#TrekkingHistory Misteri K2 yang tak Terungkap Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2 Part 3

0
4203
Halaman:
1
2
3
Sertakan sumber dengan jelas jika ingin mencopy. Selalu cek tanggal, karena mungkin ada beberapa artikel lama yang belum disesuaikan dengan fakta terbaru

Misteri K2 yang tak Terungkap. Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2. Namun nama K2 sangat kontras berbanding terbalik dengan realitas jalur pendakian gunung K2. Gunung K2 banyak digambarkan dengan kata "mengagumkan", "pembunuh" dan "buas" . Ini bukanlah mitos belaka, tapi berdasarkan dari banyaknya usaha pendakian Gunung K2 yang gagal dari berbagai ekspedisi, termasuk banyak ekspedisi Amerika.

Pencapaian puncak K2 dilanjutkan pada tahun 1939, setahun sesudah ekspedisi Nanda Devi oleh AAC yang dipimpin oleh Houston. AAC memberi tawaran kepada Fritz Wiessner untuk memimpin ekspedisi. Seperti yang sudah diperkirakan oleh Houston sebelumnya, Wiessner bersedia dan menerima tawaran sebagai pimpinan ekspedisi. Dengan catatan dan petunjuk dari ekspedisi sebelumnya yang dipimpin oleh Houston, ekspedisi kali ini diharapkan berhasil dan sukses mencapai puncak K2.

Titik Pencapaian Wiessner sebelum puncak K2 tahun 1939 bersama Dawa Lama

Namun keberuntungan belum berpihak kepada Wiessner yang harus turun kembali 200m sebelum puncak. Ada teori yang menyebutkan adanya sabotase sehingga Wiessner tidak bisa melanjutkan pendakian karena logistik dan perlengkapan yang hilang. Namun teori lain menyebutkan bahwa kegagalan Wiessner mencapai puncak K2 adalah karena minimnya pengetahuan dan pengalaman anggota team Wiessner.

Ekspedisi Amerika kedua ini, yang diharapkan dapat meraih sukses, pada akhirnya nanti malah berubah menjadi tragedi paling misterius dalam sejarah pendakian Himalaya-Karakoram. Banyak pengamat menyatakan bahwa Misteri K2 yang tak terungkap yang menyebabkan tragedi ini dipicu oleh minimnya pengalaman anggota team pendaki Wiessner.




Team Wiesnner yang Buruk - Misteri K2 yang tak terungkap

Pada awal pembentukan team, Wiessner ingin mengajak pendaki bekas anggota team Houston, namun tidak dapat bergabung karena beberapa alasan. Wiesnner mengetahui bahwa perlu team yang handal untuk bisa menjadi anggota pendakian K2, oleh karenanya dia berusaha untuk mengajak beberapa pendaki Amerika lainnya yang sudah berpengalaman melakukan pendakian di Alps, Canada ataupun Alaska. Namun satu-persatu mengundurkan diri walaupun pada awalnya mereka menyanggupi.

Artikel Terkait :  #TrekkingHistory Puncak K2 tidak dapat ditaklukkan Sejarah Panjang Pendakian Gunung K2 Bag-2
Menuju India. The Last Man On The Mountain - Vittorio Sella, Jack Durrance, Fritz Wiessner, And Dudley Wolfe. 19 Maret 1939
Menuju India. The Last Man On The Mountain - Vittorio Sella, Jack Durrance, Fritz Wiessner, And Dudley Wolfe. 19 Maret 1939

Karena dikejar deadline, Wiesnner mulai sedikit kompromi dengan kualitas dan pengalaman dalam memilih pendaki untuk teamnya. Pada akhirnya terpilih empat pendaki dengan kualitas dan pengalaman yang masih diragukan. Bahkan salah satu diantaranya, Dudley Wolfe, baru menekuni olah raga mendaki gunung tiga tahun sebelumnya. Namun Dudley Wolfe adalah seorang milyarder asal Boston, lulusan Harvard University. Ada kemungkinan Wiessner mengajak Wolfe agar dapat membantu meringankan biaya ekspedisi. Usia Wolfe saat itu sudah 44 tahun dan memiliki masalah kelebihan berat badan untuk ukuran pendaki. Namun Wiessner percaya, berbekal pengalaman dan pengetahuan yang dia miliki serta informasi yang didapatkan dari ekspedisi Houston, ia akan dapat mengatasi kekurangan yang ada.

Banyak veteran pendaki elite Amerika yang pesimis dengan team Wiessner. Ed Viesturs, veteran pendaki elite Amerika, memberikan gambaran selemah apa team Wiessner saat itu. Dengan tegas mengatakan bahwa dia tidak akan pernah mau melakukan ekspedisi ke Karakoram atau Himalaya dengan team seperti team Wiessner. Menurut Viesturs, anggota team yang minim pengalaman seringkali menjadi pemicu bencana tragedi. Seandainya dia menjadi salah satu anggota team Wiessner, dia akan langsung mengundurkan diri. Seandainya dia adalah pemimpin team, maka dia akan membatalkan ekspedisi.

Official Fhoto AAC K2 Expedition 1939
Official Fhoto AAC K2 Expedition 1939

Kembali ke atas  - Misteri K2 yang tak terungkap

Jangan lupa tinggalkan komentar ya gais

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.