Advertisements

#InfoSamsat Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor

Biasakan membaca sampai selesai, bijaklah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah artikel. Beberapa artikel dibagi menjadi beberapa halaman. 
Silahkan Share dan beri respon saran kritik jika sobat meyukai artikel ini
Print Friendly, PDF & Email

Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor SAMSAT pengurusan Mutasi Ganti STNK. Masalah cek fisik bisa menjadi sangat menjengkelkan karena harus mendatangkan kendaraan ke samsat atau polda hanya untuk di gesek rangka dan mesinnya. Padahal dalam praktiknya, banyak calo yang hanya membawa hasil geseknya saja, tanpa harus membawa kendaraanya ke samsat.

Apa itu cek fisik bantuan kendaraan bermotor?

Cek fisik bantuan kendaraan bermotor adalah cek fisik kendaraan bermotor yang dilakukan tidak di kantor Samsat asal sesuai yang tertera di STNK.

Untuk saat ini saya belum menemukan aturan baku atau dasar hukum mengenai cek fisik bantuan. Satu2nya referensi adalah Infomasi dari Divisi Humas Polri.

Ada beberapa samsat yang mau mengeluarkan / menerima cek fisik bantuan, namun ada yang juga yang tidak. Entah petugasnya yang ngga ngerti atau bagaiamana bisa ditanyakan ke petugasnya (polisi).

Artikel Terkait   #InfoSamsat - Pertanyaan Seputar Pengurusan Berkas dan Pajak Kendaraan Bermotor

Apa manfaat Cek Fisik bantuan kendaraan bermotor?

Untuk mempermudah wajib pajak dalam pengurusan surat-surat kendaraan (jual beli, ganti stnk, mutasi dll yang dalam prosesnya harus cek fisik kendaraan). Misal kendaraan berada di surabaya, tapi samsat asalnya dari semarang. Ingin mutasi dari Jakarta, tapi kendaraan di Sumatera. Ganti STNK kendaraan di Jakarta tapi samsat asal di Kalimantan dll.

Berapa besar biaya untuk cek fisik bantuan kendaraan bermotor?

Cek fiskal bantuan harusnya gratis, karena memang tidak ada aturan yang menyebutkan cek fisik harus bayar. Cek fisik berbeda dengan ceta stnk atau plat, yang masuk PNBP, biayanya jelas dan berlandaskan hukum.

Namun dalam praktiknya cek fisik bantuan sering ditarik biaya yang tidak sedikit (30-50rbu), dengan alasan biaya formulir cek fisik. Dalam hal ini, petugas yang berwenang adalah kepolisian

Apakah cek fisik bantuan berlaku di semua daerah di Indonesia?

Untuk lebih pastinya silahkan tanyakan ke kantor samsat terdekat dan samsat tujuan

Syarat kelengkapan berkas cek fisik bantuan

  • Bpkb
  • Stnk
  • Ktp sesuai stnk/bpkb Jika tidak ada ktp sesuai stnk/bpkb ya pasti ditolak petugasnya, kalaupun bisa pasti ada biaya tambahan.
  • Jika diwakilkan (ktp sesuai stnk ada, tapi yg bawa orang lain) harus menyertakan surat pernyataan bermaterai.
  • Bawa kendaraan
Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jambi

Bagaimana proses cek fisik bantuan kendaraan bermotor?

Langsung ke kantor samsat dan membawa kelengkapan berkas dan kendaraan yang akan di proses

Contoh :

Si A hendak cabut berkas dari sumatera ke jawa. Posisi kendaraan di jawa. Dalam proses mutasi, berkas yang harus disiapkan adalah BPKB, STNK, KTP dan cek fisik. Karena kondisi yang tidak memungkinkan si A pergi ke samsat induk terdekat dengan membawa kendaraan untuk meminta cek fisik bantuan. Pihak kepolisian akan menerbitkan berkas cek fisik. Si A tidak perlu cetak stnk, bayar pajak dll karena data kendaraan ada di Sumatera. Dengan begitu si A cukup membawa berkas yang diperlukan (BPKB, KTP, STNK dan berkas cek fisik) untuk di bawa ke Sumatera tanpa perlu membawa kendaraannya. Bila pun tidak bisa ke sumatera, si A bisa meminta bantuan teman/saudara yang ada di sumatera untuk mengurus berkas, tentunya yang dapat dipercaya karena semua berkas kendaraan akan dikirim ke sana.

Hal ini jauh lebih mudah dan menghemat biaya bagi pemilik kendaraan.

Artikel Terkait   #InfoSamsat Info Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Riau / Samsat Riau

Kasus di atas juga bisa diterapkan untuk ganti STNK, Balik Nama dll.

Tips

– Pastikan mengkonfirmasi ke samsat tujuan bahwa cek fisik bantuan bisa digunakan untuk pengurusan berkas dan surat kendaraan

Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor

Advertisements

samsatku

Penulis adalah Admin Samsat Online Kalimantan Tengah

You may also like...

80 Responses

  1. pipitt says:

    selamat siang pak. saya mau mutasi motor dari bandung ke garut sekalian ganti plat 5 taunan , posisi motor di jakarta, sudah selesai cabut berkas , kemaren cik fisik bantuan dari samsat jakarta untuk proses cabut berkas. yang ingin saya tanyakan ketika pengajuan ke samsat garut apakah bisa menggunakan kembali cek fisik bantuan dari samsat jakarta, mengingat posisi motor di jakarta.

    • samsatku says:

      Cek fisik hanya berlaku sekali. Untuk proses di Garut bisa menggunakan cek fisik bantuan yang baru di Jakarta, bukan yang telah dipakai.

  2. pak mau tanya, saya beli motor di jakarta dan sekarang sudah pindah ke lampung,berhubung lagi ada pemutihan pajak saya mau bbn atas nama sendiri ( ktp lampung ) menggunakan cek fisik bantuan di lampung, apakah dibutuhkan ktp pemilik lama yang di jakarta atau cukup ktp pemilik baru saja sebagai persyaratan cek fisik bantuan . . . mohon bantuannya 🙂

  3. Liieofficial says:

    Pak,, berapa lama keluar nya stnk n plat baru kalau d mutasi antar propinsi … ?

    • samsatku says:

      Tergantung samsatnya. Tidak ada standar baku. Ada yang seminggu langsung jadi ada yang berbulan2. Yg pasti nanti dikasih resi /surat jalan bahwa stnk/plat masih dalam proses

  4. Ari says:

    Malam pak, mau tanya, hari ini tadi sy ambil berkas mutasi di polres malang utk mutasi masuk ke jateng oya sekedar info mutasi saya ini pakai nama sama karena kebetulan ktp saya pindah ke jateng. Saat ini kebetulan kendaraan juga masih di malang karena akan dipergunakan oleh saudara yg kuliah di malang. Tadinya utk mutasi masuk ke jateng saya mau minta cek fisik bantuan dr samsat malang, tapi pihak samsat malang hanya memberikan formulir tanpa mau melegalisir/memberi stempel alasannya krn sebenernya nggak boleh. Akhirnya karena sy pikir biaya yg sy keluarkan terlalu banyak utk membawa kendaraan saya ke jateng dibanding nilai sepeda (sepeda motor lama/tua thn 2007). Maka saya berpikir mau saya jual saja.. nha kira2 bagaimana dokumen mutasi yang sudah terlanjur keluar ini? Apakah bisa dicancel? Kebetulan ini ada yg berminat… Dan kira2 biaya apalagi yg hrs saya keluarkan. Terimakasih banyak..

    • samsatku says:

      Cek fisik bantuan harusnya boleh, bisa ditanyakan ke divisi humas Mabes polri.
      Harusnya diproses dijateng, tapi berhubung belum dibawa ke Jateng, coba diproses daftar baru di Malang. Prosesnya tetap pendaftarn bpkb dulu di polda atau (seperti dijelaskan diatas )di Polres Malang , setelah terbit bpkb baru ke samsat Malang. Biayanya PNBP (bpkb, cetak stnk dan plat) ditambah BBNKB (jika beda nama), PKB dan SWDKLLJ. KTP-nya harus KTP Malang.
      Semoga membantu

    • Ari says:

      Maaf pak kalau misalnya proses pembatalannya itu langsung balik nama ke pembeli baru dengan KTP luar malang (kediri – pembeli) bisa nggak?. Oiya masa berlaku surat mutasi ini sampai kapan ya? Terimakasih

    • samsatku says:

      Tidak bisa, karena di surat mutasi sudah ada tujuan samsatnya. Coba dikonsultasikan lagi, mungkin ada kebijakan dari petugasnya (bagian bpkb). Pastinya ada tambahan biaya, kurang tau berapanya.

  5. Anton says:

    Selamat pagi

    Pak saya membeli motor vespa ,terus saya mau mutasi dan balik nama.. dan stnk/bpkbnya ber alamat di bandar lampung dan saya di tangerang banten.. oy kebetulan pajaknya mati 10thn dan STNKnya juga hilang . jadi yang ada di saya hanya stnk Fotocopy dan BPKB asli..

    Mohon bantuannya dan prosedurnya gimana yah agar motor vespa saya bisa di mutasi dan taat pajak.

    • samsatku says:

      Langsung saja ke samsat, daftar mutasi keluar. Proses seperti dijelaskan di artikel. Biayanya sama, hanya pajak yang 5 tahun harus dilunasi karena tunggakan

  6. Minta bantuannya pak, saya kredit motor suzuki satria fu 2014 selama 3 tahun dan sudah lunas, ceritanya kemarin saya mau jual motor saya ternyata baru ketauan klo no rangka dan no mesin di motor itu berbeda dengan stnk dan bpkb.. dulu saya tidak cek no rangka dan no mesin pas pertama datang .. karena saya percaya .
    Saya harus uruskan itu ke suzuki nya atau gmna ya pak?
    Soalnya motor saya belum pernah saya apa” in , cmn pernah ganti kupling ..
    Mohon sekali bantuan nya dikarenakan saya perempuan jadi kurang mengerti soal motor . Terimakasih

    • samsatku says:

      Data kendaraan mengacu ke bpkb, bpkb mengacu pada faktur. Jika bpkb beda dengan faktur, ngurusnya harus ke Polda. Jika hanya stnk, pertama harus datang ke samsat sesuai alamat di stnk. Cek fisik tetap diperlukan.
      Namun jika kenal sama orang dealer dan lebih dekat bisa minta bantuan ke orang dealer. Pastikan tanyakan kejelasan biaya jika minta bantuan orang dealer

  7. Rajab says:

    Berapa bulan sebelum jatuh tempo bisa bayar pajak motor pak??
    *waktu tercepat bisa bayar pajak motor??
    Thanks

    • samsatku says:

      3 bulan sebelum jatuh tempo. Misal jatuh tempo tgl 1 Desember, pajak bisa dibayar tanggal 1 September

  8. umam says:

    mas kalog telat bayar pajak kenak denda brp min??
    punya saya udah 2 tahun belum bayar dari 2015 sampek skrag plat udah 12 . 17 apa langsung cek fisik aja ya min?

    • samsatku says:

      Pajak bisa di cek di situs samsat Masing2 provinsi.
      Hitungan gampang telat 2 tahun.
      PKB x 3 ditambah SWDKLLJ x 3 ditambah PKB x73% ditambah denda SWDKLLJ 2 tahun, adalah total yang harus dibayar.
      Jumlah PKB dan SWDKLLJ tergantung tipe jenis cylinder merk kegunaan plat dll. Intinya mengetahui PKB dan SWDKLLJ harus melihat NJKB (nilai jual beli kendaraan), intinya ribet kalo hitung sendiri.

  9. dewadewi says:

    maaf pak mau tanya..sy td pagi barusan cek fisik bantuan dan kena biaya 75.000..apakah memang segitu biayanya??

    • samsatku says:

      Cek fisik gratis tidak dipungut biaya. Jika petugas memungut biaya, minta tanda terima resmi dari Polri berupa stempel PNBP, bukan stempel samsat atau yg lain. Jika petugas berkelit, tanyakan dasar hukumnya, perda, permen, Perpres atau perkap yg mana.
      Tidak semua petugas punya dedikasi yg tinggi, jadi pertimbangkan kembali, membayar 75rbu atau mengirim kendaraan ke samsat asal, namun tetap Laporkan ke kepala UPTPPD (samsat) ke ombudsman setempat

  10. Boy says:

    Sdr Admin..
    saya mau tanya bagaimana mengurus nopol bpkb dan stnk berbeda, nopol motor jatim (Banyuwangi) tpi posisi saya dan motor ada di bali?

    Terimakasih…

    • samsatku says:

      Pertanyaan nya ngga jelas. Posisi di bali, bpkb dan stnk berbeda, nopol plat Jatim. Semua ngga jelas.

  11. Ika says:

    Pak.. utk cek fisik bantuan bagaimana kalo STNKnya hilang dan yg ada cuma fotokopi BPKBnya saja.. soalnya BPKB aslinya ada d kampung…

  12. Alkolis says:

    Mau tanya, apa boleh check fisik motor sebelum waktunya.
    Contohnya habis bulan oktober, tetapi cek fisiknya bulan agustus.
    Terimakasih

  13. Candra says:

    pak kalau pajak telat 2 tahun dan alamat sntk berbeda dg alamat ktp baru apakah bisa cek fisik bantuan untuk mutasi?

    • samsatku says:

      Artikelnya sudah di update beserta jawaban atas pertanyaan Sdr. Candra. Silahkan dibaca kembali

  14. Jika Samsat asal motor tidak mau menerima cek fisik yg numpang di Samsat Laen gmn pak.

    • samsatku says:

      Ya harus di cek fisik di samsat asal, tanyakan saja alasannya kenapa, oleh divisi humas Polri menyatakan cek fisik bantuan berlaku di seluruh Indonesia

  15. Ludfi says:

    Mau nanya,apa pendaftaran stnk motor baru bulan juli ini selain KTP apa perlu FC kartu keluarga juga?
    Terima kasih..

    • samsatku says:

      @ludfi. Tergantung, ada beberapa provinsi yang mewajibkan Fc KK untuk dicek kena progresif atau tidak. Saya tidak hafal juga provinsi mana yang mensyaratkan fc KK untuk pendaftaran stnk baru/pembayaran pajak

    • Ludfi says:

      Saya tinggal di jawa timur pak

    • samsatku says:

      Saya ngga hafal masinh2 provinsi beda kebijakan

  16. farisxe says:

    Pak numpang tanya. Kapan kita bisa cek fisik secepat-cepatnya kalo motor kita jatuh tempo di bulan 10-2017

  17. firman says:

    Mo tanya pa klo mutasi masuk k daerah tjuan ( kuningan ) kn d cek fisik lg.apa perlu mtor d bawa k kuningan. smentara mtor msh d daerah asal ( jakarta )

    • samsatku says:

      @firman. Bisa menggunakan cek fisik bantuan. Sudah dijelaskan di artikel “cek fisik bantuan “. Gunakan menu pencarian

    • Iwan says:

      Saya coba minta bantuan cek fisik utk mutasi masuk ke purworejo jateng tidak bisa pak, samsat solo tdk mau memberi bantuan cek fisik krn mutasi masuknya bkn ke solo. Sy mnt bantuan cek fisik dsolo karena motor dsolo.tks

    • samsatku says:

      @iwan, mungkin petugasnya lagi laper, minta jatah makan siang. Cek fisik bantuan bisa dilakukan di samsat mana saja.

  18. jusumadae says:

    selamat malam, saya ingin bertanya apakah saya bisa cek no mesin hanya dengan STNK dan KTP? karena BPKBnya ada di jatim?

    • samsatku says:

      Harus bisa menunjukan BPKB asli. Tapi kembali ke petugas setempat, dicoba saja, sapa tau petugasnya ngasih kebijakan dan ngga perlu BPKB

  19. Bryan says:

    Selamat sore pak saya baru mau membeli mobil panther thn 91 Plat L tapi ada perbedaan 1 angka untuk no mesinya dari bpkb dan stnk sedangkan faktur dan no yang di mesin sama bagaiman untuk mengetahui bahwa mobil itu aman tidak bermasalah apabila saya beli pak, sedangkan saya di sidoarjo apakah bisa denga cek fisik untuk mengetahuinya mohon info dan bantuanya pak…terimakasih

    • samsatku says:

      @bryan. Untuk mengetahui bermasalah atau tidak bisa cek di samsat terdekat (asal satu provinsi), salah satunya dengan cek fisik. Jika nanti diperlukan penerbitan BPKB baru, maka harus ke Polda. Semoga membantu

  20. hariadi says:

    Met malam saya baru bli mbl th 1991,mati 5th plat nomer gak ada,mau saya urus ,dan jarak rumah ku ama samsat 30km,mbl mau saya bawa apakah ada masalah di jlan klu ada pak polisi?klu ada bagaimana solusinya biar mblku bisa cek fisik di samsat?

    • samsatku says:

      Minta bantu orang dalam (petugas samsat atau orang2 yg kerja di samsat), istilahnya lewat jalur tidak resmi, ada biaya khusus, tapi hanya itu satu2nya cara, karena kendaraan sudah mati pajak dan pasti kena tilang kalo ada operasi.

  21. hariadi says:

    Mau nanya saya bli mbl kijang th 1991,dan mati 5th,dan fakturnya tidak ada,skrg mau saya urus apakah nanti harus nyari faktur lagi?

  22. Ahmad says:

    Selamat pagi pak,
    Saya ingin tanya,saya mempunyai kendaraan roda 4
    Saya ingin merubah alamat bpkb & stnk dari alamat tangerang ke jakarta utara.
    (Apakah ini disebut mutasi)….

    Selanjutnya,apakah saya harus ke samsat tangerang untuk melakukan prosesnya atau bisa langsung ke samsat jakarta utara atau ke polda metro jaya ?

    Kebetulan pajak sudah mati 5 tahun dan harus berganti plat nomer.

    Bagaimanakah prosesnya step by step.

    Terima kasih

  23. Ahmad says:

    Selamat pagi pak,
    Saya ingin tanya,
    Saya ingin merubah alamat bpkb & stnk dari alamat kab.tangerang ke jakarta utara.
    (Apakah ini disebut mutasi)….

    Selanjutnya,apakah saya harus ke samsat tangerang untuk melakukan prosesnya atau bisa langsung ke samsat jakarta utara atau ke polda metro jaya ?

    Kebetulan pajak sudah mati 5 tahun dan harus berganti plat nomer.

    Bagaimanakah prosesnya step by step.

    Terima kasih

    • samsatku says:

      Namanya mutasi. Prosesnya cabut berkas terlebih dulu di samsat asal (Tangerang) sudah dijelaskan di halaman 2.
      Jika kurang jelas, jangan ragu bertanya ke petugasnya. Pada intinya harus ke samsat Tangerang. Semoga membantu

    • Ahmad says:

      Kalo saya ga bawa kendaraannya bisa tidak pak untuk prosesnya

    • samsatku says:

      Kalo kendaraan ngga dibawa lalu yg di cek fisik apanya???

  24. prosen says:

    Mau tanya soal syarat KTP di cek fisik bantuan dan cabut berkas. Sy mau balik nama dan mutasi dr semarang ke bekasi. (Sy beli motor dari si X saat di semarang). Dan saat ini posisi saya dan motor sudah pindah ke bekasi. Utk syarat yg KTP di cek fisik bantuan, apakah hrs ktp asli si X (sesuai nama di bpkb), karna saya hanya punya salinannya atau yg dimaksud adalah KTP saya sbg pemilik baru. Begitu jg utk cabut berkas dan mutasi, bagaimana jika hanya ada salinan ktp saja. Trims

  25. Safri says:

    Mohon info nya pak, saya mau ngurus pajak roda 2 tapi pajak mati 5 tahun dan saya mau melakukan cek fisik tapi tdk daerah asal ( bantuan ) apakah tidak masalah ……wasalam

  26. Sularno says:

    Maaf pak kl dah cabut keluar, ada masa berlakunya nggak, surat cabutanya itu, kl cabut Bulan ini, kn masih 2 Bulanan, kn terakir tgl 2 februari 2017, kl ngurusnya lg di daerah tgl 2 februari 2017 gimana, kena denda nggak, makasih.

  27. Sularno says:

    Selamat Pagi, mau tanya lgi kan motor sy telat 1th masa berlakunya s/d tgl 2 februari 2017, sy mau mutasi dr jkt ke wonogiri di jkt byar pajak th2016,
    di daerah bayar lgi nggak th ini,solusinya gimana biar nggak kena pajak 2x, makasih

    • samsatku says:

      @sularno. Supaya tidak double tax (2x pajak) bisa dengan mutasi keluar/ Cabut berkas sebelum masa berlaku pajak habis. Bisa sekarang atau mendekati masa pajak berakhir. Semoga membantu

  28. Sularno says:

    Mau tanya persyaratannya cek wisik bantuan apa aja yaaa

  29. Eko says:

    Mas saya mau tanya…saya kan mau jual mobil tp pas di cek Ama pembelinya katanya no mesinnya ketokan…tp pas saya cek di online plat mobil saya terdaftar di Samsat…itu gmn ya bener atau nggak trims

    • samsatku says:

      @eko. Benar tidaknya sebenarnya ada di dealer karena pasti ada datanya.
      Sedangkan di samsat datanya berdasar cek fisik.
      Silahkan di cek kembali dengan Faktur dari dealer kalo masih ada. Memang sih selama cek fisik tidak ada masalah, berkas kendaraan bisa di proses, yg jadi masalah adalah saat petugasnya teliti dan mempermasalahkan hal tersebut.
      Semoga membantu

  30. gheo says:

    Barusan dapet info biyaya biro jasa cabut berkas 700.000
    Sedangkan resminya sy baca hanya 75.000.yg sy tanyakan benarkah klw ngurus sendiri musti mondar mandir ke samsat dan polda.benarkah itu.
    bagaimana proses yg sebenarnya.
    Trimakasih banyak untuk balasanya.semoga anda sukses sll amiin.

  31. gheo says:

    Ass.wr.wb.
    mau tanya dong.sy beli mobil dengan alamat bpkb tanjung priuk jakarta utara.tp sy domisili di tegal.bisakah sy perpanjang stnk di samsat kakarta timur.bisakah tanpa ktp asli? Kalau harus mutasi berapa kira kira biyayanya
    trimakasih….

    • us jauhari says:

      @gheo
      1. Perpanjang stnk /pajak tahunan/5 tahun sekali harus memakai KTP asli pemilik kendaraan sesuai yg tertera di BPKB/STNK. Tanpa KTP asli tidak bisa lewat jalur resmi.
      2. Bayar pajak tahunan bisa di samsat se-Jakarta, selain pajak tahunan (ganti stnk, stnk hilang dll harus ke samsat asal)
      3. Biaya mutasi silahkan baca di artikel mutasi, gunakan menu pencarian
      Semoga membantu

  32. Imam says:

    Nanya lagi pak…saya beli vespa warna putih tapi di stnk dan bpkb warnanya grey metalic…jika saya ingin mutasi ganti warna putih…apakah saat cek fisik saya harus kembalikan ke warna grey metalic?atau biarkan saja putih karena saya ingin ganti warana?

    • us jauhari says:

      @imam tergantung petugas cek fisiknya, jika tidak jadi permasalahan saat cek fisik, biarkan saja toh nanti juga mau dirubah.
      Namun akan panjang prosesnya jika petugasnya mempermasalahkan warnanya, harus rubah BPKB, ganti STNk sebelum mutasi

  33. Imam says:

    Mau nanya kalo mau mutasi apkaah kendaraan harus di bawa ke samsat asal…contoh vespa saya plat D mau mutasi k jakarta posisi motor di jakarta motor harus dibawa ke bandung dlu untuk pengurusan cabut berkas?atau bisa di bantu cek fisik di jakarta?

  34. Dede says:

    Gan saya sdg mgurus mutasi plat F ke b ternyata setelah berkas mutasi dicabut.. Di dalam surat keterangan. Terjadi kesalahan ketik warna motor yg harusny kuning diketik hitam. Tetapi sudah ada koreksi ulang Dr samsat Sukabumi perihal kesalahan tersebut. Dgn meniban ketikan hitam menjadi warna kuning dan telah dibubuhkan ttd petugas dsn beserta cap. Ttp setelah dibawa ke samsat pusat. Petugas mau dibuat Kan BAP yg didapat dibengkel. BAP yg seperti apa y gAn mohon pencerAhann.terimakasih

    • us jauhari says:

      BAP (berita acara pemeriksaan) dari bengkel bahwa kendaraan tersebut memang berwarna kuning, bukan hitam. Biar lebih kuat, pakai bengkel yang berbadan hukum minimal CV atau lebih bagus lagi dealer resmi. Ditanda tangani dan dicap pihak bengkel, dibubuhi materai 6rbu.
      Data penting yang harus ada di BAP : Merk, Tipe, Jenis, No. Mesin, No. Rangka

  35. holili says:

    q punya mobil th 1975
    pjak telat 2010 rp 323.000
    stnk 2014 plat jombang
    rencana t mutasi surabaya
    carangurusnya gmn n kira2 abis brapa biayanya,,,,

    trimakasih mas

    • us jauhari says:

      Maksudnya pajak telat 2010 Rp. 323.000 itu terakhir bayar pajak tahun 2010 sebesar 323.000, dan STNK sudah mati 2014 atau bagaimana?
      Mutasi dari Jombang k SBY :
      1. Pengurusan STNK yg mati dan bayar pajak di samsat Jombang.
      2. Pengurusan mutasi keluar di samsat.
      3. Cabut berkas di Polda Jatim bagian BPKB atau di samsat Jombang jika ada loket BPKB di samsat Jombang
      4. Masuk berkas di samsat SBY sesuai KTP

      Lebih detail termasuk biaya silahkan cek di halaman berikut :
      http://djafa.org/biaya-dan-prosedur-mutasi-kendaraan

  36. Uchik says:

    Pajaknya telat bukan mutasi telat.saya kemaren mutasi dri jogja kesolo tp pajak telat 1minggu.kenapa dijogja suruh bayar pajak 2016 trus masuk disola juga bayar pajak 2016 lg padahal saya dijogja kan sudah bayar pajak+dendanya…

    • us jauhari says:

      Oh, pajak telat ya. Sayang sekali memang, karena harus bayar pajak double, pajak di prov DI Jogja dan Prov Jateng.
      Jika masih satu provinsi tidak perlu bayar pajak double, tapi karena beda provinsi ya memang begitu.
      Karenanya di artikel mutasi, saya sarankan cabut berkas sebelum masa berlaku pajak habis sehingga sudah tidak ada tanggungan pajak di kendaraan asal (jogja), sebab di lokasi tujuan akan bayar pajak lagi, sama seperti kasus di atas.
      Itu di solo tidak ada denda kan? Hanya pokok nya saja?
      Silahkan dibaca kembali artikel mengenai mutasi kendaraan di link berikut Info Samsat Online.
      Semoga membantu.

  37. Uchik says:

    Mau tanya,kok mutasi pajak telat itu kita harus bayar pajak mutasi keluar dan mutasi masuk..terimakaaih

    • us jauhari says:

      Mutasi pajak telat yg dimaksud yg bagaimana ya?
      Ada pajak telat bayar
      Ada balik nama telat
      Tpi kalo mutasi telat pajak itu yg seperti apa kok saya kurang mengerti ya?
      Bisa dijelaskan lebih detail mungkin diceritaken kasusnya lebih baik

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

  Donasi untuk Santri  

Setiap rupiah yang sobat donasikan, sangat membantu mereka menimba ilmu

MADRASAH MUROTILIL QUR AN(MMQ) ARROHMAH
Saya ingin Menjadi Donatur
Wateskroyo, Besuki, Tulungagung Regency, East Java 66275

Sobat menyukai ini ?

Share aja ke akun sosmed kamu!