKB, PKB dan SWDKLLJ) yg dibayar di samsat tujuan.
        Berapa lama pengurusannya? Mutasi keluar 1 minggu paling cepat, mutasi masuk juga sama. Kalau lewat biro jasa tentu bisa lama lagi, bisa 1-2 bulan baru selesai, apalagi itu dari makassar ke papua. Yg penting tetap ditanyakan selalu progressnya. Semoga membantu

    20. Pak samsat tgl 2902 2020 saya urus mutasi keluar dr bogor..ke bekasi.saya diksh resi pengambilan tgl 29 04 2020 knp lama y..blm lg saya urus mutasi msk bekasi..kira2 brp lm lg..surat2 mobil jd pak samsat..mohon infonya pak sblmnya banyak trima kasih..

      • @andriani. Lho kan admin sudah jelaskan di artikel. Silahkan dibaca kembali. Tidak ada yg pasti dalam durasi pengurusan berkas mutasi karena memang belum ada standar bakunya.

    21. Pepet terus, kahanan kanan kiri prei
    22. Saya cabut berkas dari pontianak plat nomor kb 2239 ax dari akhir bulan januari 2020 sampai hari ini belum kelar juga, katanya akan di hubungi bila sudah selesai. Tidak ada resi pengambilan, hanya di beri fotocopy surat surat pengganti stnk. Saya coba kontak petugas disana nomornya tidak aktif.

      • Pak mau tanya, saya lagi sedang melakukan pencabutan berkas di samsat medan dan mau di mutasi ke badung. Pencabutan berkas sudah selesai. Tapi saya belum ada dana utk jatohin berkasnya ke samsat bandung. Nah yg ingin saya tanyakan, apakah berkasnya itu ada expired nya pak? Dan berapa lama masa berlaku berkas tersebut?

      • @Eka Untuk mutasi memang bisa sampai 1-2 bulan terlebih jika tidak urus sendiri. Jika jalur resmi dan urus sendiri petugas pasti memberi resi pengambilan namun tidak akan menghubungi saat berkas selesai, jadi pengambilan sesuai resi nya. Tetap dipantau terus dan tanyakan juga via sosmed. Semoga membantu

    23. Dear admin samsat terima kasih atas jawabannya
      Sebagai tambahan informasi, untuk pengurusan berkas saya urus sendiri tapi setelah 3 minggu menunggu dan jawabannya sama akhirnya saya menyerah pulang kampung sambil menunggu di hubungi oleh petugas samsat disana.

      • @eka. Tetap dipantau dan coba dihubungi petugas atau kantornya. Mutasi keluar ada 2 proses, di samsat untuk cetak fiskal, dan di Polda untuk penghapusan data register kendaraan sekaligus menerbitkan surat pengantar ke Polda tujuan. Yg di Polda ini yg biasanya lama, ada juga yg lewat Polres atau loket bpkb di samsat, tapi tetap oleh petugasnya dibawa ke Polda

    24. Pagi pak saya cabut berkas dari Samsat Bogor kabupaten masuk Bogor kota , daftar tgl 17 February 2020 dan sampai berlaku 17 April 2020 , ini masa berlaku mutasi keluar BPKB dan STNK baru , apa keluar cabut berkas doang lama nya 2 bln?

      • @Hermanto. "dan sampai berlaku 17 April 2020" ini apa ya? Kok ada masa lakunya?
        Standarnya 1 bulan mutasi keluar (cabut berkas), 1 bulan mutasi masuk.

    Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.