#MaduKlanceng Tips Dasar Sebelum Budidaya Lebah Trigona Klanceng

0
156
Jangan lupa sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy

Tips Dasar Sebelum Budidaya Lebah Trigona Klanceng. Buat sobat yang ingin budidaya lebah trigona klanceng, sangat disarankan untuk mengetahui dasar dan kiat-kiat, tips yang perlu diketahui untuk mengurangi resiko kegagalan dalam budidaya lebah trigona klanceng, baik kegagalan karena faktor koloni itu sendiri, vegetasi, lingkungan maupun hama. Walapun lebah trigona klanceng mudah dipelihara dibanding lebah apis. Tips ini penulis susun untuk membantu sobat yang masih awam dalam dunia lebah, untuk yang sudah berpengalaman mungkin tidak membutuhkan informasi Tips Dasar Sebelum Budidaya Lebah Trigona Klanceng.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Mengenal Lebah Madu Klanceng Trigona

Mengetahui perbedaan antara lebah apis dan lebah trigona klanceng

Sebenarnya perbedaan antara lebah apis dan lebah trigona klanceng sangat jelas.

  • Fisik : Lebah apis mempunyai fisik yang lebih besar dan bersengat sedangkan lebah trigona klanceng jauh lebih kecil dan tidak mempunyai sengat
  • Sarang : Lebah apis membangun sarang dengan bentuk hexagonal baik untuk madu maupun untuk telur, berbeda dengan lebah trigona klanceng yang membangun sarang dengan membentuk semacam tabung atau bola2 kecil.
  • Produk : Madu lebah apis cenderung manis dan menghasilkan banyak madu, namun sedikit propolis, sebaliknya madu dari lebah trigona klanceng lebih ke rasa masam sedikit pahit, sedikit madu namun lebih banyak memproduksi propolis.
  • Kualitas : Kualitas madu lebah trigona klanceng mengandung lebih banyak mineral dibandingkan madu lebah apis

Analisa kawasan di mana lebah trigona klanceng akan dibudidaya

Lingkungan yang baik dan sesuai untuk budidaya lebah trigona klanceng haruslah kaya akan tanaman yang memiliki bunga walaupun kecil namun jumlahnya harus banyak. Untuk hasil terbaik dan melimpah, sebaiknya dipersiapkan lahan khusus dengan tanaman dan pohon pilihan sebelum budidaya. Kawasan tropis bisa dikatakan sangat mendukung karena bunga mekar sepanjang tahun sehingga ketersediaan pakan terjamin.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Persiapan Lahan Vegetasi Budidaya Lebah Trigona Klanceng
Sumber Pakan Terbaik Lebah Trigona Klanceng
Sumber Pakan Terbaik Lebah Trigona Klanceng

Analisa jenis lebah trigona klanceng yang sesuai dengan lingkungan

Tidak semua jenis trigona klanceng bisa menghasilkan madu. Di kawasan Asia Tenggara ada sekitar 60 jenis lebah trigona klanceng. Sedangkan di Indonesia yang umum dikenal saat ini adalah trigona jenis Trigona Itama dan Trigona Levieceps, untuk trigona jenis yang lain masih belum begitu dikenal. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam hal budidaya maupun dalam hal produk yang dihasilkan. Heterotrigona itama (sebut itama) dan Geniotrigona thoracica (sebut torasika) adalah jenis yang banyak dibudidaya kerana mudah dipelihara dan menghasilkan lebih banyak madu.

Persiapan tempat sarang lebah Trigona Klanceng

Lebah trigona klanceng secara alami akan tinggal di dalam log kayu, kadang bekas sarang rayap. Sobat perlu mengetahui  bagaimana fisik dari tempat alami sarang lebah trigona klanceng. Hal ini akan mempermudah sobat saat membuat stup dari kayu untuk lebah trigona klanceng. Tebal dan jenis kayu yang digunakan, space dan ruang di dalam log, penempatan log dan stup yang benar.

Artikel Terkait   #MaduKlanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Pria
Persiapan tempat sarang lebah Trigona Klanceng
Persiapan tempat sarang lebah Trigona Klanceng

Pembiakan Propagasi lebah trigona klanceng

Ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam Tips Dasar Sebelum Budidaya Lebah Trigona Klanceng dan tidak boleh diabaikan. Sobat harus menguasai teknik dan cara propagasi atau memperbanyak koloni lebah trigona klanceng. Terkadang jenis tertentu sangat sulit untuk dipecah dan seringkali gagal. Hal ini untuk menghindari pengambilan koloni dari alam secara terus menerus.

Kenali hama dan predator lebah trigona klanceng

Karena tidak mempunyai sengat, lebah trigona klanceng sering manjadi sasaran empuk oleh predator. Mereka mengandalkan gigitan untuk mengusir musuhnya, namun tentu saja cara ini tidak efektif. Untuk itu sobat perlu mengetahui hama pengganggu dan jenis predator lebah trigona klanceng, cara mencegah dan cara menanganinya

Teknik panen produk lebah trigona klanceng dan pengolahannya

Secara alami, lebah trigona klanceng menghasilkan tiga produk utama yaitu madu, polen dan propolis. Setiap produk yang dihasilkan haruslah diambil dan diolah dengan cara yang benar. Hal ini sangat penting, karena jika salah dalam memanen atau mengolah produk selain hasilnya tidak maksimal, bisa juga malah menjadi racun bagi konsumen. Perlu sobat ketahui bahwa harga propolis lebih mahal dari pada madu karena memang kandungan antioksidan dan fenol pada propolis sangat tinggi. Namun untuk mengolah propolis tidak semudah mengolah madu yang tinggal sedot atau diperas langsung layak konsumsi.

Artikel Terkait   #MaduKLanceng Manfaat Madu Klanceng untuk Wanita
produk lebah trigona klanceng dan pengolahannya
produk lebah trigona klanceng dan pengolahannya

Pemasaran produk dan produk turunan lebah trigona klanceng

Tahap ini adalah tahap final. Bagaimana sobat bisa memasarkan produk dari lebah trigona klanceng, karena tidak sedikit peternak lebah trigona klanceng yang kesulitan memasarkan produknya. Seringkali para peternak memasarkan produk hasil lebah trigona klanceng hanya dalam bentuk madu karena memang produk madu lebih mudah diambil. Hal ini menyebabkan hasil produk lebah trigona klanceng tidak maksimal dan disayangkan. Perlu kerjasama dengan pihak terkait dan tentunya dukungan dari pemerintah,

Studi banding ke peternak lebah trigona klanceng yang lain

Semakin banyak melakukan studi banding, maka akan semakin banyak pula ilmu yang didapat. Kerja sama antara sesama peternak sangat diperlukan untuk menjaga kualitas dan stabilitas kualitas produk dan harga jual. Sebuah riset akan mudah dan lebih cepat jika bekerja sama dengan sesama peternak

Tips Dasar Sebelum Budidaya Lebah Trigona Klanceng

Advertisements

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.